PROFIL PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN PANGKALAN BARU KABUPATEN BANGKA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v6i2.a14001Keywords:
Kurikulum 2013, tematikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pembelajaran tematik yang telah diterapkan di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah. Jenis penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif. Profil pembelajaran tematik yang dideskripsikan di SD Negeri 2 Pangkalanbaru (Jln. Raya Dul RT. 06), SD Negeri 4 Pangkalanbaru (Padang Baru), SD Negeri 11 Pangkalanbaru (Tanjung Gunung ), dan SD Negeri 13 Pangkalanbaru (Ds. Pedindang). Hasil penelitian menunjukkan pemberlakuan kurikulum 2013 di empat sekolah, dimulai tahun 2013. Namun, SD Negeri 2 Pangkalanbaru penerapan kurikulum 2013 baru dimulai pada tahun 2016, dan SD Negeri 4 Pangkalanbaru mulai diterapkan pada tahun 2014. Dampak yang dirasakan dalam pelaksanaan kurikulum 2013, terdapat kesulitan dalam pemberian nilai raport siswa, minimnya kemahiran guru senior dalam mengaplikasikan komputer, dan sarana dan prasarana yang belum memadai. Upaya peningkatan kualitas diri dalam pelaksanaan kurikulum 2013, dengan cara memahami bagaimana prosedur dari kurikulum 2013, mengadakan breafing dengan guru-guru, mengikuti kegiatan pelatihan kurikulum 2013, meng-update informasi, dan melakukan pembinaan secara berjenjang. Bagi siswa mengalami kesulitan dalam membedakan muatan pembelajarannya dan pembelajaran yang bias (tidak fokus) sehingga sulit dipahami.References
Aisyah, Dwi Wahyuning, Muhana Gipayana, Ery Tri Djatmika. (2016). “Mengembangkan Kemermaknaan Belajar dengan Rancangan Pembelajaran Tematik Bercirikan Quantum Teaching”. Seminar Nasional: Pengembangan Profesionalisme Pendidik untuk Membangun Karakter Anak Bangsa.Vol 2 November 2016.
Budi, Kurniasih. (2018). Tahun Ajaran Baru, Sekolah Wajib Terapkan Kurikulum 2013. Jakarta: Kompas, Sabtu, 30 Juni.
Joewono, Benny N. (2013). Kurikulum 2013 Diberlakukan Secara Bertahap. Jakarta: Kompas, Rabu, 13 Februari.
Kadir, Abdul dan Hanun Asrohah. (2015). Pembelajaran Tematik. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Prastowo, Andi. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik-Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: DIVA Pres.
Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License