NILAI-NILAI ECOPRENEURSHIP PADA SISWA AUTIS DI SEKOLAH DASAR INKLUSIF

Authors

  • Sani Aryanto Universitas Bhayangkara Jakarta Raya
  • Vira Pratiwi
  • Nunuy Nurkaeti
  • Yosi Gumana

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v6i2.a13970

Keywords:

Ecopreneurship, Autis, Pendidikan inklusi, Era disrupsi, Bonus demografi

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk memberikan gambaran pengembangan program ecopreneurship secara eksplisit pada siswa autis sebagai upaya preventif menghadapi era disruptif, sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai ecopreneurship yang dialami siswa autis dalam melaksanakan program pembelajaran di SD Inklusif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan di SDN Cibabat Mandiri 2 Kota Cimahi. Subjek penelitian ini adalah dua siswa autis sebagai informan data primer yang ditunjang dengan informasi dari orthopedagog, guru kelas, dan guru ekstrakurikuler. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa siswa autis dapat mengikuti kegiatan pembelajaran intrakurikuler maupun ekstrakurikuler yang terintegrasi dengan nilai-nilai ecopreneurship walaupun dengan keterbatasan secara emosional. Nilai-nilai ecopreneurship yang paling dominan muncul pada siswa autis adalah nilai kedisiplinan, kreativitas, dan tanggungjawab. Secara motorik mereka terampil dalam memanfaatkan barang bekas menjadi barang-barang yang memiliki nilai jual. Oleh karena itu, siswa autis dianggap mampu melaksanakan prinsip green behaviour sebagai unsur fundamental dalam membangun konsep ecopreneurship. Hasil Penelitian ini menjadi temuan baru dan dapat dijadikan referensi bagi SD Inklusif dalam memberikan gambaran internalisasi nilai-nilai ecopreneurship pada siswa autis sebagai upaya antisipatif menghadapi era disruptif.

Author Biography

Sani Aryanto, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya

Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Aryanto, S. & Syaodih, E. 2017. Development of Ecoprenuership in Primary School. International E-Journal of Advances in Education, Turkey Vol. III, No 99 pp 597-602

Aryanto, S. dkk. 2017. Teacherpreneurship Based on Local Wisdom in Primary School as an Attempt to Develoved The Character of The 21st Cnetury Teachers in Primary School. Prosiding ICONBEC 2 UPI Kampus Serang. Vol. 2, pp 630-634

Aryanto, S. 2017. The Implementation of Edupreneurship Based on Local Wisdom in Primary School as an Effort to Prepare Indonesian Golden Era. Prosiding ICE 2016 University of Malang. Vol. 1, No 1 pp 787-793

Aryanto, S. dkk. 2018. The Ability of Superior Student in Fraction Materials Based on Ecopreneurship. Prosiding ICSME 2018. Vol. 3, No. 1 pp 715-719

Balda, J. B., & Mora, F. 2011. Adapting leadership theory and practice for the networked, Millennial generation. Journal of Leadership Studies. Vol 5, No. 3 pp 13-24

Charmaz, K. 2006. Crontruction Grounded Theory: A Practical Guide Through Qualitative Research. London: Sage Publication Ltd

Ciffolilli, A., & Muscio, A. 2018. Industry 4.0: national and regional comparative advantages in key enabling technologies. European Planning Studies. Vol 26, No. 12 pp 2323-2343

Creswell, J. 2015. Research Design: Pendekatan Kulitatif, Kunatitatif, dan Campuran (Edisi Keempat). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dixon & Clifford. 2006. Ecopreneurship a New Approach to Managing the Triple Bottom Line. Journal of Organizational Change Management. Vol. 20, No. 3 pp 326-245

Indrawati. 2017. Pengaruh Metode Scaffolding berbasis Konstruktivisme Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal of Medives (Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang). Vol. 1, No. 1 pp 9-16

Mamur, J. 2010. Sekolah Enterprenuer. Jakarta: Harmoni.

Mulyani, E., dkk. 2010. Pengembangan Pendidikan Kewirausahaan. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum

Nenggala, A.K. 2007. Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Bandung: Grafindo Media Pratama

Oster, G. 2009. Emergent innovation: A new strategic paradigm. Journal of Strategic Leadership, Vol. 2, No.1 pp 40-56.

Pramana, D. 2017. Strategi Komunikasi Guru pada Anak Autis di Sekolah Luar Biasa Harapan Mandiri Yayasan Bina Autis Mandiri Palembang. Jurnal Intelektualita. Vol. 6, No 1 pp 112-116.

Statistik, B. P. 2016. Statistik Pemuda Indonesia 2015: Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas), Badan Pusat Statistik, Jakarta. Indonesia.

Schaper, M. 2002. The Essence of Ecopreneurship. Greener Management International. Vol. 20, No. 38 pp 26-30

Stake, R.E. 2009. Studi Kasus : Hand Book of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sunaryo. 2009. Manajeman Pendidikan Inklusif (Konsep. Kebijakan, dan Implementasinya dalam Prespektif Pendidikan Luar Biasa) Makalah tidak diterbitkan. Bandung: Pendidikan Luar Biasa, Universitas Pendidikan Indonesia

Supriatna, N. 2016. Ecopedagogy: Membangun Kecerdasan Ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sukoco & Muhyi. 2002. Ecopreneurship dalam Menumbuhkan Usaha Berwawasan Lingkungan pada Sentra Industri Penyamakan Kulit Sukaregang Kabupaten Garut. Sosiohumainiora. Vol. 17, No 2 pp 156-165

UNESCO. 2009. Embracing Diversity: Toolkit for Creating Inclusive, Learning-Friendly Environments Specialized Booklet 3 - Teaching Children with Disabilities in Inclusive Settings. Bangkok: IDPN Indonesia, Arbeiter-Samariter-Bund, Handicap International, Plan International

Zahara, T. R. & Aryanto, S. 2019. Coaching Competeny as Solution for Headmaster of Elementary School in Disruption. Prosiding ICBLP 2019 University of Narotama. Vol. 1, No. 1 pp 1-7

Downloads

Published

2019-08-10

Issue

Section

Articles