E-MODUL ETNOKONTRUKTIVISME: IMPLEMENTASI PADA KELAS V SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI MOTIVASI

Authors

  • Suci Okta Piyana Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v7i1.a13792

Keywords:

LearningICT, Learning Media, Electronic modules, 3D Pageflip Professional.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa bahan ajar dalam bentuk modul elektronik dengan menggunakan aplikasi software 3D Pageflip Professional untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengadaptasi model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan hasil penilaian dalam penelitian ini pada angket motivasi diperoleh frekuensi sebanyak 22 siswa dengan persentase sebesar 100% dalam kategori baik. Dari data yang dihasilkan menunjukkan bahwa modul elektronik etnokontruktivisme berbasis software 3D Pageflip Professional yang dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

References

Alqomayi, S. (2018). Kearifan Lokal Berbasis Islam Dalam Pelestarian Lingkungan Hidup. IBDA: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 10(1), 15-29. https://doi.org/10.24090/ibda.v10i1.46

Astalini, Kurniawan, D. A., & Sumaryanti. (2013). P Engaruh K Omunitas P Egiat K Ota L Ama T Erhadap P Erkembangan. Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika, 3(2), 59-64.

Branch, R., M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Department of Educational Psychology and Instructional Technology: University of Georgia

Darmaji, dkk. (2019). Students perceptions of electronics module in physics practicum. Journal of Education and Learning (EduLearn). Vol. 13, No. 2, pp. 288~294.

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Suryani, A., & Lestari, A. (2018). An Identification of Physics Pre-Service Teachers Science Process Skills Through Science Process Skills-Based Practicum Guidebook. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 7(2), 239.

Darmaji, Kurniawan, D. A., Astalini, Kurniawan, W., Anwar, K., & Lumbantoruan, A. (2019). Students perceptions of electronics module in physics practicum. Journal of Education and Learning (EduLearn), 13(2), 288-294. https://doi.org/10.11591/edulearn.v13i2.13005

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2016). Volt jurnal ilmiah pendidikan teknik elektro. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11-16. Retrieved from http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/VOLT/article/view/1478/1169

Kurniawan, D. A., Astalini, & Anggraini, L. (2019). Evaluasi Sikap Siswa Smp Terhadap Ipa Di Kabupaten Muaro Jambi. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 19(1), 124-139. https://doi.org/10.22373/jid.v19i1.4198

Pajr, N., Hidayat, M., & Kurniawan, D. A. (2013). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Materi Rangkaian Listrik Untuk Siswa SMP Kelas IX. 608-614. https://doi.org/10.13243/j.cnki.slxb.2013.05.013

Perdana, F. A., Sarwanto, S., Sukarmin, S., & Sujadi, I. (2017). Development of e-module combining science process skills and dynamics motion material to increasing critical thinking skills and improve student learning motivation senior high school. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 1(1), 45. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v1i1.5112

Silalahi, P. (2015). Pengembangan Model Pelatihan Pengintegrasian Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika bagi Guru SD. Jurnal Teknologi Pendidikan Vol., 17(1), 1-14.

Suyatna, A., Maulina, H., Rakhmawati, I., & Khasanah, R. A. N. (2018). Electronic Versus Printed Book: Comparison Study on the Effectivity of Senior High School Physics Book. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(4), 391-398. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i4.14437

Wulansari, E. W., Kantun, S., & Suharso, P. (2018). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Ekonomi Materi Pasar Modal Untuk Siswa Kelas Xi Ips Man 1 Jember Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 1. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.6463

Downloads

Published

2020-02-11

Issue

Section

Articles