Peningkatan Kerjasama Melalui Model Pembelajaran Take and Give Dibantu Media Kokami di Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Dyah Kusuma Nastiti Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Sri Harmianto Universitas Muhammadiyah Purwokerto
  • Dedy Irawan Universitas Muhammadiyah Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v6i2.a13444

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap kerjasama peserta didik melalui model pembelajaran Take and Give dibantu media pembelajaran KOKAMI. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Desian penelitian ini menggunakan desian PTK Kemmis and Mc. Taggart. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 2 Penambongan yang berjumlah 27 siswa. Terdiri dari 12 peserta didik perempuan dan 15 peserta didik laki-laki. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis non tes berupa lembar observasi untuk penilaian sikap kerjasama, aktivitas peserta didik, angket sikap kerjasama, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan terdiri dari analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan sikap kerjasama peserta didik. Hal ini dibuktikan dari penialaian sikap kerjasama peserta didik yang mengalami peningkatan dari 78,6% (kategori baik) pada siklus I dan meningkat menjadi 87,96% (kategori sangat baik) pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Take and Give dibantu media pembelajaran KOKAMI dapat meningkatkan sikap kerjasama peserta didik kelas V Sekolah Dasar.

Author Biography

Dyah Kusuma Nastiti, Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universtas Muhammadiyah Purwokerto

References

Anjani, D., Suyanto, I., Suripto. (2016). Penerapan Model Take and Give dengan Media Grafis Dalam Peningkatan Pembelajaran IPS Tentang Persiapan Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V SDN 1 Tambakagung Tahun Ajaran 2015/2016. Kalam Cendekia. 4 (4): 481-487.

Anwar, M. (2018). Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Kencana.

Elfindri, dkk. (2012). Pendidikan Karakter: Kerangka, Metode dan Aplikasi Untuk Pendidik dan Profesional. Jakarta: Baduose Media.

Ikawati, H. D. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Take and Give Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Paedagogy. 3 (1), 54-59.

Marga, K. M., Isnaini, M., Utami, L. S. (2018). Pengaruh Media Kokami (Kotak Kartu Misterius) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Mataram Tahun Pelajaran 2017/2018. Orbita: Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika. 4 (2), 18-25.

Maslikan. (2017). Penggunaan Media Pembelajaran Kotak dan Kartu Misterius (KOKAMI) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Ketuntasan Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Bola Volly di Kelas XII MIPA 1 SMA Negeri 2 Pekanbaru. PeKa: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi FKIP UIR. 5 (2), 178-187.

Presiden RI. (2003). Salinan dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Lembar Negara Republik Indonesia Tahun 2003, No. 4301. Jakarta: Sekretariat Negara

Romlah, S., Solihah, N. W. (2016). Penerapan Metode Take and Give untuk Meningkatkan Pemahaman pada Materi Asmaul Husna Kelas II di MI Darul Ulum Tambak Rejo. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Agama Islam. 07 (02), 247-260.

Samani, M & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sepharyanto., Sadijah, C., Djatmika, E. T. (2017). Upaya Meningkatka Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give dan Quick On The Draw. Jurnal Pendidikan. 2 (4), 579-591.

Downloads

Published

2019-08-25

Issue

Section

Articles