PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH BERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK TUNARUNGU DI SD NEGERI 2 BENGKALA
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v7i1.a13282Keywords:
Anak tunarungu, model make a match, perkembangan bahasa,Abstract
Siswa yang cacat akan cenderung mengalami kesulitan dalam proses penguasaan keterampilan dan kognitif. Salah satu anak yang mengalami hal seperti itu adalah anak tunarungu. Anak tunarungu adalah anak yang mengalami gangguan pendengaran yang mengakibatan hambatan dalam perkembanga bahasa. Hambatan perkembangan bahasa menimbulkan dampak-dampak lain yang sangat kompleks. Jika hambatan perkembangan bahasanya tidak segera diatasi akan berakibat lebih buruk bagi perkembangan anak tunarungu secara keseluruhan. Tujuan dilaksanaknnya penelitian ini adalah untuk meningkatkan perkembangan bahasa anak tunarungu. Model pembelajaran yang digunakan yaitu model pembelajaran Make a Match. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan atau R &D (Research and Development). Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan perkembangan bahasa anak tunarungu dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Hal ini dapat dibuktikan dengan rata-rata nilai yang diperoleh siswa pada tahap pretest yaitu sebesar 92.5 dan pada tahap posttest sebesar 100. Jadi, berdasarkan hal tersebut presentase perkembangan bahasa anak tunarungu yaitu 0.075%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Make a Match berbantuan media gambar sangat membantu anak tunarungu dalam meningkatkan perkembangan bahasa.References
Agung, Anak Agung Gede. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.
Agustiningrum, M. D. B. (2014). Penanaman Proses Pendisiplinan Diri Anak Berkebutuhan Khusus (Tunarungu) dalam Pembelajaran Tari Tradisional. Cakrawala Dini, 5(1), 3139.
Ali, M. (2009). Pengembangan media pembelajaran interaktif mata kuliah medan elektromagnetik. Jurnal Edukasi Elektro, 5(1).
Haryati, S. (2012). Research and Development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 15.
Hernawati, T. (2007). Pengembangan Kemampuan Berbahasa Dan Berbicara Anak Tunarungu. Jurnal Jassi_Anakku, 7(1), 101-110.
Neni Riyanti, N. I. S. R. O. H. A. H., & Husni Abdullah, M. O. H. A. M. M. A. D. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(4).
Niswara, R., Fita, M., & Untari, A. (2019). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap High Order Thinking Skill. (1992), 85-90.
Putri, N. M. C. D., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Siswa Kelas V. 2(3), 211-218.
Solikhatun, Y. U. (2013). Penyesuaian Sosial Pada Penyandang Tunarungu Di Slb Negeri Semarang. Educational Psychology Journal, 2(1).
Sundari, N. 2016. Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar.Eduhumaniora:Jurnal Pendidikan Dasar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License