PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK MAHASISWA PGSD UAD

Authors

  • Hengkang Bara Saputro PGSD FKIP Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v5i2.a12584

Keywords:

Pengembangan modul, Pendekatan kontekstual, Bangun ruang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk mahasiswa PGSD serta untuk mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah mahasiswa PGSD UAD angkatan 2018. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini antara lain lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar observasi mahasiswa.
Hasil penilaian dari ahli materi diperoleh skor X= 253 menunjukkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi lengkung layak digunakan dengan kriteria Sangat Baik. Hasil penilaian ahli media diperoleh skor X=164 menunjukkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi lengkung layak digunakan dengan kriteria Sangat Baik. Secara keseluruhan modul hasil pengembangan dikatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika mahasiswa PGSD UAD.

References

Ali Hamzah & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo.

Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat

Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta:Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah

Elaine B Johnson. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press, Inc.

Muslich, Mansur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta : Bumi Aksara.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Santiasa, I Wayan. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Pengembangan Modul.Universitas Pendidikan Ganesha.

Soewandi, Slamet. 2005. Perspektif Pembelajaran di Berbagai Bidang. Yogyakarta: USD

Downloads

Published

2018-12-29

Issue

Section

Articles