PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI LENGKUNG UNTUK MAHASISWA PGSD UAD
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v5i2.a12584Keywords:
Pengembangan modul, Pendekatan kontekstual, Bangun ruangAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk mahasiswa PGSD serta untuk mengetahui kelayakan modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Pengembangan dilakukan mengacu pada model pengembangan ADDIE. Subjek uji coba penelitian adalah mahasiswa PGSD UAD angkatan 2018. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini antara lain lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, dan lembar observasi mahasiswa.Hasil penilaian dari ahli materi diperoleh skor X= 253 menunjukkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi lengkung layak digunakan dengan kriteria Sangat Baik. Hasil penilaian ahli media diperoleh skor X=164 menunjukkan modul matematika dengan pendekatan kontekstual pada materi bangun ruang sisi lengkung layak digunakan dengan kriteria Sangat Baik. Secara keseluruhan modul hasil pengembangan dikatakan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran matematika mahasiswa PGSD UAD.
References
Ali Hamzah & Muhlisrarini. 2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo.
Benny A. Pribadi. 2009. Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat
Depdiknas. (2008). Panduan pengembangan bahan ajar. Jakarta:Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah
Elaine B Johnson. 2002. Contextual Teaching and Learning. California: Corwin Press, Inc.
Muslich, Mansur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta : Bumi Aksara.
Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Santiasa, I Wayan. 2009. Metode Penelitian Pengembangan dan Pengembangan Modul.Universitas Pendidikan Ganesha.
Soewandi, Slamet. 2005. Perspektif Pembelajaran di Berbagai Bidang. Yogyakarta: USD
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License