PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN PARIWISATA LOKAL BERBASIS MACROMEDIA FLASH UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v5i2.a12583Keywords:
Multimedia, Interaktif, Pariwisata, Siswa SD, kota YogyakartaAbstract
Dalam pendidikan, Pengenalan wisata sejak dini sangat penting untuk pengembangan pengetahuan anak-anak dalam mengenal tempat-tempat wisata lokal. Harapannya dapat memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan perilaku kepada peserta didik agar memiliki wawasan yang mantap tentang potensi daerahnya, khususnya potensi wisata.Dengan menggunakan teknologi multimedia interaktif peneliti pengembangkan multimedia pembelajaran untuk mengenal pariwisata lokal kota Yogyakarta bagi siswa SD. Sehingga dapat memberi informasi untuk tempat-tempat yang ada dikota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan, multimedia interaktif mengenal pariwisata lokal kota Yogyakarta ini melalui beberapa tahapan, diantaranya analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain aplikasi, pengembangan aplikasi, dan pengujian aplikasi. Serta meminta pendapat terhadap masyarakat tentang aplikasi ini.
Berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan para ahli pada evaluasi yang telah dilakukan dari keempat aspek yang dinilai, maka dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran pengenalan pariwisata lokal daerah Yogyakarta yang dikembangkan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori sangat baik sehingga multimedia yang dikembangkan ini layak untuk digunakan sebagai multimedia pembelajaran dan sumber belajar.
References
Alessi, S.M. & Trollip, S.R. (2001). Multimedia for learning: methods and development. 3nd ed. Needham Heights, USA: Pearson
Budiningsih, A. (2012). Belajar dan pembelajaran. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.
Borg, Walter & Gall, Meredith Damien. (1989). Educational research. New York & London : Longman.
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai. (2002). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Newby, T.J., et al. (2000). Instructional technology for teaching and learning: designing instruction, integrating computers, and using media (2nd ed.). New Jersey, USA: Prentice-Hall, Inc.
Surjono, Herman Dwi. 1995. Pengembangan Computer Asissted Instruction (CAI) untuk Pelajaran Elektronika. Jurnal Kependidikan, (online) No. 2 (XXV): 95-106.(http://herman.elearning-jogja.org/PengembanganProgramCAI.pdf
William W.L & Diana L.O. (2004). Multimedia based instructional design. San Fransisco: Preiffer.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License