EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MULTISENSORIS DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD INKLUSI
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v5i2.a12582Keywords:
Multimedia interaktif, Multisensoris, Prestasi belajar, InklusiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas multimedia interaktif berbasis multisensoris dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah dasar inklusi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dengan subjek siswa kelas II SDN Karanganyar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket, wawancara, dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa antara yang menggunakan dan tidak menggunakan multimedia interaktif berbasis multisensoris dalam pembelajaran. (2) Multimedia interaktif berbasis multisensoris efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini ditunjukan dari hasil uji coba lapangan yang diperoleh skor uji-t -19.061 dengan Sig. 0,000. Hal itu menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa yang signifikan antara sebelum dan setelah pembelajaran menggunakan multimedia interaktif berbasis multisensoris. Adanya perbedaan prestasi belajar dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis multisensoris, dapat dijadikan informasi dan bahan pertimbangan tentang pemanfaatan media yang sesuai dengan karakteristik siswa sehingga diharapkan siswa lebih mudah dalam belajar dan dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.References
Agnew, P. W., Kellerman, A. S. & Meyer, M. J., (1996). Multimedia in the classroom. Boston, MA: Allyn and Bacon.
Alimin, Z. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: PKh UPI.
Arum, W., S., A. (2005). Perspektif Pendidikan Luar Biasa dan Implikasinya Bagi Penyiapan Tenaga Kependidikan. Jakarta: Direktorat Dikti.
Cook, B., G., et al. (2000). Teachers Attitudes Toward their Included Students with Disabilities. ProQuest Education Journals, 67 (1); 115.
Dirjen Dikdasmen. (2003). Surat Edaran Dirjen Dikdasmen No. 380/C.C6/MN/2003, tentang Pendidikan Inklusif.
Fardana, N., A., & Tairas, M., M., W. (2012). Pengembangan Model Parental Involvement sebagai Strategi Stimulasi Kemampuan Literasi pada Anak Usia 4-6 Tahun di Wilayah Pedesaan Kabupaten Gresik. INSAN, vol. 14, no. 03: 179-193.
Gearheart, B. R. (1976). Teaching the learning disabled: a combined task process approach. Saint Louis, MO: Mosby.
Hackbarth, S. (1996). The Educational Technology Handbook: A Comprehensive Guide. Englewood Cliffs: Educational Technology Publication, Inc.
Komalasari, Mahilda Dea. (2016). Metode Multisensori untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Peserta Didik Disleksia di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD UPY dengan tema Strategi Mengatasi Kesulitan Belajar ketika Murid Anda Seorang Disleksia.
Komalasari, Mahilda Dea. (2017). Efektivitas Metode Multisensori dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Peserta Didik Disleksia di Sekolah Dasar. Jurnal Elementary School, vol. 4, No.1: 14-19.
Komalasari, Mahilda Dea & Wihaskoro, Ahmad Mabruri. (2018). Multimedia Interaktif Bermuatan Keanekaragaman Budaya Indonesia pada Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary School, vol. 5, No.1: 130-137.
Munandar, A. (1997). Hubungan antara Karakteristik Individual dan Lingkungan dengan Stress Kerja Guru di Sulawesi Utara. Disertasi. Malang: Program Pascasarjana Universitas Malang. Tidak Diterbitkan.
Praptiningrum N., & Purwandari. (2009). Metode Multisensori untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca Anak Disleksia di SD Inklusif. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, vol. 02, no. 2: 179-193.
Olsen, G. & Fuller, M. (2003). Home School Relation. Working Sucessfully with Parents and Families. Boston, MA: Allyn and Bacon
Philips, R. (1997). A Practical Guide for Educational Applications. London: Kogan Page limited.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License