ANALISIS PENERAPAN PPK MELALUI PRAKTIK IBADAH KELAS RENDAH SD MUHAMMADIYAH 9 KOTA MALANG
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v5i2.a12578Keywords:
PPK, Praktik Ibadah, Kelas RendahAbstract
Tujuan penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan penerapan PPK melalui praktik ibadah di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, 2) mendeskripsikan kendala penerapan PPK melalui praktik ibadah di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang, dan 3) mendeskripsikan upaya mengatasi kendala penerapan PPK melalui praktik ibadah di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil peneitian ini yaitu praktik ibadah yang dilakukan di kelas rendah di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang. Adapun praktik ibadah yang dilakukan di SD Muhammadiyah 9 Kota Malang yaitu sholat Duha berjamaah, sholat Duhur berjamaan, sholat Ashar berjamaah, dan manasik hajiReferences
Akbar, Sadun, dkk. 2014. Model Pendidikan Karakter Yang Baik (Studi Lintas Situs Bests Practices) Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Sekolah Dasar. (Online), 23 (http://journal.um.ac.id/index.php/jurnal-sekolah-dasar/article/view/6778), diakses 29 Juli 2017
Azet, Ahmad Muhaimin. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia: Revitalisasi Pendidikan Karakter terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.4
Alim, Muhammad. 2006. Pendidikan Agama Islam, Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Dikdasmen. 2017. PP Dikdasmen SD. Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah.
Mulyono. 2013. Pendidikan Karakter dalam ISMUBA (Al-Islam, Kemuhammadiyahan, Bahasa Arab) Sekolah Muhammadiyah di Kota Salatiga. Program Pascasarjana Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Salatiga.
Mulyono. 2014. Implementasi Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran ISMUBA. Mudarrisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 6, No.1, Juni 2014: 114-140 115
Nursayati, Waeni. 2015. Peran ISMUBA (Al Islam, Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab) dalam Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab Berorganisasi di SMA Muhammadiyah Pakem. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: UIN Kalijaga. Salatiga: STAIN Salatiga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License