KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Ika Puspita Putri Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v5i1.a12573

Keywords:

Model pembelajaran STAD, Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran matematika

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas non-siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Cebongan 01. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes (tes formatif) dan non tes (observasi). Instrumen penelitian menggunakan item dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Realia Media dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Hal ini dapat dilihat pada saat siklus siswa yang menyelesaikan KKM adalah 1 siswa dan ada peningkatan bahwa ada 25 siswa yang memenuhi KKM (78%) dan ada peningkatan yang signifikan yaitu 26 siswa (100%) siswa telah mencapai KKM. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Media Realia pada pembelajaran Matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5 SD Negeri Cebongan 01. Guru harus dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran lain dan siswa. diharapkan lebih aktif dan bertanggung jawab dalam kegiatan diskusi kelompok.

References

Arifin. 2000. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Darmansyah. 2006. Peneltian Tindakan Kelas. Padang: UNP

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belejar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Isjoni. 2014. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Robert E. Slavin, 2005. Cooperative Learning Teori, RisetdanPraktik. Bandung: Nusa Media

Wardani, Nanik Sulistya, dkk. 2009. Asesmen Pembelajaran SD. Jakarta: Depdiknas.

Downloads

Published

2018-08-28

Issue

Section

Articles