NILAI-NILAI ETIK PROFESI GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP SISWA
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v5i1.a12572Keywords:
nilai etik, profesi guru, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi mahasiswa PGSD dan wali murid terhadap nilai-nilai etik guru SD terhadap siswa. 2) Kesamaan dan perbedaan antara perspektif mahasiswa PGSD dan wali murid SD tentang nilai etik guru SD terhadap siswa. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Responden dalam penelitian ini terdiri dari mahasiswa PGSD UAD dan wali murid SD Muhammadiyah Wirobrajan 3 Kota Yogyakarta. Hasil penelitian menyebutkan: 1) Baik Mahasiswa PGSD maupun walimurid sekolah dasar menilai bahwa seorang guru sekolah dasar hendaknya memiliki nilai etik yang menyeluruh, 2) Antara mahasiswa PGSD dengan wali murid sekolah dasar berpendapat sama, bahwa seseorang profesi guru sekolah dasar sangat penting untuk berpegang teguh dan memiliki nilai etik.References
Assegaf, Abd. Rahman. 2004. Pendidikan Tanpa Kekerasan; Tipologi Kondisi, Kasus dan Konsep, Yogyakarta: Tiara Wacana.
Bunga Rampai. 2012. Isu Aktual Pendidikan. Jakarta: Pusat Data dan Statistik Pendidikan.
Danim, Sudarwan. 2011. Pengembangan Profesi Guru: Dari Pra-Jabatan, Induksi Keprofesional Madani. Jakarta: Kencana.
Sudarsono, FX.. 2007. Pendidikan Etika Yang Terpinggirkan dan Terlupakan. Dinamika pendidikan. No. 1/th. XIV/ mei 2007. Hal. 12-23
http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/11/06/16/lmvu86-kronologis-kasus-contek-massal-hingga-terjadinya-amuk-massa diakses 14 maret 2015
http://www.jpnn.com/read/2016/06/29/450653/Air-Mata-Sang-Guru-Luruh-di-Ruang-Sidang-Semangat-Pak! Diakses pada 5 agustus 2016
Jawa Pos. 14 April, 2010. Guru Benturkan Siswa ke Papan Tulis, hlm 6.
Kawuryan, Sekar Purbarini. 2010. Pendidikan karakter di sekolah: masihkah menjadi tanggung jawab utama PKN?. Dinamika Pendidikan. No. 01/Th. XVII/Mei 2010. Hal. 96 - 104
Isnanto, Rizal. 2009. Buku Ajar Etika Profesi, Semarang: Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
Setyani, Uni. 2007. Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Intensi Menyontek Pada Siswa Sma Negeri 2 Semarang. Semarang: Program studi psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.
Taufik. 2014. Pendidikan Karakter di Sekolah: Pemahaman, Metode Penerapan, Dan Peranan Tiga Elemen. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 20 No 1, Juni 2014: Hal.59-65
Towaf. Siti Malikhah. 2014. Pendidikan Karakter Pada Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 20. No. 1. Juni 2014. Hal. 75-85
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
Zainal, Arnoldi. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas dan Kepercayaan Orang Tua/Wali Murid dalam Memilih Sekolah Menengah Pertama Islam untuk Putra-Putrinya (Studi pada SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun). Jurnal Aplikasi Management. Volume. 11, No. 1 Maret 2013. Hal 155 160.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License