PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Ardi Waluyo Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.26555/jpsd.v5i1.a12571

Keywords:

pendekatan open-ended, berpikir kreatif, matematika

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode studi dokumen, yaitu penelitian dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data dari penelitian-penelitian yang sudah ada sebelumnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menelusuri jurnal pada beberapa media elektronik seperti digital library, internet, maupun koleksi jurnal perpustakaan. Penelusuran jurnal dilakukan melalui Google Cendekia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended dengan kemampuan berpikir kreatis siswa dalam mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Hasil data yang diperoleh dari beberapa sumber penelitian yang diterbitkan dibeberapa jurnal selanjutnya dianalisis dan simpulkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan open-ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa sekolah dasar dalam mata pelajaran matematika dibandingkan dengan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan konvesional.

References

Agustian, E., Sujana, A., & Kurniadi, Y. (2015). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Mimbar Sekolah Dasar, Volime. 2 No. 2,Hal: 234-242.

Alhadad, S. F. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis, dan Self Esteem Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ekowati, E., & Guntoro, K. Peningkatan Pembelajaran Geometri dengan Soal Open Ended Menantang Siswa Berpikir Tingkat Tinggi. Pythagoras Jurnal Pendidikan Matematika, Volume. 4 No. 2, Hal: 1-13.

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Volume. 3 No. 2, hal: 91-99.

Faridah, N., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa. Pena Ilmiah, Volume. 1 No. 1, hal: 1061-1070.

Hartini, T. I., Kusdiwelirawan, A., & Fitriana, I. (2014). Pengaruh Berpikir Kreatif dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Tes Open Ended. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume. 3 No.1. Hal. 8-11.

Muhsinin, U. (2013). Pendekatan Open Ended pada Pembelajaran Matematika. Edu-Math, Volume 4 Tahun. 2013.

Ngafifah, N. (2014). Penggunaan model open ended learning untuk meningkatkan pembelajaran matematika siswa kelas iv sekolah dasar. Kalam cendekia PGSD kebumen, Volume. 5 No. 4.

Noer, S. H. (2011). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan pembelajaran matematika berbasis masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume. 5 No 1 hal: 104-111.

Novikasari, I. (2010). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-ended di Sekolah Dasar. Insania, Volume. 14 No. 2, Hal: 346-364.

Parwati, N. N. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Open-ended Problem Solving. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume. 18 No. 1. Hal: 65-70.

Rudyanto, H. E. (2016). Pengembangan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Volume. 3 No. 02, Hal: 184-192.

Setiawan, Raden Heri, dan Idris Harta. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume. 1. No. 2, Hal: 240-256.

Wahyudi. 2014. Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume. 1 No. 1, hal: 28-47

Downloads

Published

2018-08-28

Issue

Section

Articles