PENGARUH PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v5i1.a12571Keywords:
pendekatan open-ended, berpikir kreatif, matematikaAbstract
Penelitian ini menggunakan metode studi dokumen, yaitu penelitian dengan cara mengumpulkan dan menganalisis data dari penelitian-penelitian yang sudah ada sebelumnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menelusuri jurnal pada beberapa media elektronik seperti digital library, internet, maupun koleksi jurnal perpustakaan. Penelusuran jurnal dilakukan melalui Google Cendekia. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan open-ended dengan kemampuan berpikir kreatis siswa dalam mata pelajaran matematika di sekolah dasar. Hasil data yang diperoleh dari beberapa sumber penelitian yang diterbitkan dibeberapa jurnal selanjutnya dianalisis dan simpulkan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pendekatan open-ended dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa sekolah dasar dalam mata pelajaran matematika dibandingkan dengan pembelajaran matematika dengan menggunakan pendekatan konvesional.References
Agustian, E., Sujana, A., & Kurniadi, Y. (2015). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Mimbar Sekolah Dasar, Volime. 2 No. 2,Hal: 234-242.
Alhadad, S. F. (2010). Meningkatkan Kemampuan Representasi Multipel Matematis, Pemecahan Masalah Matematis, dan Self Esteem Siswa SMP melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Open Ended (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Ekowati, E., & Guntoro, K. Peningkatan Pembelajaran Geometri dengan Soal Open Ended Menantang Siswa Berpikir Tingkat Tinggi. Pythagoras Jurnal Pendidikan Matematika, Volume. 4 No. 2, Hal: 1-13.
Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, Volume. 3 No. 2, hal: 91-99.
Faridah, N., & Aeni, A. N. (2016). Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Kepercayaan Diri Siswa. Pena Ilmiah, Volume. 1 No. 1, hal: 1061-1070.
Hartini, T. I., Kusdiwelirawan, A., & Fitriana, I. (2014). Pengaruh Berpikir Kreatif dengan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa dengan Menggunakan Tes Open Ended. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, Volume. 3 No.1. Hal. 8-11.
Muhsinin, U. (2013). Pendekatan Open Ended pada Pembelajaran Matematika. Edu-Math, Volume 4 Tahun. 2013.
Ngafifah, N. (2014). Penggunaan model open ended learning untuk meningkatkan pembelajaran matematika siswa kelas iv sekolah dasar. Kalam cendekia PGSD kebumen, Volume. 5 No. 4.
Noer, S. H. (2011). Kemampuan berpikir kreatif matematis dan pembelajaran matematika berbasis masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume. 5 No 1 hal: 104-111.
Novikasari, I. (2010). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa melalui Pembelajaran Matematika Open-ended di Sekolah Dasar. Insania, Volume. 14 No. 2, Hal: 346-364.
Parwati, N. N. (2013). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berorientasi Open-ended Problem Solving. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume. 18 No. 1. Hal: 65-70.
Rudyanto, H. E. (2016). Pengembangan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Matematika Open-Ended. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, Volume. 3 No. 02, Hal: 184-192.
Setiawan, Raden Heri, dan Idris Harta. (2014). Pengaruh pendekatan open-ended dan pendekatan kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan sikap siswa terhadap matematika. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. Volume. 1. No. 2, Hal: 240-256.
Wahyudi. 2014. Dampak Perubahan Paradigma Baru Matematika Terhadap Kurikulum dan Pembelajaran Matematika di Indonesia. Inopendas Jurnal Ilmiah Kependidikan. Volume. 1 No. 1, hal: 28-47
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License