PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF POKOK BAHASAN PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN RAWAJATI 06 PAGI
DOI:
https://doi.org/10.26555/jpsd.v5i1.a12569Keywords:
Pendidikan Matematika Realistik, berpikir kreatif, pecahanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran Realistic Matematics Education (RME) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif tentang konsep pecahan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model classroom action research (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Negeri Rawajati Pagitahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 28 siswa. Penelitian dilaksanakan 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan dalam 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan post tes. Teknik post tes yaitu dengan evaluasi dan observasi. Evaluasi digunakan untuk menjaring data tentang kemampuan berpikir kreatif konsep pecahan. Sementara observasi digunakan untuk menjaring data tentang penggunaan pendekatan Realistic Matematics Education.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa rata-rata siswa yang telah mencapai KKM hanya 57,14%. Sedangkan hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa rata-rata dari jumlah seluruh siswa mencapai KKM 89,29%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran konsep pecahan dengan penerapan pendekatan Realistic Matematics Education dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif materi pecahan pada siswa kelas IV SD Negeri Rawajati 06 Tahun Pelajaran 2017/2018.
References
Ambarjaya, Beni S. 2008. Model-Model Pembelajaran Kreatif. Bandung: Tinta Emas Publishing.
Amir, Zubaidah, dkk. 2016. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogjakarta: Aswaja Pressindo.
Deswita. 2005. Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Eka, Lestari Karunia, dkk. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.
Febriani, Winarti Dwi. 2017. Pengaruh Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Dan Pembelajaran Langsung Terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Berpikir Kreatif Matematis Peserta Didik. Tesis Metematika SD: Universitas Pendidikan Indonesia.
Haji, Saleh. 2004. Jurnal Eminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika. Bandung: 19 Desember.
Hamzah, M. Ali, dkk. 2014. Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ismail, dkk. 2015. Pembaharuan Dalam Pembelajaran Matematika. Pamulang: Universitas Terbuka.
Kusumah, Wijaya, dkk. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks.
Mahayukti, Gusti Ayu, dkk. 2013. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran. Bali: Jilid 46 Nomor 1.
Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. 2012. Jakarta: PT Rineka Cipta
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar) right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share (copy and redistribute the material in any medium or format) and adapt (remix, transform, and build upon the material) the work for any purpose, even commercially with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in JURNAL JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar).
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License