EFIKASI DIRI, DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN SELF REGULATED LEARNING PADA SISWA KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.26555/humanitas.v8i1.448Keywords:
Efikasi Diri, Self Regulated Learning, Dukungan Sosial Keluarga.Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) Mengetahui hubunganantara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan self regulatedlearning (2) Mengetahui hubungan antara efikasi diri dengan self regulatedlearning (3) Mengetahui hubungan antara dukungan sosial keluarga denganself regulated learning. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa KelasVIII SMP Muhammadiyah. Total sampel penelitian berjumlah 62 siswayang dipilih dengan tekhnik cluster random sampling. Data di dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan Skala Self Regulated Learning, Skala Efikasi Diri dan Skala Dukungan Sosial Keluarga. Datakemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis regresi. Hasilanalisis data menunjukkan: (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikanantara efikasi diri dan dukungan sosial keluarga dengan self regulatedlearning (r=0,837, p=0,000) (2). Ada hubungan positif yang sangatsignifikan antara efikasi diri dengan self regulated learning (r = 0,836p=0,000). (3). Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara dukungansocial keluarga dengan self regulated learning (r = 0,418 p=0,002).
References
Alwisol. (2005). Psikologi Kepribadian. Malang : UMM Press
Bandura, A. (1997). Self Efficacy : The Exercise of Control. New York: Freemanand Company.
Baron. R.A. & Byrne. D. (2003). Psikologi Sosial Edisi Kesepuluh Jilid 2. Jakarta:Erlangga.
Hurlock, E.B. (2001). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan SepanjangRentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga
Johnson. D. W, Johnson. F. (1991) Joining Together. Group Theory and GroupSkill. Fourth Edition. Englewood Cliffts. Prentice Hall Inc
Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta : PrenadaMedia Group
Smet. B.( 1994). Psikologi Kesehatan. Jakarta: PT. Grasindo
Zimmerman, B.J. (1990). Self Regulated Learning and Academic Achievement:An Overview. Educational Psychologist. 25(1), 3-17. Lawrence ErlbaumAssociates.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.