PERAN NILAI KERJA EMPAT FAKTOR DAN KEPEMIMPINAN DENGAN KONTRAK PSIKOLOGIS SEBAGAI MEDIATOR TERHADAP TIM KERJA EFEKTIF

Authors

  • Rizki Fitlya PT. Global Transportasi Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i1.3845

Keywords:

kontrak psikologi, tim kerja efektif, tipe kepemimpinan transformasional, tipe kepemimpinan transaksional

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran-peran variabel nilai kerja empat faktor dan kepemimpinan tipe transformasional, tipe transaksional pada kontrak psikologi yang akan menyumbang pada tinggi rendahnya tim kerja efektif dan untuk mengetahui variabel mana yang memberikan sumbangan terbesar tim kerja efektif. Subjek penelitian adalah karyawan medis dan non medis RS X Pontianak dengan jumlah 170 orang. Data diperoleh melalui skala tim kerja efektif, skala kontrak psikologis, skala kepemimpinan tipe transformasionl dan tipe transaksional. Data terkait nilai kerja diperoleh melalui Work Value Survey. Data yang telah diperoleh dari responden kemudian diolah dengan pendekatan kuantitatif dan dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling atau SEM menggunakan program Amos. Hasil penelitian menunjukkan ada peran nilai kerja faktor ekstrinsik, faktor instrinsik, faktor sosial, dan kepemimpinan tipe transformasional, tipe transaksional dengan mediator kontrak psikologis terhadap tim kerja efektif. Kontrak psikologis memiliki peran terbesar terhadap tim kerja efektif sehingga kontrak psikologis dapat digunakan sebagai alat prediktor terhadap tim kerja efektif.

References

Bycio, P., O’Shea, P. G., Foti, R. J., & Hauenstein, N. M. A. (2009). Are the best leaders both transformasional and transactional? A pattern-oriented analysis. Leadership Journal, 5, 237-258.

Ceribooms, M. (2012). How Can authentic leaders create organizational identification? An empirical study on turkish employees. International Journal of Leadership Studies, 7, 172-190.

Chambel, M. J., & Alcover, C. M. (2011). The psychological contract of call-centre workers: Employment conditions, satisfaction and civic virtue behaviors. Journal Economic and Industrial Democracy, 32(1), 115-134.

Grimmer, M., & Oddy, M. (2007). Violation of the psychological contract: the mediating effect of relational versus transaksional beliefs. Australian Journal of Management, 32, 153-174.

Hoyt, C.L., & Blascovich, J. (2003). Transformational and transactional leadership in virtual and physical environments. Small Group Research, 34, 678-715.

Lance, C. E., Hoffman, B. J., Campbell, S. M., & Twenge, J. M. (2010). Generational differences in work values: leisure and extrinsic values increasing, social and intrinsic values decreasing. Journal of Management, 36(5), 1117-1142.

Nisar, M., Saeed, M. M., & Bukhari, T. A. S. (2011). The effects of psychological contract breach on various employee level outcomes: The moderating role of islamic work ethic and adversity quotient. African Journal of Business Management, 5(21), 8393-8398.

Rousseau, D.M (2000. Psychological Contract Inventory Technical Report. Pennsylvania. Heinz Scholl of Public Policy and Graduate School of Industrial Administration Carnegie: Mellon University.

Smith, P., & Bell, L. (2011). Transactional and transformasional leadership in schools in challenging circumstances: A policy paradox. Journal Management in Education, 25(2), 58-61.

Smith, D., Harvey, S & Millett, B. (1998). Developing successful teams in organisations. Australian Journal of Management & Organisational Behavior, 1(1), 1-8.

Yukl, G. (2006). Leadership in organizations. USA: Pearson Prentice Hall.

Downloads

Published

2016-02-02