PENGARUH METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA JAWA

Authors

  • Anita Aisah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Indonesia
  • Asmadi Alsa Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/humanitas.v13i1.3833

Keywords:

motivasi belajar bahasa jawa, metode pembelajaran kooperatif STAD, siswa sekolah dasar

Abstract

Motivasi belajar Bahasa Jawa pada siswa Sekolah Dasar adalah rendah. Hal ini akan berdampak negatif yaitu menurunnya apresiasi para siswa terhadap budaya Jawa yang seharusnya dilestarikan. Untuk mengatasi rendahnya motivasi belajar Bahasa Jawa dibutuhkan suatu metode pembelajaran yang menarik yaitu metode pembelajaran secara berkelompok. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode student team achievement division (STAD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode STAD terhadap motivasi belajar Bahasa Jawa siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan untreated control group design pretest and posttest. Hasil uji statistik menggunakan anava mix design menunjukkan adanya perbedaan yang sangat signifikan pada kelompok eksperimen antara sebelum dan sesudah penerapan metode pembelajaran STAD sig (0,002) < 0,01. Selain itu terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai sig (0,002) < 0,01.

References

Abass, F. (2002). Cooperative learning and motivation. Diunduh dari : http://leo.aichi-u.ac.jp/~goken/bulletin/pdfs/NO18/02FolakeAbass.pdf

Ahmad, Z. & Nasir M. (2010). Effect of cooperative learning vs. traditional instruction on prospective teacher’s learning experience and achievement. Journal of Faculty of Educational Sciences, year : 2010, vol : 43, no : 1, 151-164. Diunduh dari http://dergiler.ankom.edu.tr/dergiler/40/-1342/15555.pdf.

Alsa, A. (2010). Pengaruh metode belajar jigsaw terhadap ketrampilan hubungan interpersonal dan kerjasama kelompok pada mahasiswa fakultas psikologi. Jurnal Psikologi volume 37, no.2, Desember 2010: 165-175. Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Armstrong, S. & Jesse P. (1998). Student teams achievement divisions (STAD) in twelfth grade classroom : effect on student achievement and attitute. Journal pf Social Studies Research; Spring 1998; 22, 1; proQuest.

Ayuningtyas, T. R. (2008). Pengaruh penerapan metode pembelajaran gotong-royong pada mata pelajaran IPA terhadap kreativitas siswa. Skripsi. Semarang : Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro.

Azwar, S. (2003). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Brophy, J. (2004). Motivating Students to Learn (Second Edition). New Jersey : Lawrence Erlabaum Associates, Publishers.

Chen, H. (2000). A comparison between cooperative learning and traditional, whole-class methods-teaching english in a junior college. Academic Journal of Kang-Ning No.3, 69-82.

Chen, S. (2005). Cooperative learning, multiple intelligence and proficeiency : application in college english language teaching and learning. A Thesis. Diunduh dari http://library.acu.edu.au/digitalases/public/adt-acuvp12025102006/pdf.

Dimyati & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fattimah, S. 2002. Pengaruh belajar kooperatif terhadap motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa inggris. Thesis. Yogyakarta : Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada

Gencosman, T. & Mustafa D. (2012). Effect of student teams-achievement divisions technique used in science and technology education on self efficacy, test anxiety and academic achievement. Journal of Baitic Science Educatin Vol.11.No.1.2012 ISSN 1648-3898.

Glyns, S. M., A. L. P. & Ashley M. O. (2005). Motivation to learn in general education programs. The Journal of General Education, Vol 54, No. 2, 25.

Grolnick, W. S. et all. (2007). Facilitating motivation in young adolescent effect of an after-school program. Journal pf Applied Developmental Psychology 28 (2007) 332-344.

Gull, F.& Shumaila S. (2015). The effect of cooperative learning on student academic achievement. Journal of education and learning vol 9 (3) pp 246 – 255

Hancock, D. (2004). Cooperative learning and peer orientation effect on motivation and achievement. The Journal of Education Research; Jan/Feb 2004; 97,3; ProQuest Education Journals pg. 159

Hanze, M. & Ronald B. (2007). Cooperative learning, motivational effect and student characteristics : an experimental study comparing cooperative learning and direct instruction in 12th grade physics classes. Learning and Instruction Journal 17 (2007) 29-41.

Hermadi. (2010). Perlunya pengenalan budaya jawa pada proses pembelajaran tingkat SMP. Diunduh dari : http://edukasi.kompasiana.com/2010/03/13/perlunya-pengenalan-budaya-jawa-pada-proses-pembelajaran-tingkat-smp/

Huda, M. (2011). Cooperative Learning : Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Johnson, D. W., Roger T. Johnson & Mary B. S.. (2000). cooperative learning methods : A Meta-Analysis. Educational research Journal. Diunduh dari http://www.tablelearning.com/uploads/File/EXHIBIT-B.pdf.

Khan, G. N. & Hafiz M. I. (2011). Effect of student’s team achievement division (STAD) on academic achievement of students. Asian Social Science Journal. Vol. 7, No. 12; December 2011 Doi:10.5539/ass.v7n12p21.

Kolawole, E. B. (2008). Effect of competitive and cooperative learning strategies on academic performance of nigerian student in mathematics. Educational Research and Review vol 3 (1). Pp. 033-037, January 2008.

Liao, H. C. 2006. Effect of cooperative learningon Motivation, learning strategy utilization, and grammar achievement of English language learners in Taiwan. Dissertations. Diunduh dari http://scholarworks.uno.edu/td/329

McCown R; Driscoll, M & Roop, P. G. (1997). Educational Psychology : A Learning-Centered Approach to Classroom Practice second edition ed. New York : Allyn & Bacon.

Middleton, J. A & Photini A. S. 1999. Motivation for achievement in mathematics : findings, generalizations and criticism of the research. Journal for Research in Mathematic Education, 1999, vol.30, No.1, 65-68.

Mulyana. (2006). Menjadikan Bahasa Jawa Sebagai Mata Pelajaran Favorit Mengapa Tidak? (Evaluasi Pembelajaran Bahasa Jawa Saat Ini). Diunduh dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Menjadikan%20Bahasa%20Jawa% 20Sebagai%20Mata%20Pelajaran%20Favorit.pdf

Santrock, J. W. (2007). Child Development. New York: Mc-Graw Companies, Inc.

Santrock, J. W. (2008). Educational Psychology, Third Edition. New York : McGraw Hill Company.

Shaaban, K. & Ghazi G. (2005). The theoritical relevance and efficay of using cooperative learning in the ASL/EFL Classroom. TESL report 38, 2 (2005), pp 14-28. Diunduh dari http://ojs.lib.byu/spc/index.php/TESL/article-view/2819/3565

Shadish, W.R., Cook, T. D. & Campbell D.T. (2002). Experimental and Quasi-Experimental Design for Generalized Causal Inference. Boston : Houghton Mifflin Company.

Slavin, R. E. (1991). Educational Psychology, Theory into practice. New Jersey : Prentice Hall.

Supartinah. (2008). Peningkatan penguasaan aksara jawa pada siswa kelas IV SD pendekatan cooperative learning teknik jigsaw dan media kartu aksara. Laporan Penelitian. Yogyakarta : Fakultas Pendidikan Sekolah Dasar Universitas Negeri Yogyakarta. http://staff.uny.ac.id/sites/defaultFiles/ARTIKEL%20JIGSAW.pdf

Suryabrata, S.. 2005. Psikologi pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Tarim, K. & Fitri A. (2007). The effect of cooperative learning on turkish elementary students mathematics achievement and attitude toward mathematics using TAI and STAD methods. Educ

Stud Math (2008) 67:77-91 DOI 10.1007/s10649-007-9088-y.

Vaughan, W. (2002). Effect of cooperative learning on achievement and attitude among student student of color. The Journal of Educational Research, jul/aug 2002: 95, 6, Proquest journal pg 359 http:

Veenam, S., Brenda K. & Kiki P. (2000). Cooperative learning in dutch primary classrooms. educational studies, Vol.26, No.3, 2000. Nijmegen : Departement of Educational Sciences, University of Nijmegen.

Widhiarso, W. (2011). Aplikasi Anava Campuran untuk Penelitian Eksperimen. Diunduh dari http: bit.ly1pqoyll

Williams, K. C & Caroline C. W. (2012). Five key ingredeints for improving student motivation. Research of Higher Education Journal. Diunduh dari : http://www.aabri.com/manuscripts/11834

Wilson, L., Jones & Marlene C. C. (2002). Cooperative learning on academic achievement in elementary african american males. Journal of Intructional Psychology, vol 31, No. 4. Diunduh pada : www.yahoo.com/iwilson-jones@uncfsu.edu

Wyk. M.M. (2012). The effect of the STAD cooperative learning method on student achievement attitude and motivation in economics education. Journal Social and Science 33 (2): 261 – 270 diunduh dari http://bit.ly/1p9v4mE

Young, H.C.H. (2015). Literature review of the cooperative learning strategy student achievement devision (STAD). International Journal of Education ISSN 1948-547. 2015 vol.7 No. 1 diunduh dari http:bit.ly/1.wms.

----------. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Diunduh dari http://www.inherent-dikti.net/files/sisdiknas.pdf)

----------. (2009). Motivasi Memakai Bahasa Jawa Makin Tiada. Diunduh dari : http://edukasi.kompas.com/read/2009/04/02/01330946/Motivasi.Memakai.Bahasa.Jawa.Makin.Tiada

----------. (2012). Guru Kehabisan Akal, Pelajaran Bahasa Jawa Tak Diminati Siswa Yogyakarta. Tribun Jogja. Rabu Legi, 19 September 2012, halaman 9.

Downloads

Published

2016-02-02