STUDI EKSPLORATIF HASIL GAMBAR ANAK USIA 4 DAN 6 TAHUN

Authors

  • Hartosujono Hartosujono Fakultas Psikologi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/humanitas.v9i1.352

Keywords:

Hasil Gambar Anak, Usia 4 Tahun, Usia 6 Tahun.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan bagaimana gambar padaanak-anak berusia 4 dan 6 tahun. Subjek adalah anak yang bersekolah ditingkat Taman Kanak-kanak (TK) dan siswa yang duduk di bangku kelas1 Sekolah Dasar. Mereka diminta menggambar orang yang kemudian dinilaiberdasar daftar Florence Goodenough yang direvisi oleh Harrish (1963).Subjek yang berpartisipasi berjumlah 68 siswa. Hasil gambar tersebut agarmenghindari bias, diskor oleh guru gambar dan dosen psikologi. Nilai akandiberikan, bila ada kesamaan nilai yang diisi pada kedua form pada satuanak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada beberapa segi perbedaandan persamaan antara gambar anak usia 4 dan 6 tahun.

References

Harris, D. B. (1963). Children’s Drawings as Measures of Intellectual Maturity:A Revision and Extension of the Goodenough Draw-a-Man Test. NewYork: Harcourt Brace.

Hurlock, E.B., (1994). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan SepanjangRentang Kehidupan. Edisi kelima. Cetakan keempat. Jakarta: Erlangga.

Hollis, S. dan Low, J. (2005). Karmiloff-Smith’s RRM distinction betweenadjunctions and redescription: It’s about time (and children’s drawings).British Journal of Developmental Psyhcology, 23, 622-644.

Kellogg, R. (1969). Analyzing Children’s Art. Palo Alto, CA: Mayfield.

Konold, T.R., dan Pianta, R.C. (2005). Empirically-Derived, Person-OrientedPatterns of School Readiness in Typically-Developing Children: Descriptionand Prediction to First-Grade Achievement. Applied DevelopmentalScience, 9(4), 174-187.

Purwandari, E.K. (1998). Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi.Jakarta: Fakultas Psikologi UI.

Ringenbacah, S.D., dan Amazeen, P.G. (2005). How Do Children Control Rate,Amplitude, and Coordination Stability During Bimanual Circle Drawing?Ecological Psychology, 17 (1), 1-18.

Stiles, Joan,dkk (2000). Drawing Abilities in William Syndrome: A Case Study.Developmental Neuropsychology, 18(2), 213-235.

Thomas, Glyn V., & Silk, Angele M.J. (1990). An Introduction to the Psychologyof Children’s Drawings. New York: New York University Press.

Downloads

Published

2012-01-26

Issue

Section

Articles