EFEKTIFITAS METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.26555/humanitas.v9i1.350Keywords:
Fisika, Metode Mind Mapping, Prestasi BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode mindmapping untuk meningkatkan prestasi belajar fisika. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta yang memilikinilai mata pelajaran fisika rata-rata di bawah 6,5, memiliki kemampuan melihat dan mendengar dengan baik. Metode pengumpulan data denganalat ukur tes prestasi belajar fisika pada materi alat optik, dokumentasi,observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimendengan rancangan pretest-posttest control group design. Data dianalisisdengan menggunakan teknik analisis uji-t. Hasil analisis uji-t yaitu pairedsample t-test pada kelompok eksperimen, diperoleh bahwa metode mindmapping berpengaruh positif yang sangat signifikan terhadap peningkatanprestasi belajar fisika (t= -11,006; p= 0,000). Hasil analisis uji-t yaitupaired sample t-test pada kelompok kontrol, diperoleh bahwa metodekonvensional tidak berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasibelajar fisika (t= -1,941; p= 0,070). Hasil analisis uji-t yaitu Independentsample t-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diperolehbahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata (mean) hasil posttestantara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (t= 2,144; p= 0,020). Hasil penelitian menunjukkan metode mind mapping sangat efektif dalammeningkatkan prestasi belajar fisika.
References
Alamsyah, M. (2009). Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Belajar dengan MindMapping. Yogyakarta: Mitra Pelajar.
Budiman, P. (2008). Penerapan Teknik Peta Pikiran untuk Meningkatkan PemahamanSiswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V C SD SantaUrsula BSD. Jurnal Psiko-Edukasi. Volume 6: 34-51.
Buzan, T. (2009). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Deporter, B. Reardon, M. & Nourie, S.S. (2005). Quantum Teaching. Bandung:Kaifa.
Ratya, P.M. (2010). Mendiknas: 267 Sekolah Siswanya Tak Lulus 100 Persen.http://www.detiknews.com/read/2010/04/27/204259/1346669/10/mendiknas-267-sekolah-siswanya-tak-lulus-100-persen. 27 Oktober2010.
Rose, C. & Nicholl, M.J. (2002). Accelerated Learning. Bandung: Yayasan NuansaCendekia.
Santika, N. (2009). Seni Mengajarkan IPA Berbasis Kecerdasan Majemuk. Bogor:CV Regina.
Septiana, N. (2007). Media Belajar dari Sudut Pandang Psikologi Pembelajaran.Jurnal Pendidikan Inovatif. Volume 3: 11-15.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Sudarman. (2009). Peningkatan Pemahaman dan Daya Ingat Siswa Melalui StrategiPreview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R). JurnalPendidikan Inovatif. Jilid 4. Nomor 2: 67-72.
Sunandar. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together (NHT)terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN diKecamatan Banyumanik Kota Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. JurnalVaria Pendidikan. Volume 20: 164-172.
Surakhmad, W. (2000). Psikologi Pemuda Sebuah Pengantar dalamPerkembangan Pribadi dan Interaksi. Bandung: PT RemajaRosdakarya.
Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wicoff, J. (2005). Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan Pikiran.Bandung : Kaifa.
Windura, S. (2008). Be An Absolute Genius. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.