EFEKTIFITAS METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS VIII

Authors

  • Muhammad Chomsi Imaduddin Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia
  • Unggul Haryanto Nur Utomo Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/humanitas.v9i1.350

Keywords:

Fisika, Metode Mind Mapping, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas metode mindmapping untuk meningkatkan prestasi belajar fisika. Subjek penelitian iniadalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta yang memilikinilai mata pelajaran fisika rata-rata di bawah 6,5, memiliki kemampuan melihat dan mendengar dengan baik. Metode pengumpulan data denganalat ukur tes prestasi belajar fisika pada materi alat optik, dokumentasi,observasi dan wawancara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimendengan rancangan pretest-posttest control group design. Data dianalisisdengan menggunakan teknik analisis uji-t. Hasil analisis uji-t yaitu pairedsample t-test pada kelompok eksperimen, diperoleh bahwa metode mindmapping berpengaruh positif yang sangat signifikan terhadap peningkatanprestasi belajar fisika (t= -11,006; p= 0,000). Hasil analisis uji-t yaitupaired sample t-test pada kelompok kontrol, diperoleh bahwa metodekonvensional tidak berpengaruh positif terhadap peningkatan prestasibelajar fisika (t= -1,941; p= 0,070). Hasil analisis uji-t yaitu Independentsample t-test pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, diperolehbahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata (mean) hasil posttestantara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol (t= 2,144; p= 0,020). Hasil penelitian menunjukkan metode mind mapping sangat efektif dalammeningkatkan prestasi belajar fisika.

References

Alamsyah, M. (2009). Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi Belajar dengan MindMapping. Yogyakarta: Mitra Pelajar.

Budiman, P. (2008). Penerapan Teknik Peta Pikiran untuk Meningkatkan PemahamanSiswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas V C SD SantaUrsula BSD. Jurnal Psiko-Edukasi. Volume 6: 34-51.

Buzan, T. (2009). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Deporter, B. Reardon, M. & Nourie, S.S. (2005). Quantum Teaching. Bandung:Kaifa.

Ratya, P.M. (2010). Mendiknas: 267 Sekolah Siswanya Tak Lulus 100 Persen.http://www.detiknews.com/read/2010/04/27/204259/1346669/10/mendiknas-267-sekolah-siswanya-tak-lulus-100-persen. 27 Oktober2010.

Rose, C. & Nicholl, M.J. (2002). Accelerated Learning. Bandung: Yayasan NuansaCendekia.

Santika, N. (2009). Seni Mengajarkan IPA Berbasis Kecerdasan Majemuk. Bogor:CV Regina.

Septiana, N. (2007). Media Belajar dari Sudut Pandang Psikologi Pembelajaran.Jurnal Pendidikan Inovatif. Volume 3: 11-15.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.

Sudarman. (2009). Peningkatan Pemahaman dan Daya Ingat Siswa Melalui StrategiPreview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R). JurnalPendidikan Inovatif. Jilid 4. Nomor 2: 67-72.

Sunandar. (2008). Pengaruh Model Pembelajaran Number Head Together (NHT)terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SDN diKecamatan Banyumanik Kota Semarang Tahun Ajaran 2008/2009. JurnalVaria Pendidikan. Volume 20: 164-172.

Surakhmad, W. (2000). Psikologi Pemuda Sebuah Pengantar dalamPerkembangan Pribadi dan Interaksi. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wicoff, J. (2005). Menjadi Super Kreatif Melalui Metode Pemetaan Pikiran.Bandung : Kaifa.

Windura, S. (2008). Be An Absolute Genius. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Downloads

Published

2012-01-26

Issue

Section

Articles