PENGARUH LINGKUNGAN KELAS TERHADAP SIKAP SISWA UNTUK PELAJARAN MATEMATIKA

Authors

  • Joice Novita Limpo Fakultas Psikologi, Universitas Pelita Harapan Surabaya Jl. Ahmad Yani No.228 Surabaya 60234, Indonesia
  • Hasan Oetomo Fakultas Psikologi, Universitas Pelita Harapan Surabaya Jl. Ahmad Yani No.228 Surabaya 60234, Indonesia
  • Maria Helena Suprapto Fakultas Psikologi, Universitas Pelita Harapan Surabaya Jl. Ahmad Yani No.228 Surabaya 60234, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/humanitas.v10i1.327

Keywords:

lingkungan kelas, matematika, sikap terhadap matematika.

Abstract

Sikap adalah unsur penting dalam mendukung perilaku belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh lingkungan kelas terhadap sikap siswa terhadap matematika. Partisipan penelitian adalah 70 siswa SMPK Pekerti, Surabaya. Lingkungan kelas diukur menggunakan adaptasi skala What is Happening in This Class? (WIHIC) dan sikap siswa diukur menggunakan Skala Sikap Siswa terhadap Matematika yang dibuat oleh peneliti. Hasil uji korelasi menunjukkan ada hubungan positif yang signifikan antara lingkungan kelas dengan sikap siswa terhadap matematika (r=0,359, p<0,01), yang berarti semakin positif persepsi siswa terhadap lingkungan kelas, semakin positif sikap siswa terhadap matematika. Selain itu, model regresi menunjukkan bahwa lingkungan kelas memberikan sumbangan efektif sebesar 12,9% terhadap sikap siswa terhadap matematika (R2 = 0,129). Lingkungan kelas dapat digunakan untuk memprediksi sikap siswa terhadap matematika, dengan persamaan regresi Y = 48,916 + 0,229 X ± 23,023. Hasil penelitian menunjukkan lingkungan kelas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap siswa terhadap matematika, meskipun tidak besar. Hal ini karena adanya variabel lain yang mempengaruhi sikap terhadap matematika selain lingkungan kelas, seperti: prestasi, faktor guru, teman sebaya, dan faktor lainnya.

References

Azwar, S. (1995). Sikap Manusia: Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baek, S.G & Choi, H.J. (2002). The relationship between students’ perceptions of classroom environment and their academic achievement in Korea. Asia Pacific Education Review, 3(1), 125-135.

Bassette, L. P. (2004). An assessment of the attitudes and outcomes of students enrolled in developmental basic mathematics classes at Prince George’s community college (Doctoral dissertation). Virginia Polytechnic Institute and State University. Diunduh dari http://academia.edu/

Cheng, Y. C. (1994). Classroom environment and student affective performance: An effective profile. The Journal of Experimental Education, 62 (3), 221-239.

Dorman, J. P. (1999). The evolution, validation, and use of a personal form of the Catholic School Classroom Environment Questionnaire. Catholic Education: A Journal of Inquiry and Practice, 3(2), 141-157.

Ezeife, A. N. & Smith, C. B. (2010). The relationship between students’ perceptions of their classroom environment and their attitudes toward science in grade nine applied science classes. Academic Exchange EXTRA. Diunduh dari http://www.unco.edu/AEExtra/2010/4/ezeife.html

Fraser, B. J. (1998). Classroom environment instruments: Development, validity, and applications. Learning Environments Research, 1, 7-33.

Goh, S. C. & Fraser, B. J. (1998). Teacher interpersonal behaviour, classroom environment and student outcomes in primary Mathematics in Singapore. Learning Environments Research, 1, 199–229.

Hadinata, P. (2009). Iklim kelas dan motivasi belajar siswa SMA. Jurnal Psikologi, 3(1), 93-98.

Hanafi, W. (6 April 2011). Hantu Matematika. Diunduh dari http://www.surya.co.id/2011/04/06/hantu-matematika.

Lewin, K. (1936). Principles of Topological Psychology. New York: McGraw.

Margianti, E. S. (2002). Learning environment research in Indonesia. In S. C. Goh & M. S. Khine (Eds.), Studies in Educational Learning Environments: An International Perspective (p.153-168). Singapore: World Scientific Publishing Co. Pte. Ltd.

Mohamed, L. & Waheed, H. (2011). Secondary students’ attitude towards Mathematics in a selected school of Maldives. International Journal of Humanities and Social Science, 1(15), 277-281.

Nasution (20 April 2011). Matematika: Seperti obat pahit, dibenci tapi harus ditelan. Diunduh tanggal 26 Agustus 2011, dari http://sosbud.kompasiana.com/2011/04/20/matematika-seperti-obat-pahitdibenci-tapi-harus-ditelan/

Ogbuehi, P. I. & Fraser, B. J. (2007). Learning environment, attitudes and conceptual development associated with innovative strategies in middle-school Mathematics. Learning Environments Research, 10, 101-114.

Papalia, D. E., Olds, S. W., & Feldman, R. D. (2006). Human development (10th Ed). New York: McGraw Hill.

Ramirez, M. J. (2005). Attitudes toward mathematics and academic performance among Chilean 8th graders. Estudios Pedagogicos, 1, 97-112.

Rivera, T. C. & Ganaden, M. F. (2001). Classroom psychosocial environment. International Online Journal of Science and Mathematics Education,1. Diunduh dari http://www.upd.edu.ph/ ~ismed/online/articles/psycho/psycho. Htm

Sagala, C. (2010). Hubungan persepsi terhadap iklim kelas dengan kreativitas pada siswa SMA Kalam Kudus Medan (Skripsi, Universitas Sumatera Utara, 2010). Diunduh dari http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/17377/ 6/Cover.pdf

Santrock, J. W. (2011). Educational Psychology (5th Edition), pp. 71-72. New York: McGraw Hill.

Stramel, J. (2010). A naturalistic inquiry into the attitudes toward mathematics and mathematics self-efficacy beliefs of middle school students (Doctoral dissertation, Kansas State University, 2004). Diunduh dari http://krex.kstate.edu/

Tarmidi. (2006). Iklim kelas dan prestasi belajar (Skripsi, Universitas Sumatera Utara, 2006). Diunduh dari http://repository.usu.ac.id/ bitstream/123456789/1928/1/06010310.pdf

Tocci, C. M., & Engelhard, G. (1991). Achievement, parental support and gender differences in attitudes towards mathematics. Journal of Educational Research, 84, 280-286.

Zedan, R. (2010). New dimensions in classroom climate. Learning Environments Research, 13, 75-88.

Downloads

Published

2013-01-29

Issue

Section

Articles