PERBEDAAN SOSIALISASI ANTARA SISWA KELAS AKSELERASI DAN KELAS REGULER DALAM LINGKUNGAN PERGAULAN DI SEKOLAH
DOI:
https://doi.org/10.26555/humanitas.v2i1.313Abstract
AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan sosialisasi
antara siswa kelas akselerasi dan kelas regular. Subjek penelitian berjumlah 18 siswa dari
kelas akselerasi dan 18 siswa dari kelas regular di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah
II Yogyakarta. Subjek dibagi dalam dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol.
Penelitian ini menggunakan metode eksperimental The Pretest-posttest Control
Group Design, yaitu desain eksperimen yang dilakukan dengan jalan melakukan pengukuran
atau observasi awal sebelum perlakuan diberikan (pretest ) dan setelah perlakuan ( posttest)
pada kelompok eksperimen (siswa kelas akselerasi) dan kelompok kontrol (siswa kelas regular).
Pada penelitian ini analisis data yang dilakukan berdasarkan gained score, hal tersebut
dilakukan dengan asumsi bahwa penelitian ini dilakukan pada dua kelompok yang memiliki
kondisi awal yang berbeda.
Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan ditolak,
yakni tidak ada perbedaan sosialisasi antara siswa kelas akselerasi dan regular. (t = 0,594,
p >0,05)
Kata kunci : sosialisasi, kelas akselerasi, kelas regular
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.