Penyusunan Penilaian Kinerja Berbasis Kompetensi di Rumah Sakit XXX

Authors

  • Raditya Hernawa Fakultas Psikologi, Kampus III Universitas Sanata Dharma, Paingan, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Yogyakarta, Indonesia
  • Ferdinandus indiarto Fakultas Psikologi Universitas Katolik Sugijapranata, Jl.Pawiyatan Luhur IV No.1 Bendan Dhuwur Semarang, Indonesia
  • Lucia Tresni Fakultas Psikologi Universitas Katolik Sugijapranata, Jl.Pawiyatan Luhur IV No.1 Bendan Dhuwur Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/humanitas.v11i1.2329

Keywords:

Penilaian kinerja, kompetensi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penyusunan Penilaian kinerja berbasis kompetensi di Rumah Sakit XXX. Selama ini karyawan tidak puas terhadap penilaian kinerja yang digunakan dikarenakan penilaian kinerja dinilai kurang obyektif, tidak ada umpan balik untuk karyawan selain itu penilaian kinerja yang digunakan saat ini sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan kompetensi perusahaan. Dalam upaya meningkatkan obyektifitas alat penilaian kinerja, dan memaksimalkan tujuan penilaian kinerja maka dirancang penilaian kinerja berbasis kompetensi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data wawancara. Penilaian Kinerja Berbasis Kompetensi diujicobakan pada jabatan kasir bagian keuangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari aspek relevansi, sensitivitas, reliabilitas dan penerimaan penilaian kinerja berbasis kompetensi lebih baik dibandingan penilaian kinerja yang digunakan selama ini.

References

Appelbaum,S.H., Nadeau, D & Cry, M. 2009. Performance evaluation in a matrix organization: a case study (part 3). Industrial and Comercial Training, Vol.41no.1,9-14

Armstrong, M. 2003. The Art Of HRD: Managing People, A Practical Guide for Line Manager. Alih Bahasa: Ramelan. Jakarta: Bhuana Ilmu Populer.

Bernadin, H. J., & Russell, J. E. A. 1993. Human Resource Management: an experiential approach: McGraw-Hill Education - Europe McGraw-Hill Education.

Budiharto,S., & Fahmie,A. 2002. Evaluasi Sistem Penilaian Kinerja Pegawai Administratif Tetap Universitas Islam Indonesia Yogyakarta. Jurnal Psikologika, Tahun VII No.13.

CHIU, Kai-ting., & Michael. 2002. The Significance of a Value-driven Competency-based Performance Management System: Key Issues WithReference to Developments in the Hong Kong Police Force. Asia Journal Of Public Administration, Vol 24 No.2.235-256

Daya Dimensi Indonesia. 2009. Kompetensi: Kamus-Devinisi dan Perilaku yang Dapat Diamati RS. xxx.

Daya Dimensi Indonesia. 2009. Laporan Penyusunan Kompetensi Inti dan Kompetensi Rumpun Jabatan RS.xxx

Dessler, G. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia Jilid 1(ed 10). Jakarta: Penerbit Indeks.

Fuad, N., & Ahmad, G. 2009. Integrated Human Resouces Development:Berdasarkan Pendekatan CB-HRM, TB-HRM, CBT dan CPD. Jakarta: PT.

Grasindo. Gaspersz, V. (2007). Organizational Excellence: model strategic menuju world class quality company. Jakarta:PT.Gramedia Pustaka Utama.

Ingarianti,T.M., & Yuwono,I.,Fajrianti. (2005). Performance Appraisal di PT. Otsuka Indonesia. Jurnal Psikodinamik. Vol 7 No.2.

Islam, Rafikul., & Rasad, M. 2005. Employee Performance Evaluation By AHP: A Case Study.dISAHP. Jully 8-10.

Downloads

Published

2014-01-02

Issue

Section

Articles