Pelatihan Pengasuhan untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kualitas Pengasuhan Orang Tua Anak GPP/H
DOI:
https://doi.org/10.26555/humanitas.v11i1.2327Keywords:
pelatihan pengasuhan, pemahaman tentang GPP/H, kualitas pengasuhanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pelatihan pengasuhan dapat meningkatkan pemahaman tentang GPP/H dan pengasuhan yang berkualitas pada orang tua anak prasekolah yang memiliki anak dengan GPP/H. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimental dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group design. Subjek padapenelitianini berjumlah 6 orang yang merupakan pasangan orang tua (ayah dan ibu) anak prasekolah yang memiliki anak dengan GPP/H. Tempat penelitian dilakukan di KB-TK-TPA Jogja Citra, Pleret, Bantul. Dianalisis dengan uji statistik Wilcoxon Mann Whitney dan Kruskal Wallis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan pengasuhan terbukti dapat meningkatkan pemahaman orang tua tentang GPP/H dan meningkatkan kualitas pengasuhan orang tua kepada anak prasekolah dengan GPP/H. Hasil pengolahan data menunjukkan taraf signifikansi 0,039 < 0,05 untuk pemahaman tentang GPP/H, dan 0,039 < 0,05 untuk pengasuhan yang berkualitas. Uji hipotesis dengan Kruskal Wallis menunjukkan taraf signifikansi sebsar 0,020 < 0,05.
References
Azwar, S. (2000).Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2005).Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Barkley, R A. (2006).Attention Deficit Hyperactivity Disorder. A Handbook for Diagnosis and Treatment.3nd Edition. New York : The Guilford Press.
Briesmeister, J M. & Schaefer, C. E.(1995). Handbook Of Parent Training.USA: John Wiley & Sons Inc.
Flanagan, R (2005). ADHD Kids. Attention Deficit Hyperaction Disorder. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Flick, U. (1998). Everyday knowledge in social psychology. In U. Flick (Ed.), The psychology of the social (pp. 41–69). New York: Cambridge University Press.
Grad L. Flick (1998) ADD/ADHD Behavior_Change Resource Kit, The Center For Applied Research in Education, New York.
Gromisch, Stannard E. (2013). Helping Your Kids Keep Organized with Childhood ADHD.Psych Central. Retrieved on February 23, 2014, from http://psychcentral.com/lib/helping-yourkids-keep-organized-with-childhoodadhd/00017181
Moleong, Lexy J., (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan XIV. Jakarta : Remaja Rosdakarya.
Pentecost, D. (2004). Menjadi Orang Tua Anak ADD/ADHD, Tidak sanggup? Tidak Mau? Penerjemah Yayasan Suryakanti. Jakarta : Dian Rakyat.
Riduwan (2008). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti. Alfabeta.
Uyanto, Stanislaus S. (2009), Pedoman Analisis Data dengan SPSS, Edisi 3, Grha Ilmu, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 2.0 Generic License.