Pelatihan Pengasuhan untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kualitas Pengasuhan Orang Tua Anak GPP/H

Authors

  • Ratna Yunita Setiyani Puskesmas Kraton, Jl. Musikanan KT II/457, Indonesia
  • Indria Laksmi Gamayanti Tumbuh Kembang Anak RS. Dr. Sardjito, Jl. Kesehatan No. 1, Sekip, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284, Indonesia
  • Siti Urbayatun Fakultas Psikologi, Universitas Ahmad Dahlan, Jl. Kapas 9, Semaki Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.26555/humanitas.v11i1.2327

Keywords:

pelatihan pengasuhan, pemahaman tentang GPP/H, kualitas pengasuhan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah pelatihan pengasuhan dapat meningkatkan pemahaman tentang GPP/H dan pengasuhan yang berkualitas pada orang tua anak prasekolah yang memiliki anak dengan GPP/H. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi eksperimental dengan desain nonrandomized pretest-posttest control group design. Subjek padapenelitianini berjumlah 6 orang yang merupakan pasangan orang tua (ayah dan ibu) anak prasekolah yang memiliki anak dengan GPP/H. Tempat penelitian dilakukan di KB-TK-TPA Jogja Citra, Pleret, Bantul. Dianalisis dengan uji statistik Wilcoxon Mann Whitney dan Kruskal Wallis.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan pengasuhan terbukti dapat meningkatkan pemahaman orang tua tentang GPP/H dan meningkatkan kualitas pengasuhan orang tua kepada anak prasekolah dengan GPP/H. Hasil pengolahan data menunjukkan taraf signifikansi 0,039 < 0,05 untuk pemahaman tentang GPP/H, dan 0,039 < 0,05 untuk pengasuhan yang berkualitas. Uji hipotesis dengan Kruskal Wallis menunjukkan taraf signifikansi sebsar 0,020 < 0,05.

References

Azwar, S. (2000).Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Azwar, S. (2005).Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Barkley, R A. (2006).Attention Deficit Hyperactivity Disorder. A Handbook for Diagnosis and Treatment.3nd Edition. New York : The Guilford Press.

Briesmeister, J M. & Schaefer, C. E.(1995). Handbook Of Parent Training.USA: John Wiley & Sons Inc.

Flanagan, R (2005). ADHD Kids. Attention Deficit Hyperaction Disorder. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Flick, U. (1998). Everyday knowledge in social psychology. In U. Flick (Ed.), The psychology of the social (pp. 41–69). New York: Cambridge University Press.

Grad L. Flick (1998) ADD/ADHD Behavior_Change Resource Kit, The Center For Applied Research in Education, New York.

Gromisch, Stannard E. (2013). Helping Your Kids Keep Organized with Childhood ADHD.Psych Central. Retrieved on February 23, 2014, from http://psychcentral.com/lib/helping-yourkids-keep-organized-with-childhoodadhd/00017181

Moleong, Lexy J., (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan XIV. Jakarta : Remaja Rosdakarya.

Pentecost, D. (2004). Menjadi Orang Tua Anak ADD/ADHD, Tidak sanggup? Tidak Mau? Penerjemah Yayasan Suryakanti. Jakarta : Dian Rakyat.

Riduwan (2008). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti. Alfabeta.

Uyanto, Stanislaus S. (2009), Pedoman Analisis Data dengan SPSS, Edisi 3, Grha Ilmu, Yogyakarta.

Downloads

Published

2014-01-02

Issue

Section

Articles