Komparasi Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Homeschooling Primagama dengan SMP Piri II Yogyakarta
Abstract
Untuk meningkatkan pembelajaran PKn guru harus memiliki strategi yang efektif dalam pembelajaran. Siswa akan bosan dengan penyampaian materi yang dilakukan oleh guru menggunakan strategi-strategi pembelajaran yang tidak sesuai lagi dengan perkembangan. Guru harus dapat berpikir inovatif, kreatif, dan efektif dalam menerapkan strategi yang sesuai dengan gaya belajar siswa. Tujuan penelitian mengetahui strategi pembelajaran yang digunakan guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta, dan komparasi strategi pembelajaran guru PKn di Homeschooling Primagama dengan SMP Piri II Yogyakarta.
Subjek penelitiannya guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta. Objek penelitiannya strategi pembelajaran guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta. Instrumen penelitian berupa wawancara dan observasi. Teknik analisis data dengan deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan strategi pembelajaran guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta menggunakan strategi yang sama yaitu strategi dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Komparasi dari pendekatan pembelajaran oleh guru PKn di Homeschooling Primagama dengan SMP Piri II Yogyakarta terletak pada cara memahami karakter peserta didik yang berbeda-beda di kelas, strategi penyampaian materi pada karakter materi di ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta strategi penyampaian materi pada siswa yang memiliki gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik antara guru PKn di Homeschooling Primagama dengan SMP Piri II Yogyakarta. Komparasi antara keduanya juga terdapat pada strategi yang dilakukan oleh guru PKn di Homeschooling Primagama dan SMP Piri II Yogyakarta dalam meningkatkan kompetensi civic knowladge, civic skills, dan civic dispositions peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aar, Dita, dkk. (2009). Warna Warni Homeschooling. Jakarta: Elek Media Komputindo
Alwasilah, Chaedar. (2002). Pokoknya Kualitatif. Jakarta: Pustaka Jaya
Arikunto, S. (2000). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Gafur, Abdul. (2007). Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional UNY
Mufarrokah,Anissatul. (2009). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Teras
Moleong, J Lexy. (2000). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya
¬¬¬________(2002). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya
_______ (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda
Rahman, Maman. (1999). Strategi dan Langkah-langkah Penelitian. Semarang: IKIP Semarang Press
Sadiman, S Arief. (1993). Dasar-Dasar Media Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sanjaya, Wina. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Satori, Djam’an dan Aan Komariah. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Seels, B Barbara dan Rita C. Richey. (1994). Teknologi Pembelajaran Defisi dan Kawasannya. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta
Sugiyono, S. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta
Zulfa, Umi. (2010). Strategi Pembelajaran. Cilacap: Al Ghazali Press
Peraturan Perundang-undangan
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Surat Edaran Menteri Pendidikan Nasional RI No.107/MP/MS/2006
Website
(http://www.infodiknas.com/fkip-unisma-pendidikan-formal-pendidikan-non-formal-dan-pendidikan-informal/). diunduh tanggal 3 februari 2012.
(http://www.maswins.com/2010/05/artikel-strategi-pembelajaran.html). Diunduh tanggal 4 februari 2012.
(http://www.homeschooling-primagama.com/). Diunduh tanggal 1 Mei 2012
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/citizenship.v2i2.9272
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Gustin Gustin, Susena Susena
Our journal indexed by:
Jurnal Citizenship is published by Pancasila and Civic Education Program Universitas Ahmad Dahlan in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Indonesia (AP3KnI).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.