MEMPERTAHANKAN PASAR MEDIA CETAK MELALUI KONTEN AUGMENTED REALITY/AR (Studi pada Koran Tribun Jogja)
DOI:
https://doi.org/10.12928/channel.v5i2.7977Abstract
AbstrakPenggunaan teknologi adalah hal yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis media agar dapat
mempertahankan eksistensinya. Tribun Jogja, koran cetak lokal di wilayah D.I. Yogyakarta dan
Jawa Tengah bagian selatan, menambahkan konten Augmented Reality (AR) sebagai upaya
memadukan teknologi dengan media konvensional.
Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus untuk menganalisis penggunaan
teknologi AR pada koran cetak Tribun Jogja. Dilihat dari sisi strategis, penggunaan teknologi AR
dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan dan sebagai branding sebagai koran
cetak lokal yang selalu terdepan dalam inovasi. Penggunaan teknologi AR juga berdampak pada
perubahan manajemen pemberitaan.
Kata kunci: Tribun Jogja, Augmented Reality, koran cetak lokal.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors submitting a manuscript do so on the understanding that if accepted for publication, the article's copyright shall be assigned to Channel Jurnal Komunikasi.
Authors should sign the Copyright Transfer Agreement when they have approved the final proofs sent by Channel Jurnal Komunikasi before the publication. Channel Jurnal Komunikasi strives to ensure that no errors occur in the articles that have been published, both data errors and statements in the article.
Channel Jurnal Komunikasi keeps the rights to articles that have been published. Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the Channel Jurnal Komunikasi website link. Authors are allowed to use their works for any purposes deemed necessary without written permission from Channel Jurnal Komunikasi to acknowledge initial publication in this journal.
All articles published in Channel Jurnal Komunikasi are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA) license.