MEMPERTAHANKAN PASAR MEDIA CETAK MELALUI KONTEN AUGMENTED REALITY/AR (Studi pada Koran Tribun Jogja)

Authors

  • Fitri Yuliantri Permana Universitas Sebelas Maret Solo

DOI:

https://doi.org/10.12928/channel.v5i2.7977

Abstract

Abstrak
Penggunaan teknologi adalah hal yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis media agar dapat
mempertahankan eksistensinya. Tribun Jogja, koran cetak lokal di wilayah D.I. Yogyakarta dan
Jawa Tengah bagian selatan, menambahkan konten Augmented Reality (AR) sebagai upaya
memadukan teknologi dengan media konvensional.
Penelitian ini menggunakan metodologi studi kasus untuk menganalisis penggunaan
teknologi AR pada koran cetak Tribun Jogja. Dilihat dari sisi strategis, penggunaan teknologi AR
dilakukan untuk mempersiapkan diri menghadapi perubahan dan sebagai branding sebagai koran
cetak lokal yang selalu terdepan dalam inovasi. Penggunaan teknologi AR juga berdampak pada
perubahan manajemen pemberitaan.
Kata kunci: Tribun Jogja, Augmented Reality, koran cetak lokal.

Downloads

Published

2017-10-01

Issue

Section

Articles