PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF FISIKA MODERN TENTANG DUALITAS PARTIKEL-GELOMBANG MENGGUNAKAN PERANGKAT LUNAK LECTORA INSPIRE UNTUK MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN FISIKA

Authors

  • Lilik Ermiyati Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Kampus III, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Yogyakarta 55164
  • Raden Oktova Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Kampus III, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Yogyakarta 55164

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v10i1.9862

Keywords:

media pembelajaran interaktif, Fisika Modern, dualitas partikel-gelombang, Lectora Inspire

Abstract

Pokok bahasan Dualitas Partikel-Gelombang  dalam mata kuliah Fisika Modern S-1 Pendidikan Fisika bersifat  abstrak, dan mahasiswa memerlukan suatu media interaktif untuk belajar secara mandiri di luar kegiatan tatap muka. Oleh karena itu dilakukan penelitian untuk mengembangkan media pembelajaran tentang Dualitas Partikel-Gelombang dalam bahasa Indonesia dengan menggunakan perangkat lunak Lectora Inspire. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi langkah-langkah: analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Untuk mengetahui kelayakan media dilakukan validasi melalui angket oleh ahli materi, ahli media (TI dan pengguna mahasiswa. Tingkat kelayakan media yang diberikan oleh ahli materi, ahli media dan pengguna berturut-turut adalah sebesar 80,36, 85,42 dan 85,54 %. Dapat disimpulkan bahwa media yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.

References

Aldoobie, N., 2015, “ADDIE Modelâ€, American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68-72.

Arsyad, A., 2013, “Media pembelajaran,†Jakarta: Rajawali Press.

Barua, A., 2013, “Methods for decision-making in survey questionnaires based on Likert scaleâ€, Journal of Asian Scientific Research, 3(1), 35-38.

Croasmun, J.T., dan Ostrom, L., 2011, “Using Likert-type scales in the social sciencesâ€, Journal of Adult Education, 40(1), 19-22.

Georgiev, T., Georgiva, E., Smirakov, A., 2004, “M-learning: a new stage of e-learningâ€, Proceedings International Conference on Computer System and Technologies.

Hamzah, M. b., 2009, “Mobile learning: new era in Malaysia,†Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 153-156.

Linda, R., Erviyenni, Noer, A.M., Oktavianti, N. A., dan Sellyna, N., 2016, “Development of Lectora Inspire as interactive multimedia chemistry learning in Senior High Schoolâ€, Jurnal Pendidikan Kimia, 8(3), 188-196.

Mas’ud, M., 2014, “Membuat multimedia dengan Lectora,†Yogyakarta: Pustaka Shonif.

Muruganantham, G., 2015, “Developing of e-content package by using ADDIE Model,†International Journal of Applied Research, 1(3), 52-54.

Sari, P., dan Oktova, R., 2010, “Pemanfaatan Web Builder untuk perancangan media pembelajaran online tentang pengaruh rotasi bumi terhadap gerak bandul matematis,†Berkala Fisika Indonesia, 2(2), 54-63.

Serway, R.A., dan Vuille, C., 2015, “College physics (10th ed. with contributions from John Hughes)â€, Stamford, USA: Cengage Learning.

Downloads

Published

2018-01-01

Issue

Section

Articles