PENGEMBANGAN SIMULASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI OPEN SOURCE PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK

Authors

  • Irfan Yusuf Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua Jalan Gunung Salju Amban, Manokwari, Papua Barat 98314
  • Sri Wahyu Widyaningsih Jurusan Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Papua Jalan Gunung Salju Amban, Manokwari, Papua Barat 98314

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v10i1.9486

Keywords:

simulasi interaktif, media open source, aktivitas, persepsi

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan media simulasi interaktif materi fisika menggunakan aplikasi open source untuk meningkatkan aktivitas dan persepsi belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu four-D (4D), yang terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek uji coba yaitu peserta didik kelas XII IPA SMA Tut Wuri Handayani Makassar, Sulawesi Selatan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian media dan materi pembelajaran oleh ahli dan praktisi, lembar observasi aktivitas belajar yang diisi oleh observer selama pembelajaran, dan kuesioner persepsi peserta didik yang diberikan setelah pembelajaran. Teknik analisis deskriptif kuantitatif yang digunakan berupa interpretasi data dari lembar penilaian media, lembar observasi dan kuesioner, sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk menyertai dan melengkapi hasil yang diperoleh. Tingkat reliabilitas instrumen penilaian ahli menggunakan percentage of agreements. Tingkat reliabilitas yang diberikan oleh validator dari setiap aspek adalah di atas 75%, yang berari bahwa hasil reliabel. Validasi ahli media, ahli materi dan praktisi menunjukkan hasil yang baik dari setiap komponen penilaian, dan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika. Rata-rata aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berada dalam kategori tim baik, tim hebat dan tim super yang menunjukkan bahwa peserta didik responsif terhadap penjelasan guru, aktif dalam pembelajaran, mengemukakan pendapat, memanfaatkan waktu secara efisien dan membangun ide yang logis serta menarik simpulan dengan akurat. Tingkat persepsi peserta didik adalah 92%, artinya peserta didik sangat setuju terhadap pembelajaran fisika berbasis media open source. Pembelajaran berbasis media open source memberi peluang kepada peserta didik untuk bereksplorasi, sehingga media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi open source  dapat mendukung proses belajar mengajar.

References

Borich, G.D., 2015, “Observation skills for effective teaching: research-based practiceâ€, London dan New York:

Routledge.

Gozali, F., dan Billion, L., 2012, “Pemanfaatan teknologi open source dalam pengembangan proses belajar jarak

jauh di perguruan tinggiâ€, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 1(1), 47-57.

Koohang, A., dan Harman, K., 2005, “Open source: a metaphor for e-learningâ€, Informing Science Journal,

(1), 75-86.

Kumar, D., dan Lamba, S.C., 2013, “Open source software evaluation model for learning management systemâ€,

International Journal of Emerging Trends & Technology in Computer Science (IJETTCS), 2(4), 62-72.

Lakhan, S.E., dan Jhunjhunwala, K., 2008, “Academia has adopted open source software for some online

learning initiatives because it addresses persistent technical challengesâ€, Educause Quarterly, 31(2), 3240.

Mumu, J., Prahmana, R.C.I.,dan Tanujaya, B., 2017, “Construction and reconstruction concept in Mathematicsa Instructionâ€, Journal of Physics: Conference Series, 943 (2017) 012011,1-7.

Munir, 2008, “Kurikulum berbasis informasi dan komunikasiâ€, Bandung: Alfabeta.

Ngatmono, D., Riasti, B.K., dan Sasongko, D., 2015, “Membangun sistem operasi mandiri berbasis open source dengan metode remasterâ€, Indonesian Journal on Networking and Security, 4(3), 39-47.

Riduwan, 2011, “Skala pengukuran variabel-variabel penelitianâ€, Bandung: Alfabeta.

Rofiq, M., dan Jatmika, S., 2012, “Aplikasi electronic learning (e-learning) berbasis open source dalam proses belajar mengajar di STMIK Asia Malangâ€, Jurnal JITIKA, 6(1), 52-65.

Sardiman, 2001, “Interaksi dan motivasi belajar mengajarâ€, Jakarta: PT Raja.

Sonnenburg, S., Braun, M.L., Cheng, S.O., Bengio, S., Bottou, L., Holmes, G., Yann, L., Muller, K.R., Pereira, F., Rasmussen, C.E., Ratsch, G., Scholkopf, B., Smola, A., Vincent, P., Weston, J., dan Williamson, R.C., 2007, The need for open source software in Machine Learningâ€, Journal of Machine Learning Research, 8(2007) 443-2466.

Sutrisno, 2012, “Kreatif mengembangkan aktivitas pembelajaran berbasis TIKâ€, Jakarta: Referensi.

Trianto, 2007, “Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistikâ€, Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tanujaya, B, 2017, “Application of assessment as learning in Mathematics Instructionâ€, Proceedings of the 5th

South East Asia Development Research (SEA-DR) International Conference 2017, 140-143.

Widyaningsih, S.W., dan Yusuf, I, 2015, “Penerapan pembelajaran listrik dinamis model kooperatif tipe STAD

menggunakan pendekatan CTL dengan integrasi nilai-nilai karakter terhadap aktivitas dan hasil belajar

peserta didikâ€, Jurnal Pancaran Pendidikan, 4(2), 223-234.

Yusuf, I., dan Subaer, 2013, “Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis media laboratorium virtual

pada materi Dualisme Gelombang Partikel di SMA Tut Wuri Handayani Makassar†Jurnal Pendidikan

IPA Indonesia, 2(2), 189-194.

Yusuf, I., Widyaningsih, S.W., dan Purwati, D., 2015, “Pengembangan perangkat pembelajaran Fisika Modern

berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan Kurikulum 2013â€,

Jurnal Pancaran Pendidikan, 4(2), 189-200.

Downloads

Published

2018-01-01

Issue

Section

Articles