PENGEMBANGAN SIMULASI INTERAKTIF MENGGUNAKAN APLIKASI OPEN SOURCE PADA MATA PELAJARAN FISIKA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PERSEPSI PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v10i1.9486Keywords:
simulasi interaktif, media open source, aktivitas, persepsiAbstract
Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan media simulasi interaktif materi fisika menggunakan aplikasi open source untuk meningkatkan aktivitas dan persepsi belajar peserta didik. Model pengembangan yang digunakan yaitu four-D (4D), yang terdiri atas tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Subjek uji coba yaitu peserta didik kelas XII IPA SMA Tut Wuri Handayani Makassar, Sulawesi Selatan. Instrumen yang digunakan yaitu lembar penilaian media dan materi pembelajaran oleh ahli dan praktisi, lembar observasi aktivitas belajar yang diisi oleh observer selama pembelajaran, dan kuesioner persepsi peserta didik yang diberikan setelah pembelajaran. Teknik analisis deskriptif kuantitatif yang digunakan berupa interpretasi data dari lembar penilaian media, lembar observasi dan kuesioner, sedangkan analisis kualitatif digunakan untuk menyertai dan melengkapi hasil yang diperoleh. Tingkat reliabilitas instrumen penilaian ahli menggunakan percentage of agreements. Tingkat reliabilitas yang diberikan oleh validator dari setiap aspek adalah di atas 75%, yang berari bahwa hasil reliabel. Validasi ahli media, ahli materi dan praktisi menunjukkan hasil yang baik dari setiap komponen penilaian, dan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dibuat dapat diterapkan dalam pembelajaran fisika. Rata-rata aktivitas peserta didik selama proses pembelajaran berada dalam kategori tim baik, tim hebat dan tim super yang menunjukkan bahwa peserta didik responsif terhadap penjelasan guru, aktif dalam pembelajaran, mengemukakan pendapat, memanfaatkan waktu secara efisien dan membangun ide yang logis serta menarik simpulan dengan akurat. Tingkat persepsi peserta didik adalah 92%, artinya peserta didik sangat setuju terhadap pembelajaran fisika berbasis media open source. Pembelajaran berbasis media open source memberi peluang kepada peserta didik untuk bereksplorasi, sehingga media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi open source dapat mendukung proses belajar mengajar.References
Borich, G.D., 2015, “Observation skills for effective teaching: research-based practiceâ€, London dan New York:
Routledge.
Gozali, F., dan Billion, L., 2012, “Pemanfaatan teknologi open source dalam pengembangan proses belajar jarak
jauh di perguruan tinggiâ€, Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 1(1), 47-57.
Koohang, A., dan Harman, K., 2005, “Open source: a metaphor for e-learningâ€, Informing Science Journal,
(1), 75-86.
Kumar, D., dan Lamba, S.C., 2013, “Open source software evaluation model for learning management systemâ€,
International Journal of Emerging Trends & Technology in Computer Science (IJETTCS), 2(4), 62-72.
Lakhan, S.E., dan Jhunjhunwala, K., 2008, “Academia has adopted open source software for some online
learning initiatives because it addresses persistent technical challengesâ€, Educause Quarterly, 31(2), 3240.
Mumu, J., Prahmana, R.C.I.,dan Tanujaya, B., 2017, “Construction and reconstruction concept in Mathematicsa Instructionâ€, Journal of Physics: Conference Series, 943 (2017) 012011,1-7.
Munir, 2008, “Kurikulum berbasis informasi dan komunikasiâ€, Bandung: Alfabeta.
Ngatmono, D., Riasti, B.K., dan Sasongko, D., 2015, “Membangun sistem operasi mandiri berbasis open source dengan metode remasterâ€, Indonesian Journal on Networking and Security, 4(3), 39-47.
Riduwan, 2011, “Skala pengukuran variabel-variabel penelitianâ€, Bandung: Alfabeta.
Rofiq, M., dan Jatmika, S., 2012, “Aplikasi electronic learning (e-learning) berbasis open source dalam proses belajar mengajar di STMIK Asia Malangâ€, Jurnal JITIKA, 6(1), 52-65.
Sardiman, 2001, “Interaksi dan motivasi belajar mengajarâ€, Jakarta: PT Raja.
Sonnenburg, S., Braun, M.L., Cheng, S.O., Bengio, S., Bottou, L., Holmes, G., Yann, L., Muller, K.R., Pereira, F., Rasmussen, C.E., Ratsch, G., Scholkopf, B., Smola, A., Vincent, P., Weston, J., dan Williamson, R.C., 2007, The need for open source software in Machine Learningâ€, Journal of Machine Learning Research, 8(2007) 443-2466.
Sutrisno, 2012, “Kreatif mengembangkan aktivitas pembelajaran berbasis TIKâ€, Jakarta: Referensi.
Trianto, 2007, “Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistikâ€, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Tanujaya, B, 2017, “Application of assessment as learning in Mathematics Instructionâ€, Proceedings of the 5th
South East Asia Development Research (SEA-DR) International Conference 2017, 140-143.
Widyaningsih, S.W., dan Yusuf, I, 2015, “Penerapan pembelajaran listrik dinamis model kooperatif tipe STAD
menggunakan pendekatan CTL dengan integrasi nilai-nilai karakter terhadap aktivitas dan hasil belajar
peserta didikâ€, Jurnal Pancaran Pendidikan, 4(2), 223-234.
Yusuf, I., dan Subaer, 2013, “Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis media laboratorium virtual
pada materi Dualisme Gelombang Partikel di SMA Tut Wuri Handayani Makassar†Jurnal Pendidikan
IPA Indonesia, 2(2), 189-194.
Yusuf, I., Widyaningsih, S.W., dan Purwati, D., 2015, “Pengembangan perangkat pembelajaran Fisika Modern
berbasis media laboratorium virtual berdasarkan paradigma pembelajaran abad 21 dan Kurikulum 2013â€,
Jurnal Pancaran Pendidikan, 4(2), 189-200.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.