PEMANFAATAN MS EXCEL 2010 UNTUK PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK INTERAKTIF TENTANG TRANSFORMASI LORENTZ DALAM POKOK BAHASAN TEORI RELATIVITAS KHUSUS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN FISIKA

Authors

  • Yana Udin SMA Negeri 1 Mawasangka Tengah Jl. Poros Mawasangka-Wamengkoli No. 23, Kel. Lakorua, Mawasangka Tengah Buton Tengah, Sulawesi Tenggara
  • Raden Oktova Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Kampus III, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Yogyakarta 55164
  • Sari Sri Sukmawati Program Magister Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Kampus II, Jl. Pramuka 42 Lt. 3, Yogyakarta 55161

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v9i2.8847

Abstract

Materi  transformasi    Lorentz  dalam  mata  kuliah  Fisika  Modern  S-1  Pendidikan  Fisika  dianggap  bersifat    abstrak  oleh mahasiswa, oleh karena itu diperlukan media interaktif yang praktis untuk belajar secara mandiri materi yang diberikan dosen dalam tatap muka, terutama untuk berlatih soal. Untuk itu dalam penelitian ini dikembangkan media pembelajaran berupa  buku elektronik  menggunakan  MS Excel  2010 pada subpokok bahasan tersebut. Untuk membuat video animasi digunakan  Adobe  Flash  8.0.  Penelitian  ini  dilakukan  dengan  model  pengembangan  ADDIE,  yang  meliputi  langkah- langkah:  analysis  (analisis),  design  (perancangan),  development  (pengembangan),  implementation  (implementasi),  dan evaluation  (evaluasi).  Untuk  mengetahui  kelayakan  buku  elektronik  dilakukan  validasi  melalui  angket oleh  ahli  media (TI),  ahli  materi,  dan  pengguna  mahasiswa.  Tingkat  kelayakan  buku  elektronik  yang  diberikan  oleh  ahli  media,  ahli materi  dan  pengguna  berturut-turut  adalah  sebesar  89,58%,  79,41%,  dan  84,25%.  Dapat  disimpulkan  bahwa  buku elektronik yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.

Kata kunci: buku elektronik, MS Excel 2010, transformasi  Lorentz.

References

Aldoobie, N., 2015, “ADDIE modelâ€, American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68-72.

Anaraki, F., 2004, “Developing an effective and efficient elearning platformâ€, International Journal of the Computer, the Internet and Management, 12(2), 57-63.

Barua, A., 2013, “Methods for decision-making in survey questionnaires based on Likert scaleâ€, Journal of Asian Scientific Research, 3(1), 35-38.

Charmonman, S., Mongkhonvanit, P., dan Kim, M.-J., 2015, “A survey of apps for e-learning 2015†dalam The Twelfth International Conference on eLearning for Knowledge-Based Society, 11-12 December 2015, Thailand, hal. 49.149.4.

Croasmun, J.T., dan Ostrom, L., 2011, “Using Likert-type scales in the social sciencesâ€, Journal of Adult Education, 40(1), 19-22.

Liu, D., Valdiviezo-Díaz, P., Riofrio, G., Sun, Y.-M., dan Barba, R., 2015, “Integration of virtual labs into science elearning,†Procedia Computer Science, 75,

-102.

Muruganantham, G., 2015, “Developing of e-content package by using ADDIE model,†International Journal of Applied Research, 1(3), 52-54.

Nugroho, D.K., 2015, “Pengembangan media pembelajaran fisika SMA Kelas XI menggunakan Microsoft Excel 2010 pada pokok bahasan impuls dan momentumâ€, Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 2(1), 1-5.

Nugraha, Dewanta, dan Wasis, 2014, “Pengembangan media e-book interaktif bilingual pada materi pokok kalor untuk SMA kelas Xâ€. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF),

(1), 1-7.

Restiyowati, Illa, dan Sanjaya, I.G.M., 2012, “Pengembangan e-book interaktif pada materi kimia Semester Genap kelas XIâ€, Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 130-135.

Sari, P., dan Oktova, R., 2010, “Pemanfaatan Web Builder untuk perancangan media pembelajaran online tentang pengaruh rotasi bumi terhadap gerak bandul matematis,â€Berkala Fisika Indonesia, 2(2), 54-63.

Serway, R. A., dan Jewett, J. W., 2014, “Physics for scientists and engineers (ninth edition)â€, Boston, MA: Brooks/Cole.

Uddin, Z., Ahsanuddin, M., dan Khan, D. A., 2017, “Teaching physics using Microsoft Excel,†Physics Education, 52(5), 053001.

Downloads

Published

2017-07-01

Issue

Section

Articles