PEMANFAATAN MS EXCEL 2010 UNTUK PENGEMBANGAN BUKU ELEKTRONIK INTERAKTIF TENTANG TRANSFORMASI LORENTZ DALAM POKOK BAHASAN TEORI RELATIVITAS KHUSUS SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v9i2.8847Abstract
Materi transformasi   Lorentz dalam mata kuliah Fisika Modern S-1 Pendidikan Fisika dianggap bersifat   abstrak oleh mahasiswa, oleh karena itu diperlukan media interaktif yang praktis untuk belajar secara mandiri materi yang diberikan dosen dalam tatap muka, terutama untuk berlatih soal. Untuk itu dalam penelitian ini dikembangkan media pembelajaran berupa buku elektronik menggunakan MS Excel 2010 pada subpokok bahasan tersebut. Untuk membuat video animasi digunakan Adobe Flash 8.0. Penelitian ini dilakukan dengan model pengembangan ADDIE, yang meliputi langkah- langkah: analysis (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Untuk mengetahui kelayakan buku elektronik dilakukan validasi melalui angket oleh ahli media (TI), ahli materi, dan pengguna mahasiswa. Tingkat kelayakan buku elektronik yang diberikan oleh ahli media, ahli materi dan pengguna berturut-turut adalah sebesar 89,58%, 79,41%, dan 84,25%. Dapat disimpulkan bahwa buku elektronik yang dikembangkan sangat layak digunakan sebagai sumber belajar mandiri.
Kata kunci: buku elektronik, MS Excel 2010, transformasi Lorentz.
References
Aldoobie, N., 2015, “ADDIE modelâ€, American International Journal of Contemporary Research, 5(6), 68-72.
Anaraki, F., 2004, “Developing an effective and efficient elearning platformâ€, International Journal of the Computer, the Internet and Management, 12(2), 57-63.
Barua, A., 2013, “Methods for decision-making in survey questionnaires based on Likert scaleâ€, Journal of Asian Scientific Research, 3(1), 35-38.
Charmonman, S., Mongkhonvanit, P., dan Kim, M.-J., 2015, “A survey of apps for e-learning 2015†dalam The Twelfth International Conference on eLearning for Knowledge-Based Society, 11-12 December 2015, Thailand, hal. 49.149.4.
Croasmun, J.T., dan Ostrom, L., 2011, “Using Likert-type scales in the social sciencesâ€, Journal of Adult Education, 40(1), 19-22.
Liu, D., Valdiviezo-DÃaz, P., Riofrio, G., Sun, Y.-M., dan Barba, R., 2015, “Integration of virtual labs into science elearning,†Procedia Computer Science, 75,
-102.
Muruganantham, G., 2015, “Developing of e-content package by using ADDIE model,†International Journal of Applied Research, 1(3), 52-54.
Nugroho, D.K., 2015, “Pengembangan media pembelajaran fisika SMA Kelas XI menggunakan Microsoft Excel 2010 pada pokok bahasan impuls dan momentumâ€, Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 2(1), 1-5.
Nugraha, Dewanta, dan Wasis, 2014, “Pengembangan media e-book interaktif bilingual pada materi pokok kalor untuk SMA kelas Xâ€. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF),
(1), 1-7.
Restiyowati, Illa, dan Sanjaya, I.G.M., 2012, “Pengembangan e-book interaktif pada materi kimia Semester Genap kelas XIâ€, Unesa Journal of Chemical Education, 1(1), 130-135.
Sari, P., dan Oktova, R., 2010, “Pemanfaatan Web Builder untuk perancangan media pembelajaran online tentang pengaruh rotasi bumi terhadap gerak bandul matematis,â€Berkala Fisika Indonesia, 2(2), 54-63.
Serway, R. A., dan Jewett, J. W., 2014, “Physics for scientists and engineers (ninth edition)â€, Boston, MA: Brooks/Cole.
Uddin, Z., Ahsanuddin, M., dan Khan, D. A., 2017, “Teaching physics using Microsoft Excel,†Physics Education, 52(5), 053001.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.