PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMANASAN GLOBAL DENGAN MENGINTEGRASIKAN NILAI KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v9i2.8836Abstract
Bahan ajar fisika SMA  materi pemanasan global pada u mu mnya hanya berisi ringkasan materi dan soal-soal. Selain itu, pada beberapa sekolah pembelajaran dilakukan melalu i presentasi informasi yang diperoleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bahan ajar fisika SMA materi pemanasan global terintegrasi nilai konservasi mengacu pada 3 dari 7 pilar Un iversitasNegeri Semarang (UNNES) konservasi, mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar, dan mengetahui perkembangan karakter rasa ingin tahu setelah siswa menggunakan bahan ajar. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Prosedur penelitian memodifikasi tahap 4D Thiagarajan menjadi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Bahan ajar yang dikembangkan termasuk kategori sangat layak digunakan dan dapat mengembangkan karakter rasa ingin tahu siswa.Â
Kata kunci: bahan ajar, pemanasan global, integrasi nilaikonservasi. Â
References
Departemen Pendidikan Nasional, 2008, “Panduan pengembangan bahan ajarâ€, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Hardati, P.,Setyowati, D. L. N., Wilonoyudho, S., Martuti, N. K. T., dan Uto mo,A. P. Y., 2015, “Pendid ikan konservasiâ€, Semarang: Magnum Pustaka Utama.
Kementrian Pendid ikan Nasional, 2010, “Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsaâ€, Badan Penelitian dan Pengembangan.
Majid, A., 2009, “Perencanaan pembelajaranâ€, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Mulyatiningsih, E., 2014, “Metode penelitian terapan bidang pendidikanâ€, Bandung: Alfabeta.
Permatasari, O. I., Rusilowati,A.,dan Masturi, 2014, “Developing science learn ing materials for junio r h igh school based on way of investigating to improve scientific literacy â€, International Conference on Mathematics, Science, and Education, Semarang, 1-5.
Shepardson, D. P., Niyogi, D., Choi, S.,dan Charusombat, U., 2011,“ Students’ conceptions about the greenhouse effect, global warming, and climate changeâ€, Climatic Change, 104(3-4),481-507.
Sudrajat, A., 2011,“Mengapa pendidikan karakterâ€, Jurnal Pendidikan Karakter, 1 (1), 47-58.
Sumiyadi, Supardi, K. I. dan Masturi, 2015, “Pengembangan perangkat pembelajaran ipa berbasis in kuiri dan berwawasan konservasiâ€, Journal of Innovative Science Education, 4 (1), 1-8.
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.