PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMANASAN GLOBAL DENGAN MENGINTEGRASIKAN NILAI KONSERVASI UNTUK MEMBANGUN

Authors

  • Maria Ulfah
  • Rita Iva Fatmala
  • Diena Shulhu Asysyifa
  • Dwi Yulianti
  • . Masturi

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v9i2.8836

Abstract

Bahan ajar fisika SMA   materi pemanasan global pada u mu mnya hanya berisi ringkasan  materi dan soal-soal. Selain  itu,  pada  beberapa sekolah  pembelajaran  dilakukan  melalu i  presentasi  informasi  yang  diperoleh  siswa. Tujuan  penelitian  ini  adalah  untuk  mendapatkan  bahan  ajar  fisika  SMA  materi  pemanasan global  terintegrasi nilai  konservasi  mengacu  pada  3  dari  7  pilar  Un iversitasNegeri  Semarang  (UNNES)  konservasi,  mengetahui tingkat  kelayakan  bahan  ajar,  dan  mengetahui  perkembangan  karakter  rasa  ingin  tahu  setelah  siswa menggunakan  bahan  ajar.  Metode  penelitian  yang  digunakan  adalah  Research  and  Development.  Prosedur penelitian  memodifikasi tahap 4D  Thiagarajan  menjadi tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Bahan ajar yang dikembangkan termasuk  kategori sangat layak digunakan dan dapat mengembangkan karakter  rasa ingin tahu siswa. 

Kata  kunci: bahan ajar,  pemanasan global, integrasi nilaikonservasi.   

References

Departemen Pendidikan Nasional, 2008, “Panduan pengembangan bahan ajarâ€, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Hardati, P.,Setyowati, D. L. N., Wilonoyudho, S., Martuti, N. K. T., dan Uto mo,A. P. Y., 2015, “Pendid ikan konservasiâ€, Semarang: Magnum Pustaka Utama.

Kementrian Pendid ikan Nasional, 2010, “Pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsaâ€, Badan Penelitian dan Pengembangan.

Majid, A., 2009, “Perencanaan pembelajaranâ€, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyatiningsih, E., 2014, “Metode penelitian terapan bidang pendidikanâ€, Bandung: Alfabeta.

Permatasari, O. I., Rusilowati,A.,dan Masturi, 2014, “Developing science learn ing materials for junio r h igh school based on way of investigating to improve scientific literacy â€, International Conference on Mathematics, Science, and Education, Semarang, 1-5.

Shepardson, D. P., Niyogi, D., Choi, S.,dan Charusombat, U., 2011,“ Students’ conceptions about the greenhouse effect, global warming, and climate changeâ€, Climatic Change, 104(3-4),481-507.

Sudrajat, A., 2011,“Mengapa pendidikan karakterâ€, Jurnal Pendidikan Karakter, 1 (1), 47-58.

Sumiyadi, Supardi, K. I. dan Masturi, 2015, “Pengembangan perangkat pembelajaran ipa berbasis in kuiri dan berwawasan konservasiâ€, Journal of Innovative Science Education, 4 (1), 1-8.

Downloads

Issue

Section

Articles