PENGARUH KEMAMPUAN DASAR MATEMATIKA DAN KEMAMPUAN PENALARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA/FISIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP MUHAMADIYAH MUNTILAN, KABUPATEN MAGELANG, JAWA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v9i1.6660Abstract
Telah dilakukan penelitian korelasional untuk mengetahui pengaruh kemampuan dasar matematika serta kemampuan penalaran terhadap hasil belajar IPA/Fisika. Pengambilan data dilakukan pada bulan September 2010 dengan populasi peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian adalah korelasional dengan instrumen pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dasar matematika dan kemampuan penalaran berpengaruh secara berarti terhadap hasil belajar IPA/Fisika.Kata kunci: kemampuan dasar matematika, penalaran, hasil belajar, IPA/Fisika.
References
Aprilia F., I. R., dan Wilujeng, I., 2015, “Hubungan kemampuan matematis dan kemampuan penalaran dengan prestasi belajar siswa pada pokok bahasan kesetimbangan benda tegarâ€, diakses tanggal 20 November 2016,dari http://www.e-jurnal.com/2015/04/hubungan-kemampuan-matematis-dan.html.
Fitriarsi, K. W., 2001, “Hubungan antara kemampuan numerik, kemampuan berpikir korelasional dan kombinatorial dengan pemahaman konsep gerak dan gaya pada siswa kelas 1 cawu I SMU 5 Yogyakarta tahun ajaran 2000/2001â€, Yogyakarta: UNY.
Hariwijaya, 2005, “Tes intelegensiâ€, Yogyakarta: Andi Offset.
Haryadi, R., dan Pujiastuti, H., 2015, “Pengaruh kemampuan matematis terhadap hasil belajar fisikaâ€, Prosiding SKF 2015, Bandung: Pendidikan Fisika UPI.
Lukyto, T., 2009, “Hubungan antara kemampuan dasar matematika dan kebiasaan belajar peserta didik dengan prestasi belajar fisika pada bab cahaya peserta didik SMP Negeri 3 Ponorogoâ€, Malang: UNM.
Markawi, N., 2003, “Pengaruh keterampilan proses sains, penelaran, pemecahan masalah terhadap hasil belajar fisikaâ€, Jurnal Formatif, 3(1), 11-25.
Meltzer, 2003, “The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: a possible hidden variable in diagnostic pretest scoresâ€, American Journal of Physics, 70(12), 1-42.
Oktaviana, D., Jufrida, dan Darmaji, 2016, “Penerapan rpp berbasis multiple intelligences untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar fisika siswa pada materi kalor dan perpindahan kalor kelas X MIA 4 SMA Negeri 3 Kota Jambiâ€, Jurnal EduFisika, 1(01), 7-12.
Rapar, J. H., 1996, “Pengantar logika: asas-asas penalaran sistematisâ€, Yogyakarta: Kanisius.Rivai, V. H., 2003, “Upaya-Upaya meningkatkan hasil belajar kepemimpinan peserta diklat spamasurvei di Diklat Departemen Kesehatanâ€, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(40). Slameto, 2010, “Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinyaâ€, akarta: Rineka Cipta.
Solso, R. L., 2007, “Psikologi kognitifâ€, Jakarta: Erlangga.
Sudjana, N., 1987, “Penilaian hasil proses belajar mengajarâ€, Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono, 2002, “Metode penelitian administrasiâ€, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2013, “Statistik untuk penelitianâ€, Bandung: Alfabeta.
Suharto, J., 2016, “Korelasi nilai matematika dengan nilai fisika pada peserta didik MAN Cikarang tahun pelajaran 2007-2008â€, dikases 1 November 2016, dari https://www.scribd.com/doc/310367845/Korelasi-NilaiMatematika-Dengan-Nilai-Fisika-Pada-Siswa-Man-Cikarang-Tahun-Pelajaran-2007-2008:
Sukadijo, G., 1999, “Logika dasar tradisional, simbolik dan induktifâ€, Jakarta: Gramedia.
Suriasumantri, J. S., 1984, “Berpikir sistem, konsep penerapan teknologi dan strategi implementasiâ€, Jakarta: Fakultas Pascasarjana IKIP Jakarta.
Thoifuri, 2007, “Menjadi guru inisiatorâ€, Jakarta: Rasail Media Group.
Walgito, B., 1992, “Pengantar psikologi umumâ€, Yogyakarta: Andi Offset.
Wanhar, 2008, “Hubungan antara pemahaman konsep matematika dengan kemampuan menyelesaikan persoalan
matematikaâ€, Jurnal Baruga, 1(3).
Wibowo, U. B., 2008, “Output lembaga pendidikan dalam perspektif ekonomi pendidikanâ€, Jurnal Manajemen
Pendidikan, 02(4), 17-30.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.