SEBUAH KRITIK: ANIMASI FISIKA YANG TIDAK SESUAI FISIKA
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v8i2.5090Abstract
Animasi komputer untuk pembelajaran fisika sangat diminati peserta didik maupun pendidik. Namun demikian, beberapa animasi fisika ternyata mengabaikan kebenaran konsep fisika. Sampel penelitian ini adalah sebuah animasi komersial dan sebuah animasi nonkomersial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa animasi komersial pada waktu tayang 0:11:26 menampilkan animasi gerak roller coaster yang bergerak dengan kelajuan tetap ketika melewati lintasan lingkaran, padahal menurut konsep mekanika semestinya gerak roller coaster tersebut bertambah cepat ketika bergerak turun hingga mencapai kelajuan maksimum ketika berada pada titik terendah dan semakin lambat ketika bergerak ke atas hingga mencapai kelajuan minimum ketika berada di puncak; pada animasi waktu tayang 0:18:26 didapatkan animasi yang menampilkan penggambaran komponen-komponen vektor gaya normal ke arah sumbu-x dan sumbu-y, kemudian ditampilkan penggambaran vektor gaya normal yang tegak lurus terhadap permukaan bidang miring, padahal semestinya animasi menampilkan penggambaran vektor gaya normal yang tegak lurus terhadap permukaan bidang, kemudian ditampilkan penggambaran komponen-komponennya ke arah sumbu-x dan y. Pada animasi nonkomersial didapatkan bahwa benda jatuh ke bawah ditampilkan memiliki kecepatan tetap, semestinya benda akan bergerak dipercepat sebesar percepatan gravitasi. Kesalahan-kesalahan serupa masih banyak ditemukan pada animasi-animasi tersebut. Penelitian ini juga menampilkan contoh langkah-langkah pembuatan animasi fisika agar sesuai dengan konsep fisika melalui Adobe Flash MX. Temuan dari penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan untuk animator-animator agar memperhatikan konsep fisika ketika membuat animasi serta untuk pengguna agar mencermati kebenaran konsepnya.
References
Daluz, C. J. T., 2011, “The effect of interactive media on elementary school childrens’ story memoryâ€, International Journal of Research and Review, 6 (1), 108.
Halliday, D., dan Resnick, R., 1991, “Fisika Jilid 1â€, Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hardiati, N., Suparmi, Cari, dan Sunarno, W., 2004, â€Penggunaan animasi simulasi komputer dan modul LKS ditinjau dari motivasi berprestasi dan kemampuan awal siswaâ€, Prosiding Seminar Nasional Universitas Negeri Yogyakarta, F-305-F-311.
Kristiyanto, W.H., 2004, â€Visual Basic dan desain animasi untuk pembelajaran fisikaâ€, Jurnal Satya Widya, 17 (1), 118.
Kristiyanto, W.H., 2009, â€Perancangan animasi gerak berbasis konsep fisika mekanika dengan menggunakan Microsoft Visual Basic 6.0â€, Salatiga: Penerbit Widya Sari.
Kusyanti, R. N. T., 2013, “Pemahaman konsep siswa setelah menggunakan media pembelajaran animasi fisika yang tidak sesuai fisikaâ€, Berkala Fisika Indonesia, 5(1), 20-24.
Su, K.-D., dan Yeh, S.-C., 2015, “Effective assessments of integrated animations to explore college students’ physics learning performancesâ€, Procedia - Social and Behavioral Sciences, 176, 588–595.
Sumantri, M., dan Permana, J., 2001, â€Strategi belajar mengajarâ€, Bandung: CV. Maulana.
Tchounikine, P., 2011, â€Computer science and educational software designâ€, London: Springer.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.