PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN KOMIK FISIKA UNTUK PESERTA DIDIK SMP/MTs KELAS VII PADA POKOK BAHASAN KALOR

Authors

  • Umi Sulfiah Program Magister Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Kampus II, Jl. Pramuka 42 Lt 3, Yogyakarta 55161
  • Dwi Sulisworo Program Magister Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Kampus II, Jl. Pramuka 42 Lt 3, Yogyakarta 55161

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v8i2.5082

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengembangkan komik fisika berbasis pembelajaran kontekstual yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran fisika yang menarik dan bermakna, serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran tersebut dalam pembelajaran fisika pada pokok bahasan kalor untuk peserta didik SMP/MTs kelas VII. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dan menggunakan desain pengembangan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik di kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Berbah, Kab. Sleman, D.I. Yogyakarta yang berjumlah 25 anak. Alat yang digunakan peneliti untuk memperoleh data adalah (1) lembar penilaian untuk dosen ahli materi yang digunakan untuk menilai kualitas komik fisika berbasis kontekstual yang telah dikembangkan berdasarkan aspek kelayakan isi komik, kelayakan penyajian, aspek kemanfaatan produk, dan aspek kesesuaian dengan basis pembelajaran kontekstual, (2) lembar penilaian untuk dosen ahli media yang digunakan untuk menilai kualitas komik fisika yang telah dikembangkan berdasarkan aspek kebahasaan, aspek penyajian, dan aspek kegrafisan, (3) lembar penilaian untuk guru fisika (ahli materi) yang digunakan untuk menilai kualitas komik fisika yang telah dikembangkan berdasarkan aspek kelayakan isi/materi, kelayakan penyajian, aspek kemanfaatan produk, dan aspek kesesuaian dengan basis pembelajaran kontekstual, (4) lembar penilaian untuk guru TIK (ahli media) yang digunakan untuk menilai kualitas komik fisika yang telah dikembangkan berdasarkan aspek kebahasaan, aspek penyajian, dan aspek kegrafisan, (5) angket respon siswa yang digunakan untuk mengetahui kepraktisan komik fisika berbasis kontekstual. Dalam angket respon ini terdapat lima aspek penilaian komik fisika berbasis kontekstual, yaitu desain dan tampilan komik, komik fisika sebagai media pembelajaran, mendorong keingintahuan, aplikasi konsep, dan komik fisika sebagai alat belajar fisika. Angket respon siswa diberikan setelah mereka menggunakan komik fisika berbasis kontekstual. Selanjutnya dilakukan analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa komik fisika berbasis pembelajaran kontekstual sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran yang menarik dan bermakna.

References

Arikunto, S., 1993, “Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik,†Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A., 2002, “Media pembelajaranâ€, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto, 2010, “Media pembelajaran: Peranannya sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran,†Yogyakarta: Gava Media.

Hadi, W. S. dan Dwijananti, P., 2015, “Pengembangan komik fisika berbasis android sebagai suplemen pokok bahasan radioaktivitas untuk Sekolah Menengah Atasâ€, Unnes Physics Education Journal, 4 (2), 16.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2013, “Buku guru Ilmu Pengetahuan Alam,†Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lin, S. F., dan Lin, H. S., 2016, “Learning nanotechnology with texts and comics: The impacts on students of different achievement levelsâ€, International Journal of Science Education, 38(8), 1373.

Pribadi, B. A., 2009, “Model desain sistem pembelajaran,†Jakarta: Dian Rakyat.

Purwanto, M. N., 2006, “Prinsip-prinsip dan teknik evalusi pengajaran,†Bandung: Remaja Rosdakarya.

Rusman, 2012, “Model-model pembelajaran mengembangkan profesionalisme guru,†Jakarta: Raja Gravindo. Spiegel, A. N., McQuillan, J., Halpin, P., Matuk, C., dan Diamond, J., 2013, “Engaging teenagers with science through comicsâ€, Research in Science Education, 43(6), 2309.

Suharyadi, Permanasari, A., dan Hernani, 2013, “Pengembangan buku ajar berbasis kontekstual pada pokok bahasan asam dan basaâ€, Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1), 61.

Tatalovic, M., 2009, “Science comics as tools for education and communication: A brief, exploratory studyâ€, Journal of Science Communication, 8(4), 1.

Widodo, W., Rachmadiarti, F., dan Hidayati, S.N., 2014, “Buku pegangan guru SMP Kelas 7 Kurikulum 2013 mata pelajaran IPAâ€, Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Yulianti, D., Khanafiyah, S., dan Sulistyorini, S., 2016, “Inquiry-based science comic physics series integrated with character education,†Jurnal Pendidikan IPA Indonesia (Indonesian Journal of Science Education, 5(1), 38.

Downloads

Published

2016-07-01

Issue

Section

Articles