PENINGKATAN MOTIVASI, KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBASIS KUANTUM DI SMA NEGERI 4 MAGELANG, JAWA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v6i1.355Abstract
Telah dilakukan penelitian tindakan kelas tentang upaya peningkatan motivasi, kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika melalui pendekatan kontekstual berbasis kuantum melalui dua siklus pada siswa kelas XI-IPA-2 di SMA Negeri 4 Magelang, Jawa Tengah pada semester gasal tahun pelajaran 2009/2010 dengan melibatkan 34 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pendekatan kontekstual berbasis kuantum memberikan motivasi maksimal kepada siswa sehingga bergairah dalam belajar, di mana siswa termotivasi pada siklus I (75,0 %) dan siklus II (83,3 %), serta dapat menumbuhkan kerjasama yang konstruktif antarsiswa dalam diskusi kelompok, dengan tingkat kerjasama pada siklus I sebesar 72,2 % dan pada siklus II sebesar 89,2 %, (2) pelaksanaan proses belajar siswa menggunakan pendekatan kontekstual
berbasis kuantum dapat berjalan efektif, pada siklus I (70,3 %) dan siklus II (89,0 %), (4) Hasil belajar siswa mencapai penguasaan yang optimal setelah menggunakan pendekatan pembelajaran kontekstual berbasis kuantum, dapat dilihat melalui nilai postes yang telah mencapai ketuntasan belajar pada siklus I (70,6%) dan siklus II (91,2 %).
Kata kunci: motivasi belajar, kerjasama, pembelajaran efektif, hasil belajar fisika, pendekatan kontekstual berbasis kuantum
References
Ampary, G., 1984,â€Soal motivasi belajar, instrukturâ€, Gema TelekomunikasiXVI(188), Bandung: Humas Perumtel.
Bukhori, M.A.F., 2013, “Pembelajaran Fisika dengan Contextual Teaching and Learning (CTL) Melalui Pengalaman Empiris: Kasus Perbedaan Pemahaman Konsep Gerak Melingkar pada Siswa Kelas X di Sma Negeri 4 Magelang, Jawa Tengah“, Berkala Fisika Indonesia5(1), 7.
Depdiknas, 2000, “Pengelolaan Pembelajaran yang Efektifâ€, Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pendidikan Umum.
Depdiknas, 2001, †Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Fisika SMUâ€, Jakarta: Pusat KurikulumDepdiknas.
Depdiknas, 2002, â€Standar Kompetensi Mata Pelajaran Fisika SMAâ€, Jakarta: Pusat Kurikulum.
De Porter, B. dan Hernacki, M., 2005, â€Quantum Learningâ€, Bandung: Kaifa.
De Porter, B. Reardon, M. dan Nourie, S.S., 2003, â€Quantum Teachingâ€, Bandung: Kaifa.
De Porter, B. dan Hernacki, M., 1999, â€Quantum Learningâ€, Bandung: Kaifa.
Fatmawati, A., 2012, â€Efektivitas Pemberian Pretes dan Postes pada Model Pembelajaran CTL sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar tentang Massa Jenisâ€, Berkala Fisika Indonesia4(1 & 2), 43.
Moleong, L.J., 1989, â€Metodologi Penelitian Kualitatifâ€, Bandung: Remaja Karya.
Syah, M., 1995, â€Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baruâ€, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhadi dan Senduk, A.G., 2003, “Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBKâ€, Malang:Universitas Negeri Malang.
Hamalik, O., 2004, â€Proses Belajar Mengajar, Jakartaâ€: Bumi Aksara ,Sardiman, AM, 2005, â€Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajarâ€, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Djamarah, S.B. dan Zain, A., 2002, â€Strategi Belajar Mengajarâ€, Jakarta: Rineka Cipta.
Sanjaya, W., 2008, â€Strategi Pembelajaranâ€, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wlodkowski, R.J. dan Jaynes, J.H., 2004, â€Motivasi Belajarâ€, Terjemahan M. Chairul Annam, Jakarta: Cerdas Pustaka.
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.