STUDI KUALITATIF GAYA BERPIKIR PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH FISIKA

Authors

  • Hartono Bancong Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar Jl. St. Alauddin No. 259 Makassar 90221

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v6i1.354

Abstract

Telah dilakukan penelitian untuk mengetahui profil gaya berpikir peserta didik dalam memecahkan masalah fisika dan menentukan gaya berpikir yang lebih kreatif dalam merencanakan dan menyelesaikan masalah fisika. Penelitian ini dilakukan di MAN Baraka, Kabupaten Enrekang, Sulawesi Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive random sampling. 

Metode pengumpulan data menggunakan kombinasi metode wawancara dan analisis tugas tertulis. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman. Hasil penelitian mendeskripsikan gaya berpikir peserta didik dalam memecahkan masalah fisika yang dijabarkan dengan
mind mapping dan menunjukkan bahwa gaya berpikir acak abstrak lebih kreatif dalam merencanakan dan menyelesaikan masalah fisika di MAN Baraka. 

Kata kunci : gaya berpikir, pemecahan masalah, profil

Author Biography

Hartono Bancong, Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar Jl. St. Alauddin No. 259 Makassar 90221

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar
Jl. St. Alauddin No. 259 Makassar 90221

References

Chatib, M., 2012, “Gurunya manusiaâ€, Bandung: Penerbit Kaifa.

DePorter, B. dan Hernacki, M., 2005, â€Quantum learning“, Bandung: Penerbit Kaifa.

Emzir, 2010. “Metodologi penelitian kualitatif : analisis data“, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Gregorc, A.F., 1982, â€An adult’s guide to styleâ€, Maynard, MA: Gabriel Systems.

Nurdin, 2010, “Profil alur berpikir mahasiswa dalam memecahkan masalah limit berdasarkan langkah-langkah Polyaâ€, Disertasi, tidak diterbitkan, Surabaya : Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

OECD, 2009, “Top of the class high performers in science in PISA 2006 (Online),†www.oecd.org/publishing/corrigenda, diakses pada tanggal 23 September 2012.

OECD, 2010, “PISA 2009 results :what students know and can do - student performance in reading, mathematics and science, Volume I (Online),†www.oecd.org/publishing/corrigenda, diakses pada tanggal 23 September 2012.

Plant, E., 1983, “Problem solving in mathematics,†Teaching and Learning, Institute of Education Singapore, 4(1), 59-65.

Polya, G., 1973, “How to solve it: a new aspect of mathematical methodâ€, Oxford: Princeton University Press.

Silver, E. A., 1997, “Fostering creativity through instruction rich in mathematical problem solving and thinking in problem posing (Online)â€, www.fiz.karlsruhe.de/fiz/publications/zdm, diakses pada tanggal 10 Agustus 2012.

Solso, R.L., 1995, “Cognitive psychologyâ€, Needham Heights, MA: Allyn & Bacon.

Sugiyono, 2011, “Metode penelitian pendidikan : pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & Dâ€, Bandung: Penerbit Alfabeta.

Downloads

Published

2014-01-01

Issue

Section

Articles