PENGARUH PENGGUNAAN METODE LEARNING TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI II MANOKWARI PAPUA BARAT
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v7i2.3398Abstract
Keberhasilan kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal dalam penelitian ini adalah motivasi, sedangkan faktor eksternalnya adalah metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur perbedaan antara prestasi belajar peserta didik sebelum dan setelah digunakannya metode Learning Tournament serta mengukur besar motivasi belajar prestasi didik. Jenis penelitian merupakan pra-eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest. Dalam uji hipotesis dengan parametert diperoleh nilai thitung sebesar 24,61 dengan ttabel sebesar 2,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi peserta didik sebelum dan setelah diterapkannya perlakuan, sehingga pembelajaran menggunakan metode Learning Tournament berpengaruh signifikan terhadap prestasbelajar fisika peserta didik. Pengukuran motivasi belajar peserta didik setelah digunakannya metode Learning Tournament dalam pembelajaran adalah: indikator perhatian sebesar 3,41, relevansi sebesar 3,38,
kepercayaan diri sebesar 3,41 dan kepuasan sebesar 3,89. Rata-rata seluruh indikator sebesar 3,52Â menunjukkan motivasi baik.
References
Bukhori, M. A.F., 2014, “Peningkatan motivasi, kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika
melalui pendekatan kontekstual berbasis kuantum di SMA Negeri 4 Magelang, Jawa Tengahâ€, Berkala Fisika Indonesia, 6(1), 18-28.
Dahar, R.W., 2006, “Teori-teori belajar dan pembelajaranâ€, Jakarta: Erlangga.
Hamdu, G., dan Agustina, L., 2011, “Pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap pestasi belajar IPA di Sekolah Dasarâ€, Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81-86.
Hidayat, N., dan Rahmawati, Y., 2012, “Upaya peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran aktif tipe Learning Tournament pada mata pelajaran matematikaâ€, Jurnal Al-Bidayah, 4(1), 1-20.
Kinanti, P. W., Waluyo, J., dan Hariyadi, S., 2014, “Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan permainan Teka Teki Silang (TTS) untuk meningkatkan motivasi dan
hasil belajar biologi (pokok bahasan Ekosistem di SMP Negeri 14 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013)†Pancaran Pendidikan, 3(1), 27-36.
Lestari, N. N. S., 2012, “Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika bagi siswa Kelas VII SMPâ€, Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(2), 1-21.
Nastiti, G., dan Hinduan, A.A., 2012, “Pembelajaran IPA model integrated untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pokok bahasan Energi di SMP Negeri Purworejo, Jawa Tengahâ€, Berkala Fisika Indonesia, 4(1&2), 1-10.
Nengsih, M., Mukhni, dan Niniwati, 2013, “Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament pada pembelajaran matematika siswa Kelas VII SMPN 5 Koto XI Tarusanâ€, Abstracts Undergraduate, Faculty of Education, Bung Hatta University, 2(1), 1-7.
Patrick, H., Panayota, M., dan Ala, S., 2009, “Motivation for learning science in kindergarten: is there a gender gap and does integrated inquiry and literacy instruction make a differenceâ€, Journal of Research In Science Teaching, 46(2), 166-191.
Sardiman, A.M., dan Purwanto, 2004, “Interaksi dan motivasi belajar mengajarâ€, Jakarta: Raja Grasindo Persada.
Silberman, M. L., 2013, “Active learningâ€, Bandung: Nuansa Cendekia.
Sudaryono, 2012, “Dasar-dasar evaluasi pembelajaranâ€, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Susetiyono dan Hinduan, A.A., 2010, “Penerapan model Syndicate Group untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Zat dan Wujudnya untuk Kelas VII SMPâ€, Berkala Fisika Indonesia, 2(2), 39-53.
Verawati, I., 2010, “Penerapan strategi Learning Tournament untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran SKI di Kelas VIII C MTSN Wonokromo Bantulâ€, Skripsi tidak dipublikasikan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.