PENGARUH PENGGUNAAN METODE LEARNING TOURNAMENT TERHADAP PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI II MANOKWARI PAPUA BARAT
Abstract
t diperoleh nilai thitung sebesar 24,61 dengan ttabel sebesar 2,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi peserta didik sebelum dan setelah diterapkannya perlakuan, sehingga pembelajaran menggunakan metode Learning Tournament berpengaruh signifikan terhadap prestasbelajar fisika peserta didik. Pengukuran motivasi belajar peserta didik setelah digunakannya metode Learning Tournament dalam pembelajaran adalah: indikator perhatian sebesar 3,41, relevansi sebesar 3,38,
kepercayaan diri sebesar 3,41 dan kepuasan sebesar 3,89. Rata-rata seluruh indikator sebesar 3,52Â menunjukkan motivasi baik.
Full Text:
PDFReferences
Bukhori, M. A.F., 2014, “Peningkatan motivasi, kerjasama dan hasil belajar siswa pada pembelajaran fisika
melalui pendekatan kontekstual berbasis kuantum di SMA Negeri 4 Magelang, Jawa Tengahâ€, Berkala Fisika Indonesia, 6(1), 18-28.
Dahar, R.W., 2006, “Teori-teori belajar dan pembelajaranâ€, Jakarta: Erlangga.
Hamdu, G., dan Agustina, L., 2011, “Pengaruh motivasi belajar peserta didik terhadap pestasi belajar IPA di Sekolah Dasarâ€, Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81-86.
Hidayat, N., dan Rahmawati, Y., 2012, “Upaya peningkatan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran aktif tipe Learning Tournament pada mata pelajaran matematikaâ€, Jurnal Al-Bidayah, 4(1), 1-20.
Kinanti, P. W., Waluyo, J., dan Hariyadi, S., 2014, “Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan permainan Teka Teki Silang (TTS) untuk meningkatkan motivasi dan
hasil belajar biologi (pokok bahasan Ekosistem di SMP Negeri 14 Jember Tahun Pelajaran 2012/2013)†Pancaran Pendidikan, 3(1), 27-36.
Lestari, N. N. S., 2012, “Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah (problem-based learning) dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar fisika bagi siswa Kelas VII SMPâ€, Jurnal Teknologi Pembelajaran, 1(2), 1-21.
Nastiti, G., dan Hinduan, A.A., 2012, “Pembelajaran IPA model integrated untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada pokok bahasan Energi di SMP Negeri Purworejo, Jawa Tengahâ€, Berkala Fisika Indonesia, 4(1&2), 1-10.
Nengsih, M., Mukhni, dan Niniwati, 2013, “Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament pada pembelajaran matematika siswa Kelas VII SMPN 5 Koto XI Tarusanâ€, Abstracts Undergraduate, Faculty of Education, Bung Hatta University, 2(1), 1-7.
Patrick, H., Panayota, M., dan Ala, S., 2009, “Motivation for learning science in kindergarten: is there a gender gap and does integrated inquiry and literacy instruction make a differenceâ€, Journal of Research In Science Teaching, 46(2), 166-191.
Sardiman, A.M., dan Purwanto, 2004, “Interaksi dan motivasi belajar mengajarâ€, Jakarta: Raja Grasindo Persada.
Silberman, M. L., 2013, “Active learningâ€, Bandung: Nuansa Cendekia.
Sudaryono, 2012, “Dasar-dasar evaluasi pembelajaranâ€, Yogyakarta: Graha Ilmu.
Susetiyono dan Hinduan, A.A., 2010, “Penerapan model Syndicate Group untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Zat dan Wujudnya untuk Kelas VII SMPâ€, Berkala Fisika Indonesia, 2(2), 39-53.
Verawati, I., 2010, “Penerapan strategi Learning Tournament untuk meningkatkan motivasi dan keaktifan peserta didik dalam pembelajaran SKI di Kelas VIII C MTSN Wonokromo Bantulâ€, Skripsi tidak dipublikasikan, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v7i2.3398
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Universitas Ahmad Dahlan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya
Kampus 2 Universitas Ahmad Dahlan
Jalan Pramuka No. 42, Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta - 55161
Telp. (0274) 563515, ext. 4902; Fax. (0274) 564604
Email: bfi@mpfis.uad.ac.id
p-ISSN: 2085-0409 | e-ISSN: 2550-0465