Pengembangan modul pembelajaran tentang efek zeeman pada mata kuliah fisika atom dan inti untuk S-1 Pendidikan Fisika
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v14i2.26589Keywords:
Fisika atom dan inti, Modul pembelajaran, Efek Zeeman, Model ADDIEAbstract
Fisika Atom dan Inti merupakan salah satu mata kuliah penting dan menarik pada program studi S-1 Pendidikan Fisika, namun proses pembelajaran belum optimal karena mahasiswa kesulitan untuk memahami materi yang abstrak, termasuk efek Zeeman. Oleh karena itu, media pembelajaran diperlukan sebagai alat bantu pembelajaran, dan salah satu jenis media pembelajaran yang menarik dan praktis adalah modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran tentang efek Zeeman yang layak digunakan untuk menunjang pembelajaran, dan untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Untuk mengetahui kelayakan modul dilakukan validasi melalui angket oleh dua orang dosen ahli materi. Tingkat kelayakan rata-rata adalah berturut-turut sebesar 87,48%, dengan kategori sangat layak. Setelah uji kelayakan, modul pembelajaran dibagikan dalam bentuk file pdf dan dilakukan uji kepuasan pengguna kepada 22 orang mahasiswa sebagai sampel pengguna. Dari uji kepuasan pengguna diperoleh tingkat kepuasan pengguna sebesar 84,71%, termasuk kategori sangat memuaskan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.