Pengembangan modul pembelajaran tentang efek zeeman pada mata kuliah fisika atom dan inti untuk S-1 Pendidikan Fisika

Authors

  • Raden Oktova Universitas Ahmad Dahlan
  • Inggrit Khasanah Mega Octaviana Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v14i2.26589

Keywords:

Fisika atom dan inti, Modul pembelajaran, Efek Zeeman, Model ADDIE

Abstract

Fisika Atom dan Inti merupakan salah satu mata kuliah penting dan menarik pada program studi S-1 Pendidikan Fisika, namun proses pembelajaran belum optimal karena mahasiswa kesulitan untuk memahami materi yang abstrak, termasuk efek Zeeman. Oleh karena itu, media pembelajaran diperlukan sebagai alat bantu pembelajaran, dan salah satu jenis media pembelajaran yang menarik dan praktis adalah modul. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran tentang efek Zeeman yang layak digunakan untuk menunjang pembelajaran, dan untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Untuk mengetahui kelayakan modul dilakukan validasi melalui angket oleh dua orang dosen ahli materi. Tingkat kelayakan rata-rata adalah berturut-turut sebesar 87,48%, dengan kategori sangat layak. Setelah uji kelayakan, modul pembelajaran dibagikan dalam bentuk file pdf dan dilakukan uji kepuasan pengguna kepada 22 orang mahasiswa sebagai sampel pengguna. Dari uji kepuasan pengguna diperoleh tingkat kepuasan pengguna sebesar 84,71%, termasuk kategori sangat memuaskan.

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles