Pengembangan video pembelajaran online tentang Efek Fotolistrik menggunakan Sparkol Videoscribe pada mata kuliah Fisika Modern
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v14i1.25024Keywords:
Fisika Modern, Efek fotolistrik, Sparkol Videoscribe, ADDIE, YouTubeAbstract
Mahasiswa membutuhkan bantuan pemahaman konsep-konsep abstrak dalam mata kuliah Fisika Modern, termasuk Efek Fotolistrik. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran sebagai sarana pembelajaran, dan salah satu jenis media pembelajaran yang menarik dan inovatif adalah video yang dikembangkan dengan menggunakan Sparkol Videoscribe. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran online tentang Efek Fotolistrik dengan Sparkol Videoscribe yang layak digunakan untuk mendukung pembelajaran dan untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi dilakukan menggunakan angket oleh ahli materi dan media untuk mengetahui kelayakan video. Rata-rata tingkat kelayakan yang diberikan oleh ahli materi dan media masing-masing sebesar 83,33% dan 91,11% dengan kategori sangat layak. Setelah dilakukan uji kelayakan media, video pembelajaran yang dikembangkan diunggah ke situs YouTube untuk memudahkan penggunaan media pembelajaran. Uji kepuasan pengguna dilakukan pada 24 siswa sebagai sampel pengguna. Hasil uji kepuasan pengguna diperoleh tingkat kepuasan pengguna sebesar 89,77% dengan kategori sangat memuaskan.
References
Abdurrahman, Liliasari, Rusli, A., & Waldrip, B. (2011). Implementasi pembelajaran berbasis multi representasi untuk peningkatan penguasaan konsep fisika kuantum. J. Cakrawala Pendidik., XXX(1), 30–45. https://doi.org/ 10.21831/cp.v1i1.4189
Aldoobie, N. (2015). ADDIE model, Am. Int. J. Contemp., 5(6), 68–72. http://www.aijcrnet.com/journal/index/969
Al Munawwarah, R. (2019). Sparkol Videoscribe sebagai media pembelajaran, J. Inspiratif Pendidik., 5(2), 430–437
Belawati, T. (2020). Pembelajaran Online (Edisi 2). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Croasmun, J. T., & Ostrom, L. (2011). Using Likert-type scales in the social sciences. Journal of Adult Education, 40(1), 19–22
Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan video pembelajaran matematika berbantuan aplikasi Sparkol Videoscribe, J. Gantang, 4(2),177–182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369
Jannah, M., Harijanto, A., & Yushardi (2019). Aplikasi media pembelajaran fisika berbasis Sparkol Videoscribe pada pokok bahasan Suhu dan Kalor terhadap hasil belajar siswa SMK, J. Pembelajaran Fis., 8(2), 65–72. https://doi.org/10.19184/jpf.v8i2.11140
Liu, L., Chang, B., Li, W., Qian, Y., Fu, R., & Zhong, Z. (2002). Visual range of low light level night vision goggle for drivers, Proceedings of the SPIE, Volume 4919, p. 332-338. https://doi.org/10.1117/12.465652
Mulyati, R. M., Yulianto, A. & Astuti, B. (2018). Miskonsepsi mahasiswa Pendidikan Fisika pada materi efek fotolistrik. J. Phenom., 08(1), 36–45
Mustofa, A., & Oktova, R. (2022). Pengembangan modul pembelajaran tentang teori hamburan sebagai bahan pengayaan pada mata kuliah Mekanika Kuantum untuk mahasiswa Pendidikan Fisika S-1. Berkala Fisika Indonesia: Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya, 13(2), 1–8. https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v13i2.23680
Oktova, R., Hijjiyana, S., & Hidayatuloh, S. (2018). Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah Fisika Atom dan Inti pada pokok bahasan reaksi inti untuk mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 2(8), 58–64.
Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe: inovasi pada perkuliahan Sejarah Matematika, Prima J. Pendidik. Mat., 2(2), 127. https://doi.org/ 10.31000/prima.v2i2.705
Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran Fisika menggunakan Sparkol Videoscribe, Indones. J. Sci. Math. Educ., 2(3), 303–309. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355
Purwandari, E. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai sumber belajar fisika, Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2), 83-90. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i2.810
Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Janitra, P. A. (2018). Potensi YouTube sebagai media edukasi bagi anak muda, Edulib, 8(1), 81–98. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.11267.g7280
Sari, P., & Oktova, R. (2010). Pengaruh rotasi bumi terhadap gerak bandul matematis: kajian teoretis dan perancangan media pembelajaran online dengan Web Builder, Berk. Fis. Indones., 2(2), 54–63. http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v2i2.229
Spagnolo, G. S., Leccese, F., & Leccisi, M. (2019). LED as transmitter and receiver of light: A simple tool to demonstration photoelectric effect, Crystals, 9(10), 1–17. https://doi.org/10.3390/cryst9100531
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Cetakan ke-4. Bandung: Alfabeta.
Suprapto, N., & Yunita, E. (2021). Analisis kelayakan video pembelajaran fisika berbasis platform YouTube pada materi Usaha dan Energi, Inovasi Pendidikan Fisika,10(1), 21–31.
Veronica, R., Gunawan, G., Harjono, A., & ’Ardhuha, J. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan konflik kognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah momentum dan impuls peserta didik. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 1(4), 167–173. https://journal.publication-center.com/index.php/ijast/article/view/587
Widyawati, W., Saehana, S. & Wahyono, U. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis e-Learning pada mata kuliah Fisika Modern. J. Pendidik. Fis. Tadulako Online, 6(1). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/10016
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.