Pengembangan video pembelajaran online tentang Efek Fotolistrik menggunakan Sparkol Videoscribe pada mata kuliah Fisika Modern

Authors

  • Raden Oktova Universitas Ahmad Dahlan
  • Panji Waloyo Jati Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v14i1.25024

Keywords:

Fisika Modern, Efek fotolistrik, Sparkol Videoscribe, ADDIE, YouTube

Abstract

Mahasiswa membutuhkan bantuan pemahaman konsep-konsep abstrak dalam mata kuliah Fisika Modern, termasuk Efek Fotolistrik. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran sebagai sarana pembelajaran, dan salah satu jenis media pembelajaran yang menarik dan inovatif adalah video yang dikembangkan dengan menggunakan Sparkol Videoscribe. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video pembelajaran online tentang Efek Fotolistrik dengan Sparkol Videoscribe yang layak digunakan untuk mendukung pembelajaran dan untuk mengetahui kepuasan pengguna terhadap video pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Validasi dilakukan menggunakan angket oleh ahli materi dan media untuk mengetahui kelayakan video. Rata-rata tingkat kelayakan yang diberikan oleh ahli materi dan media masing-masing sebesar 83,33% dan 91,11% dengan kategori sangat layak. Setelah dilakukan uji kelayakan media, video pembelajaran yang dikembangkan diunggah ke situs YouTube untuk memudahkan penggunaan media pembelajaran. Uji kepuasan pengguna dilakukan pada 24 siswa sebagai sampel pengguna. Hasil uji kepuasan pengguna diperoleh tingkat kepuasan pengguna sebesar 89,77% dengan kategori sangat memuaskan.

References

Abdurrahman, Liliasari, Rusli, A., & Waldrip, B. (2011). Implementasi pembelajaran berbasis multi representasi untuk peningkatan penguasaan konsep fisika kuantum. J. Cakrawala Pendidik., XXX(1), 30–45. https://doi.org/ 10.21831/cp.v1i1.4189

Aldoobie, N. (2015). ADDIE model, Am. Int. J. Contemp., 5(6), 68–72. http://www.aijcrnet.com/journal/index/969

Al Munawwarah, R. (2019). Sparkol Videoscribe sebagai media pembelajaran, J. Inspiratif Pendidik., 5(2), 430–437

Belawati, T. (2020). Pembelajaran Online (Edisi 2). Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Croasmun, J. T., & Ostrom, L. (2011). Using Likert-type scales in the social sciences. Journal of Adult Education, 40(1), 19–22

Fadillah, A., & Bilda, W. (2019). Pengembangan video pembelajaran matematika berbantuan aplikasi Sparkol Videoscribe, J. Gantang, 4(2),177–182. https://doi.org/10.31629/jg.v4i2.1369

Jannah, M., Harijanto, A., & Yushardi (2019). Aplikasi media pembelajaran fisika berbasis Sparkol Videoscribe pada pokok bahasan Suhu dan Kalor terhadap hasil belajar siswa SMK, J. Pembelajaran Fis., 8(2), 65–72. https://doi.org/10.19184/jpf.v8i2.11140

Liu, L., Chang, B., Li, W., Qian, Y., Fu, R., & Zhong, Z. (2002). Visual range of low light level night vision goggle for drivers, Proceedings of the SPIE, Volume 4919, p. 332-338. https://doi.org/10.1117/12.465652

Mulyati, R. M., Yulianto, A. & Astuti, B. (2018). Miskonsepsi mahasiswa Pendidikan Fisika pada materi efek fotolistrik. J. Phenom., 08(1), 36–45

Mustofa, A., & Oktova, R. (2022). Pengembangan modul pembelajaran tentang teori hamburan sebagai bahan pengayaan pada mata kuliah Mekanika Kuantum untuk mahasiswa Pendidikan Fisika S-1. Berkala Fisika Indonesia: Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya, 13(2), 1–8. https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v13i2.23680

Oktova, R., Hijjiyana, S., & Hidayatuloh, S. (2018). Pengembangan modul pembelajaran mata kuliah Fisika Atom dan Inti pada pokok bahasan reaksi inti untuk mahasiswa S-1 Pendidikan Fisika. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 2(8), 58–64.

Pamungkas, A. S., Ihsanudin, I., Novaliyosi, N., & Yandari, I. A. V. (2018). Video pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe: inovasi pada perkuliahan Sejarah Matematika, Prima J. Pendidik. Mat., 2(2), 127. https://doi.org/ 10.31000/prima.v2i2.705

Pratiwi, E. D., Latifah, S., & Mustari, M. (2019). Pengembangan media pembelajaran Fisika menggunakan Sparkol Videoscribe, Indones. J. Sci. Math. Educ., 2(3), 303–309. https://doi.org/10.24042/ijsme.v2i3.4355

Purwandari, E. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai sumber belajar fisika, Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(2), 83-90. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i2.810

Rahmawan, D., Mahameruaji, J. N., & Janitra, P. A. (2018). Potensi YouTube sebagai media edukasi bagi anak muda, Edulib, 8(1), 81–98. https://doi.org/10.17509/edulib.v8i1.11267.g7280

Sari, P., & Oktova, R. (2010). Pengaruh rotasi bumi terhadap gerak bandul matematis: kajian teoretis dan perancangan media pembelajaran online dengan Web Builder, Berk. Fis. Indones., 2(2), 54–63. http://dx.doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v2i2.229

Spagnolo, G. S., Leccese, F., & Leccisi, M. (2019). LED as transmitter and receiver of light: A simple tool to demonstration photoelectric effect, Crystals, 9(10), 1–17. https://doi.org/10.3390/cryst9100531

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Cetakan ke-4. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, N., & Yunita, E. (2021). Analisis kelayakan video pembelajaran fisika berbasis platform YouTube pada materi Usaha dan Energi, Inovasi Pendidikan Fisika,10(1), 21–31.

Veronica, R., Gunawan, G., Harjono, A., & ’Ardhuha, J. (2020). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan konflik kognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah momentum dan impuls peserta didik. Indonesian Journal of Applied Science and Technology, 1(4), 167–173. https://journal.publication-center.com/index.php/ijast/article/view/587

Widyawati, W., Saehana, S. & Wahyono, U. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis e-Learning pada mata kuliah Fisika Modern. J. Pendidik. Fis. Tadulako Online, 6(1). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/EPFT/article/view/10016

Downloads

Published

2023-01-17

Issue

Section

Articles