PEMAHAMAN KONSEP SISWA SETELAH MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI FISIKA YANG TIDAK SESUAI FISIKA

Authors

  • Rita Nunung Tri Kusyanti SMA N 1 Tempel, Sleman, Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v5i1.246

Keywords:

media animasi fisika yang tidak sesuai fisika, pemahaman konsep

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan mendeskripsikan pemahaman konsep yang dimiliki siswa setelah
mengikuti pembelajaran menggunakan media animasi fisika tetapi tidak sesuai fisika. Metode penelitian yang
digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah siswa kelas X
sebuah SMA di Kab. Sleman yang dipilih secara acak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 10%
siswa untuk topik Gaya Gesekan dan 30% siswa untuk topik Gaya Sentripetal mengalami penurunan
pemahaman konsep setelah mengikuti pembelajaran menggunakan media animasi fisika yang tidak sesuai
fisika. Pada topik Gaya Gesekan, siswa kurang memahami dengan baik adanya gaya gesekan statis pada benda yang diam, N f statis, , titik kerja dan arah gaya gesekan. Pada topik Gaya Sentripetal, dan menganggap bahwa gaya sentripetal merupakan lintasan lingkaran itu sendiri, gaya sentripetal adalah gaya yang muncul tersendiri dan tidak memahami bahwa gaya sentripetal adalah julukan atau aliasuntuk gayagaya yang merupakan penyebab gerak melingkar. Selain itu siswa juga mengalami kekeliruan dalam memahami konsep munculnya gaya normal. Dapat disimpulkan bahwa media animasi yang diharapkan dapat
membantu peningkatan pemahaman konsep justru malah dapat menjerumuskan siswa jika isi dari animasi
tidak sesuai dengan konsep yang benar.

Downloads

Published

2013-01-02

Issue

Section

Articles