PEMBELAJARAN IPA MODEL INTEGRATED UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN ENERGI DI SMP NEGERI PURWOREJO, JAWA TENGAH

Authors

  • Gemi Nastiti SMP Negeri 28, Wareng, Butuh, Purworejo, Jawa Tengah
  • Achmad A. Hinduan Program Magister Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Kampus II, Jl. Pramuka 42 Lt. 3, Telp. (0274) 563515 ext. 2302, Yogyakarta 55161

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v4i1%20&%202.234

Keywords:

pembelajaran IPA, model integrated, motivasi, hasil belajar

Abstract

Telah dilakukan penelitian  yang  bertujuan  untuk  mengetahui peran IPA model  integrated  dalam  meningkatkan motivasi  dan  hasil belajar  peserta didik,  serta untuk  mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan  pembelajaran    IPA  model  integrated  pada pokok bahasan energi.  Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental   semu dengan subjek penelitian  siswa kelas VIII SMP N 28 Purworejo, Jawa Tengah, dengan sampel sebanyak 2 kelas,  yaitu kelas VIII E sebanyak 32 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII F sebanyak 32 orang sebagai kelompok kontrol. Alat ukur penelitian berupa  soal dan kuesioner yang sudah diuji  validitas dan reliabilitasnya. Teknik  analisis yang digunakan adalah uji beda, yaitu    independent sample t test  dan  paired sample t   test.  Hasil uji beda kemampuan awal kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan  tidak ada perbedaan signifikan skor pretes  antara kelompok eksperimen dan kontrol,  sedang hasil uji beda  postes  dan  pretes  kelompok eksperimen dan kelompok kontrol  menunjukkan  terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai  postes  dan rata-rata nilai  pretes  kelompok eksperimen.  Pada kelompok kontrol juga terjadi perbedaan yang signifikan rata-rata nilai  postes  dan rata-rata nilai  pretes,  sehingga   untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran IPA  model integrated terhadap hasil belajar IPA digunakan uji beda rata -rata indeks  peningkatan  (gain index)  kedua kelompok. Indeks  peningkatan  rata-rata kelompok eksperimen menunjukkan  bahwa  penerapan pembelajaran IPA  model  integrated  dapat  meningkatkan hasil belajar IPA.Ternyata  indeks  peningkatan   motivasi kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran IPA  model integrated  lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan indeks  peningkatan  motivasi dari kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA model  integrated  pada pokok bahasan energi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar di SMP Negeri Purworejo.

Author Biography

Gemi Nastiti, SMP Negeri 28, Wareng, Butuh, Purworejo, Jawa Tengah

Program Magister Pendidikan Fisika, Program PascasarjanaUniversitas Ahmad Dahlan YogyakartaKampus II, Jl. Pramuka 42 Lt. 3, Telp. (0274) 563515 ext. 2302, Yogyakarta 55161

Downloads

Published

2013-04-01

Issue

Section

Articles