PEMBELAJARAN IPA MODEL INTEGRATED UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN ENERGI DI SMP NEGERI PURWOREJO, JAWA TENGAH
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v4i1%20&%202.234Keywords:
pembelajaran IPA, model integrated, motivasi, hasil belajarAbstract
Telah dilakukan penelitian  yang  bertujuan  untuk  mengetahui peran IPA model  integrated  dalam  meningkatkan motivasi  dan  hasil belajar  peserta didik,  serta untuk  mengetahui kendala-kendala yang dihadapi guru dalam melaksanakan  pembelajaran   IPA  model  integrated  pada pokok bahasan energi.  Penelitian ini termasuk penelitian eksperimental  semu dengan subjek penelitian  siswa kelas VIII SMP N 28 Purworejo, Jawa Tengah, dengan sampel sebanyak 2 kelas,  yaitu kelas VIII E sebanyak 32 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII F sebanyak 32 orang sebagai kelompok kontrol. Alat ukur penelitian berupa  soal dan kuesioner yang sudah diuji  validitas dan reliabilitasnya. Teknik  analisis yang digunakan adalah uji beda, yaitu   independent sample t test  dan  paired sample t  test.  Hasil uji beda kemampuan awal kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan  tidak ada perbedaan signifikan skor pretes  antara kelompok eksperimen dan kontrol,  sedang hasil uji beda  postes  dan  pretes  kelompok eksperimen dan kelompok kontrol  menunjukkan  terdapat perbedaan yang signifikan rata-rata nilai  postes  dan rata-rata nilai  pretes  kelompok eksperimen.  Pada kelompok kontrol juga terjadi perbedaan yang signifikan rata-rata nilai  postes  dan rata-rata nilai  pretes,  sehingga  untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran IPA  model integrated terhadap hasil belajar IPA digunakan uji beda rata -rata indeks  peningkatan  (gain index)  kedua kelompok. Indeks  peningkatan  rata-rata kelompok eksperimen menunjukkan  bahwa  penerapan pembelajaran IPA  model  integrated  dapat  meningkatkan hasil belajar IPA.Ternyata  indeks  peningkatan  motivasi kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran IPA  model integrated  lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan indeks  peningkatan  motivasi dari kelompok kontrol. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA model  integrated  pada pokok bahasan energi dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar di SMP Negeri Purworejo.Downloads
Published
2013-04-01
Issue
Section
Articles
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.