Pengembangan bahan ajar e-learning berbasis edmodo pada materi elastisitas dan hukum Hooke untuk peserta didik SMA
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v11i2.20351Keywords:
E-Learning, Edmodo, Media pembelajaran, Penelitian pengembanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar pembelajaran menggunakan edmodo pada materi elastisitas dan hukum. Penelitian ini menggunakaan model pengembangan 4-D. Hasil validasi dan respon siswa dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis menggunakan teknik persentase. Penelitian dilaksanakan di SMA N 9 Merangin, dengan subyek yang terlibat berasal dari siswa kelas XI IPA. Persentase rata-rata LKPD yang dikembangkan sebesar 99,76% (sangat baik). Respon siswa terhadap aspek desain atau penyajian bahan ajar mendapatkan 96% (sangat baik), aspek isi materi 95% (sangat baik), dan aspek kebahasaan mendapatkan 97,50% (sangat baik). Jadi, E-Learning berbasis edmodo layak digunakan sebagai sebagai bahan ajar.
References
Afnan. (2018). Penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan hasil belajar fisika. MADANIA: Jurnal-Jurnal Keislaman, 8(1), 21–52.
BSNP. (2010). Paradigma pendidikan nasional abad XXI. Jakarta: BSNP.
Dewi, N. A. K., & Riswanto, R. (2019). Analisis penerapan strategi pembelajaran ekspositori terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 6(1), 17–22.
Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo Pada Mata Kuliah Fisika Dasar di Program Studi Pendidikan IPA. JNSI: Journal of Natural Science and Integration, 2(1), 19–33.
Kustijono, R., & HM, E. W. (2014). Pandangan guru terhadap pelaksanaan kurikulum 2013 dalam pembelajaran fisika SMK di kota Surabaya. Jurnal Pendidikan Fisika dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 1–14.
Nurahman, A., Widodo, W., Ishafit, I., & Saulon, B. O. (2019). The development of worksheet based on guided discovery learning method helped by PhET simulations interactive media in newton’s laws of motion to improve learning outcomes and interest of vocational education 10th grade students. Indonesian Review of Physics, 1(2), 37–41.
Pasaribu, A. (2017). Implementasi manajemen berbasis sekolah dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional di madrasah. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 12–34.
Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Raisal, A. Y., & Suwondo, N. (2019). Effectiveness of active learning method quiz team type on student learning outcomes in subject ohm law in SMA Negeri 1 Pundong. Indonesian Review of Physics, 1(2), 33–36.
Sampurno, P. J., Maulidiyah, R., & Puspitaningrum, H. Z. (2015). Implementasi kurikulum 2013: MOODLE (Modular Object Oriented Dynamic Learning Environment) dalam pembelajaran fisika melalui lembar kerja siswa pada materi optik di SMA. Jurnal Fisika Indonesia, XIX(55), 54–58.
Susilawati, S., Ishafit, I., & Setyawati, E. (2019). Development student worksheet in the topic of regular circular motion with blended learning based edmodo as learning motivations for student. Indonesian Review of Physics, 2(2), 28–33.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of expectional children. Indiana: University of Minnesota.
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Profresif. Jakarta: Kencana.
Utami, N. P. N. N., Santyasa, I. W., & Suswandi, I. (2018). The influence of blended learning model based on problems of physical learning achievements by students of class X science in SMA 6 Denpasar academic year 2017/2018. Indonesian Review of Physics, 1(1), 1–6.
Wiyono, K. (2015). Pengembangan model pembelajaran fisika berbasis ICT pada implementasi kurikulum 2013. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(2), 123–131.
Zainudin, & Pambudi, B. (2019). Efektifitas penerapan perangkat pembelajaran fisika dasar berbasis keterampilan berpikir kritis menggunakan aplikasi edmodo berplatform android. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 17–26.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.