Lembar kerja peserta didik dengan konsep TPACK pada pokok bahasan gelombang stasioner dan gelombang berjalan
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v11i1.20343Keywords:
LKPD, TPACK, penelitian pengembangan, model 4-DAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik dengan menggunakan konsep technologicalpedagogical and content knowledge. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengadopsi model 4-D. Tahapan pengembangan meliputi Define, Design, Development, dan Dissemination. Penelitian dilaksanakan pada bulan april 2019 dan melibatkan siswa kelas XI MIPA di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta sebagai subyek. Data dikumpulkan menggunakan lembar angket validasi ahli media, ahli materi, dan juga respon siswa. Instrumen menggunakan skala jenis likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa lembar kegiatan peserta didik berbasis TPACK valid dan mendapat respon yang baik dari guru dan siswa.
References
Alawiyah, F. (2013). Peran guru dalam kurikulum 2013. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(1), 65-74.
Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis keterampilan proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 350-357.
Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88-92.
Fitriani, W., Bakri, F., & Sunaryo, S. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) fisika untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skill) siswa SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 36-42.
Gorbi Irawan, A., Nyoman Padmadewi, N., & Putu Artini, L. (2018). Instructional materials development through 4D model. SHS Web of Conferences, 42, 00086.
Haryati, S. (2012). Research and development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 11-26.
Kadi, T., Awwaliyah, R., Nurul, U., & Paiton, J. (2017). Inovasi pendidikan: Upaya penyelesaian. Jurnal Islam Nusantara, 01(02), 144-155.
Lin, T. C., Tsai, C. C., Chai, C. S., & Lee, M. H. (2013). Identifying science teachers' perceptions of technological pedagogical and content knowledge (TPACK). Journal of Science Education and Technology, 22(3), 325-336.
Nur, D., & Putri, P. (2013). Peran kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo
Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015). Studi pelaksanaan pembelajaran fisika berbasis higher order thinking (HOTS). In Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6, 104-112.
Rosenberg, J. M., & Koehler, M. J. (2015). Context and technological pedagogical content knowledge (TPACK): A systematic review. Journal of Research on Technology in Education, 47(3), 186-210.
Rosyid, A. (2017). Technological pedagogical content knowledge: Sebuah kerangka pengetahuan bagi guru Indonesia di era MEA. in Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 446-454.
Usmeldi. (2015). Pengembangan lembar kerja siswa dalam pembelajaran fisika berbasis riset di SMAN 1 Padang. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal ), IV, 185-190.
Wahyudi, B. S., Hariyadi, S., & Hariani, S. A. (2014). Pengembangan bahan ajar berbasis model problem based learning pada pokok bahasan pencemaran lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Grujugan Bondowoso. Pancaran, 3(3), 83-92.
Wardani, D. L., Degeng, I. N. S., & Cholid, A. (2019). Developing interactive multimedia model 4D for teaching natural science subject. International Journal of Education and Research, 7(1), 63-72.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.