Lembar kerja peserta didik dengan konsep TPACK pada pokok bahasan gelombang stasioner dan gelombang berjalan

Authors

  • Rosynanda Nur Fauziah Universitas Ahmad Dahlan
  • Dwi Sulisworo Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v11i1.20343

Keywords:

LKPD, TPACK, penelitian pengembangan, model 4-D

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan lembar kerja peserta didik dengan menggunakan konsep technologicalpedagogical and content knowledge. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan mengadopsi model 4-D. Tahapan pengembangan meliputi Define, Design, Development, dan Dissemination. Penelitian dilaksanakan pada bulan april 2019 dan melibatkan siswa kelas XI MIPA di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta sebagai subyek. Data dikumpulkan menggunakan lembar angket validasi ahli media, ahli materi, dan juga respon siswa. Instrumen menggunakan skala jenis likert. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil pengembangan menunjukkan bahwa lembar kegiatan peserta didik berbasis TPACK valid dan mendapat respon yang baik dari guru dan siswa.

References

Alawiyah, F. (2013). Peran guru dalam kurikulum 2013. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(1), 65-74.

Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis keterampilan proses di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 350-357.

Astuti, Y., & Setiawan, B. (2013). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan inkuiri terbimbing dalam pembelajaran kooperatif pada materi kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1), 88-92.

Fitriani, W., Bakri, F., & Sunaryo, S. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) fisika untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skill) siswa SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1), 36-42.

Gorbi Irawan, A., Nyoman Padmadewi, N., & Putu Artini, L. (2018). Instructional materials development through 4D model. SHS Web of Conferences, 42, 00086.

Haryati, S. (2012). Research and development (R&D) sebagai salah satu model penelitian dalam bidang pendidikan. Majalah Ilmiah Dinamika, 37(1), 11-26.

Kadi, T., Awwaliyah, R., Nurul, U., & Paiton, J. (2017). Inovasi pendidikan: Upaya penyelesaian. Jurnal Islam Nusantara, 01(02), 144-155.

Lin, T. C., Tsai, C. C., Chai, C. S., & Lee, M. H. (2013). Identifying science teachers' perceptions of technological pedagogical and content knowledge (TPACK). Journal of Science Education and Technology, 22(3), 325-336.

Nur, D., & Putri, P. (2013). Peran kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015). Studi pelaksanaan pembelajaran fisika berbasis higher order thinking (HOTS). In Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika (SNFPF), 6, 104-112.

Rosenberg, J. M., & Koehler, M. J. (2015). Context and technological pedagogical content knowledge (TPACK): A systematic review. Journal of Research on Technology in Education, 47(3), 186-210.

Rosyid, A. (2017). Technological pedagogical content knowledge: Sebuah kerangka pengetahuan bagi guru Indonesia di era MEA. in Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan, 446-454.

Usmeldi. (2015). Pengembangan lembar kerja siswa dalam pembelajaran fisika berbasis riset di SMAN 1 Padang. In Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal ), IV, 185-190.

Wahyudi, B. S., Hariyadi, S., & Hariani, S. A. (2014). Pengembangan bahan ajar berbasis model problem based learning pada pokok bahasan pencemaran lingkungan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri Grujugan Bondowoso. Pancaran, 3(3), 83-92.

Wardani, D. L., Degeng, I. N. S., & Cholid, A. (2019). Developing interactive multimedia model 4D for teaching natural science subject. International Journal of Education and Research, 7(1), 63-72.

Downloads

Published

2020-01-05

Issue

Section

Articles