Prototype perancangan geometri lengkung pada interchange konektivitas jalan tol
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v12i2.20336Keywords:
Perancangan Geometri Lengkung, Interchange, SimulasiAbstract
Perancangan geometri jalan terutama dimaksudkan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Interchange (simpang susun) jalan tol biasanya berupa tikungan dengan kemiringan tertentu yang dirancang agar pengemudi merasa nyaman dan aman saat kendaraan yang dikemudikannya bergerak melintas dengan kecepatan rata-rata aman. Penelitian ini mensimulasikan parameter-parameter koefisien gesek melintang antara permukaan jalan dengan ban (µs), kemiringan melintang (tanq), kecepatan rencana (v), jari-jari tikungan (R) dan derajat kelengkungan tikungan (δ) menggunakan software Excel. Pada koefisien gesekan melintang (µs) tetap, kendaraan yang bergerak makin cepat di sebuah tikungan memerlukan jari-jari tikungan (R) yang besar. Agar kendaraan tidak slip keluar dari jalur maka jalan dibuat semakin miring. Kemiringan jalan menahan kekuatan gaya sentrifugal yang menyebabkan kendaraan slip.
References
Adnan, N. R. N., Pranoto, & Rahardjo, B. (2020). Analisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Jurnal Bangunan, 25(1), 21–32.
Arbaiyah, Lumba, P., & Fahmi, K. (2013). Analisis geometrik tikungan Padangluhong pasir pengaraian. Jurnal Mahasiswa Teknik UPP, 1(1), 1–6.
Bethary, R. T., Pradana, M. F., & Indinar, M. B. (2016). Perencanaan geometrik jalan alternatif Palima-Curug (Studi kasus: Kota Serang). Jurnal Fondasii, 5(2), 12–21.
Bryniarska, Z., & Zakowska, L. (2017). Multi-criteria evaluation of public transport interchanges. Transportation Research Procedia, 24, 25–32. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2017.05.063
Erga Rahmada Fauzan, Thoriq, Y. A., Arifi, M. Z., & Wicaksono, A. (2013). Kajian geometrik jalan raya pada bundaran arteri baru Porong Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, 1(2), 1175–1190.
Intini, P., Berloco, N., Colonna, P., Ottersland Granås, S., & Olaussen Ryeng, E. (2019). Influence of Road Geometric Design Consistency on Familiar and Unfamiliar Drivers’ Performances: Crash-Based Analysis. Transportation Research Record: Journal of the Transportation Research Board, 2673(10), 489–500.
Kaharu, F., Lalamentik, L. G. J., & Manoppo, M. R. E. (2020). Evaluasi geometrik jalan pada ruas jalan trans sulawesi Manado-Gorontalo di desa Botumoputi sepanjang 3 km. Jurnal Sipil Statik, 8(3), 353–360.
Lucietti, L., Hoogendoorn, C., & Cré, I. (2016). New Tools and Strategies for Design and Operation of Urban Transport Interchanges. Transportation Research Procedia, 14, 1240–1249.
McGee, K. G. H. and H. W. (1983). Driver perception-reaction time: Are revisions to current specification values in order? (No. HS-036 165).
Ng, J. C. ., & Sayed, T. (2004). Effect of geometric design consistency on road safety. Canadian Journal of Civil Engineering, 31(2), 218–227.
Sinaga, L., Sendow, T. K., & Waani, J. E. (2019). Evaluasi Geometrik Jalan Berdasarkan Standar Perencanaan Bina Marga. Jurnal Sipil Statik, 7(7).
Subkhan, M. F. (2019). Evaluasi Dan Perencanaan Ulang Desain Geometrik Jalan Berdasarkan Standart Bina Marga Pada Ruas Jalan Dadaprejo Kota Batu. PROKONS: Jurnal Teknik Sipil, 12(2), 79–84.
Sumarsono, A., Pramesti, F. P., & Sarwono, D. (2010). Model Kecelakaan Lalulintas di Tikungan karena Pengaruh Konsistensi Alinyemen Horisontal dalam Desain Geometri Jalan Raya. Media Teknik Sipil, 10(2), 85–92.
Suwardo, Haryanto, I., & Devi. (2018). Perancangan geometrik jalan: standar dan dasar-dasar perancangan (Cetakan ke). Gadjah Mada University Press, 2018.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.