Prototype perancangan geometri lengkung pada interchange konektivitas jalan tol

Authors

  • Ety Dwiastuti Universitas Ahmad Dahlan
  • Moh. Toifur Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v12i2.20336

Keywords:

Perancangan Geometri Lengkung, Interchange, Simulasi

Abstract

Perancangan geometri jalan terutama dimaksudkan untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Interchange (simpang susun) jalan tol biasanya berupa tikungan dengan kemiringan tertentu yang dirancang agar pengemudi merasa nyaman dan aman saat kendaraan yang dikemudikannya bergerak melintas dengan kecepatan rata-rata aman. Penelitian ini mensimulasikan parameter-parameter koefisien gesek melintang antara permukaan jalan dengan ban (µs), kemiringan melintang (tanq), kecepatan rencana (v), jari-jari tikungan (R) dan derajat kelengkungan tikungan (δ) menggunakan software Excel. Pada koefisien gesekan melintang (µs) tetap, kendaraan yang bergerak makin cepat di sebuah tikungan memerlukan jari-jari tikungan (R) yang besar. Agar kendaraan tidak slip keluar dari jalur maka jalan dibuat semakin miring. Kemiringan jalan menahan kekuatan gaya sentrifugal yang menyebabkan kendaraan slip.

References

Adnan, N. R. N., Pranoto, & Rahardjo, B. (2020). Analisis kondisi geometrik jalan terhadap potensi terjadinya kecelakaan lalu lintas. Jurnal Bangunan, 25(1), 21–32.

Arbaiyah, Lumba, P., & Fahmi, K. (2013). Analisis geometrik tikungan Padangluhong pasir pengaraian. Jurnal Mahasiswa Teknik UPP, 1(1), 1–6.

Bethary, R. T., Pradana, M. F., & Indinar, M. B. (2016). Perencanaan geometrik jalan alternatif Palima-Curug (Studi kasus: Kota Serang). Jurnal Fondasii, 5(2), 12–21.

Bryniarska, Z., & Zakowska, L. (2017). Multi-criteria evaluation of public transport interchanges. Transportation Research Procedia, 24, 25–32. https://doi.org/10.1016/j.trpro.2017.05.063

Erga Rahmada Fauzan, Thoriq, Y. A., Arifi, M. Z., & Wicaksono, A. (2013). Kajian geometrik jalan raya pada bundaran arteri baru Porong Sidoarjo. Jurnal Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil, 1(2), 1175–1190.

Intini, P., Berloco, N., Colonna, P., Ottersland Granås, S., & Olaussen Ryeng, E. (2019). Influence of Road Geometric Design Consistency on Familiar and Unfamiliar Drivers’ Performances: Crash-Based Analysis. Transportation Research Record: Journal of the Transportation Research Board, 2673(10), 489–500.

Kaharu, F., Lalamentik, L. G. J., & Manoppo, M. R. E. (2020). Evaluasi geometrik jalan pada ruas jalan trans sulawesi Manado-Gorontalo di desa Botumoputi sepanjang 3 km. Jurnal Sipil Statik, 8(3), 353–360.

Lucietti, L., Hoogendoorn, C., & Cré, I. (2016). New Tools and Strategies for Design and Operation of Urban Transport Interchanges. Transportation Research Procedia, 14, 1240–1249.

McGee, K. G. H. and H. W. (1983). Driver perception-reaction time: Are revisions to current specification values in order? (No. HS-036 165).

Ng, J. C. ., & Sayed, T. (2004). Effect of geometric design consistency on road safety. Canadian Journal of Civil Engineering, 31(2), 218–227.

Sinaga, L., Sendow, T. K., & Waani, J. E. (2019). Evaluasi Geometrik Jalan Berdasarkan Standar Perencanaan Bina Marga. Jurnal Sipil Statik, 7(7).

Subkhan, M. F. (2019). Evaluasi Dan Perencanaan Ulang Desain Geometrik Jalan Berdasarkan Standart Bina Marga Pada Ruas Jalan Dadaprejo Kota Batu. PROKONS: Jurnal Teknik Sipil, 12(2), 79–84.

Sumarsono, A., Pramesti, F. P., & Sarwono, D. (2010). Model Kecelakaan Lalulintas di Tikungan karena Pengaruh Konsistensi Alinyemen Horisontal dalam Desain Geometri Jalan Raya. Media Teknik Sipil, 10(2), 85–92.

Suwardo, Haryanto, I., & Devi. (2018). Perancangan geometrik jalan: standar dan dasar-dasar perancangan (Cetakan ke). Gadjah Mada University Press, 2018.

Downloads

Published

2021-05-05

Issue

Section

Articles