Peningkatan keaktifan belajar fisika rangkaian listrik tertutup sederhana berbantuan powerpoint pada siswa SMA

Authors

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v12i2.20265

Keywords:

Media Powerpoint, Keaktifan Belajar, Rangkaian Listrik Tertutup, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar fisika siswa pada materi rangkaian listrik tertutup sederhana menggunakan media power point. Penelitian ini menggunakan model Penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada kelas X.2 di SMAN 1 Srandakan Bantul. Pengumpulan data menggunakan angket keaktifan yang terdiri atas 9 aspek. Siklus penelitian dianggap cukup jika persentase keaktifan siswa tiap aspek dan keaktifan rata-rata kelas lebih dari 77%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keaktifan siswa meningkat sebesar 30,69%. Persentase keaktifan pada siklus 1 sebesar 66,14% dan pada siklus 2 sebesar 96,83%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media powerpoint dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi rangkaian listrik tertutup sederhana.

References

Chozaipah. (2018). Peran dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi di SMKN 1 Dumai provinsi Riau. Jurnal Serambi PTK, 5(1), 60–65.

Dewi, I. A. G. B. P., & Indrawati, K. R. (2014). Perilaku mencatat dan kemampuan memori pada proses belajar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 241–250.

Djelesia, Ahmad, M., & Djirimu, M. (2010). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIS Tompo melalui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(5), 194–208.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5.

Harefa, A. R. (2019). Peran ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Warta Dharmawangsa, 13(2), 1–10.

Khayati, N., & Sarjana, S. (2015). Efikasi diri dan kreativitas menciptakan inovasi guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 243–262.

Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa SMP. Psikopedagogia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 33–42.

Muthmainnah, M., & Rokhmat, J. (2017). Pengaruh penerapan metode pembelajaran fisika berbasis eksperimen virtual terhadap motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas X MAN 2 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 40–47.

Pono, N., & Lutfi, M. (2012). Pengaruh pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan geometri dimensi tiga di MAN Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon. EduMa, 1(2), 63–72.

Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 168–174.

Rohman, A. A., & Karimah, S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI. At-Taqaddum, 10(1), 95–108.

Sausan, I., & Mulyani, S. (2016). Faktor-faktor internal yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan konsep mol. PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(1), 79–89.

Syafruddin, S. (2017). Implementasi metode diskusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 11(1), 9–16.

Uno, H. B. (2010). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wibowo, N. (2016). Pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.

Yusmalia, Y., Sumaidi, & Yarmaidi. (2011). Hubungan cara belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS SMA perintis I Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Jurnal Penelitian Geografi, 22(3), 256–278.

Downloads

Published

2021-05-05

Issue

Section

Articles