Peningkatan keaktifan belajar fisika rangkaian listrik tertutup sederhana berbantuan powerpoint pada siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v12i2.20265Keywords:
Media Powerpoint, Keaktifan Belajar, Rangkaian Listrik Tertutup, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar fisika siswa pada materi rangkaian listrik tertutup sederhana menggunakan media power point. Penelitian ini menggunakan model Penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Kegiatan penelitian dilaksanakan pada kelas X.2 di SMAN 1 Srandakan Bantul. Pengumpulan data menggunakan angket keaktifan yang terdiri atas 9 aspek. Siklus penelitian dianggap cukup jika persentase keaktifan siswa tiap aspek dan keaktifan rata-rata kelas lebih dari 77%. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keaktifan siswa meningkat sebesar 30,69%. Persentase keaktifan pada siklus 1 sebesar 66,14% dan pada siklus 2 sebesar 96,83%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media powerpoint dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi rangkaian listrik tertutup sederhana.
References
Chozaipah. (2018). Peran dan partisipasi siswa dalam pembelajaran terhadap prestasi belajar akuntansi di SMKN 1 Dumai provinsi Riau. Jurnal Serambi PTK, 5(1), 60–65.
Dewi, I. A. G. B. P., & Indrawati, K. R. (2014). Perilaku mencatat dan kemampuan memori pada proses belajar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 241–250.
Djelesia, Ahmad, M., & Djirimu, M. (2010). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MIS Tompo melalui pemanfaatan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar IPA. Jurnal Kreatif Tadulako, 4(5), 194–208.
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil kepercayaan diri remaja serta faktor-faktor yang mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5.
Harefa, A. R. (2019). Peran ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Warta Dharmawangsa, 13(2), 1–10.
Khayati, N., & Sarjana, S. (2015). Efikasi diri dan kreativitas menciptakan inovasi guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 21(3), 243–262.
Komara, I. B. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa SMP. Psikopedagogia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 33–42.
Muthmainnah, M., & Rokhmat, J. (2017). Pengaruh penerapan metode pembelajaran fisika berbasis eksperimen virtual terhadap motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas X MAN 2 Mataram tahun ajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 3(1), 40–47.
Pono, N., & Lutfi, M. (2012). Pengaruh pembelajaran menggunakan metode diskusi kelompok terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan geometri dimensi tiga di MAN Kalimukti Kec. Pabedilan Kab. Cirebon. EduMa, 1(2), 63–72.
Putri, R. H., Lesmono, A. D., & Aristya, P. D. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar fisika siswa MAN Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 168–174.
Rohman, A. A., & Karimah, S. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Kelas XI. At-Taqaddum, 10(1), 95–108.
Sausan, I., & Mulyani, S. (2016). Faktor-faktor internal yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa pada pokok bahasan konsep mol. PAEDAGOGIA Jurnal Penelitian Pendidikan, 19(1), 79–89.
Syafruddin, S. (2017). Implementasi metode diskusi terhadap peningkatan hasil belajar siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 11(1), 9–16.
Uno, H. B. (2010). Orientasi baru dalam psikologi pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Wibowo, N. (2016). Pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.
Yusmalia, Y., Sumaidi, & Yarmaidi. (2011). Hubungan cara belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran geografi siswa kelas XI IPS SMA perintis I Bandar Lampung tahun pelajaran 2010/2011. Jurnal Penelitian Geografi, 22(3), 256–278.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.