Penerapan numbered heads together dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPA pada materi suhu dan kalor
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v12i1.20234Keywords:
Numbered Heads Together, Motivasi belajarAbstract
Berdasarkan hasil observasi dikelas XI IPA MAS AT-TAQWA, Maumere menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih perlu dioptimalkan. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model NHT dalam meningkatkan motivasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terbagi dalam dua siklus. Penelitian melibatkan 16 siswa kelas XI IPA MAS AT-TAQWA, Maumere, sebagai subyek. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar dari 77,2% pada siklus 1 menjadi 88,9% pada siklus 2. Jadi, motivasi belajar siswa kelas XI IPA pada materi suhu dan kalor di MAS AT-TAQWA, Maumere, dapat meningkat akibat penerapan model NHT.
References
Ardini, L. (2010). Pengaruh kompetensi, independensi, akuntabilitas dan motivasi terhadap kualitas audit. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Airlangga (JEBA), 20(3), 329–349.
Astuti, W. (2019). Pengaruh model numbered heads together (NHT) terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas III sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 3(2), 605–610.
Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar matematika siswa kelas V SD gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84–93.
Hidayati, M., Susilaningsih, & Hamidi, N. (2013). Upaya peningkatan motivasi dan prestasi belajar akuntansi melalui pembelajaran tipe numbered head together. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 22(1), 83–94.
Ikhwandari, L. A., Hardjono, N., & Airlanda, G. S. (2019). Peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik dengan model numbered heads together (NHT). Jurnal Basicedu, 3(4), 2101–2112.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The action research planner. Victoria: Deakin University Press.
Khoiriyah, S. (2018). Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam pembelajaran matematika. Jurnal E-DuMath, 4(2), 30–35.
Khoirunimah, S. N. (2019). Peningkatan motivasi dan hasil belajar tematik melalui penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT) siswa kelas 4 SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 64–73.
Muhammad, M. (2017). Pengaruh motivasi dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 4(2), 87–97.
Pariadi, N. W. R., & Sajarun, R. D. J. (2015). Peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI IPA melalui penerapan model cooperative learning tipe numbered heads together pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(2), 156–162.
Pratomo, A. E. (2017). Penerapan model pembelajaran numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar IPS siswa SMP negeri 1 Ngrayun Ponorogo. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 2(1), 1–12.
Rahmawati, M., & Suryadi, E. (2019). Guru sebagai fasilitator dan efektivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 49–54.
Riduwan. (2007). Rumus dan data dalam analisis statistika. Bandung: Alfabeta.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sukirman, D. (2011). Perencanaan pembelajaran. Bandung: UPI Press.
Trianto. (2008). Mendesain pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) di kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.