Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal fisika pada materi elastisitas bahan kelas XI IPA SMA muhammadiyah Maumere
DOI:
https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v11i2.20231Keywords:
Analisis kesalahan siswa, Kesalahan memahami, Kesalahan transformasi, Kesalahan keterampilan proses, Kesalahan pengkodeanAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola dan penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal Fisika pada materi Elastisitas Bahan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Maumere yang berjumlah 27 orang. Pemilihan subyek penelitian didasarkan pada penilaian urutan hasil tes siswa yang melakukan kesalahan. Dua siswa dari kelompok atas, dua siswa dari kelompok tengah, dan dua siswa dari kelompok bawah bertindak sebagai peserta pembelajaran. Enam subyek dipilih berdasarkan rangking jumlah kesalahan dari tiap kelompoknya. Kemudian 6 subyek dilakukan wawancara secara intensif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa siswa melakukan kesalahan dalam memahami, transformasi, keterampilan pemrosesan, dan menulis. Kesalahan transformasi adalah yang paling umum dari empat jenis kesalahan yang dibuat oleh siswa. Kesalahan ini disebabkan oleh siswa kurang memahami konten soal elastisitas bahan dan langkah-langkah dalam menyelesakan soal.
References
Ahliha, S., Mastuang, & Mahardika, A. I. (2017). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII E SMP Negeri 26 Banjarmasin dengan menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving) dalam setting pengajaran langsung. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 118–132.
Clements, M. A. (Ken), & Ellerton, N. F. (1996). The newman procedure for analysing errors on written mathematical tasks. Retrieved from http://compasstech.com.au/ARNOLD/PAGES/newman.htm
Fitri, E. (2007). Deskripsi kesalahan dalam menyelesaikan soal listrik dinamis pada siswa kelas III SMP Negeri 14 Pontianak. Universitas Tanjungpura Pontianak.
Jha, S. K. (2012). Mathematics performance of primary school students in Assam (India): An analysis using Newman procedure. International Journal of Computer Applications in in Engineering Sciences, II(I), 17–21.
Kim, Hyejin, Sefcik, J. S., & Bradway, C. (2017). Characteristics of qualitative descriptive studies: A systematic review. Research in Nursing & Health, 40(1), 23-42.
Letuna, E. Y. (2011). Analisis Kesalahan menurut klasifikasi waston pada siswa dalam mengerjakan soal-soal bentuk akar. Universitas Kristen Satya Wacana.
Mulia, S. A. (2019). PHYLAMENT (Physics Education and Experiment). Jurnal Bina Desa, 1(1), 12–15.
Sari, D. M., Surantoro, & Ekawati, E. Y. (2013). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal materi termodinamika pada siswa SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 3(2), 33–39.
Seo, Y. (2010). Persentase kelulusan UN di NTT terburuk se-Indonesia.
Suparno, E. (2009). National Manpower Strategy. Jakarta: Kompas.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with Berkala Fisika Indonesia : Jurnal Ilmiah Fisika, Pembelajaran dan Aplikasinya (BFI-JIFPA) agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.