ANALISIS BUTIR SOAL FISIKA ULANGAN UMUM KENAIKAN KELAS X MADRASAH ALIYAH SE-KABUPATEN BANJARNEGARA, JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2011/2012

Authors

  • Lili Maenani MA Negeri 2 Banjarnegara, Jl. Letjend. Suprapto No. 95 A Kab. Banjarnegara
  • Raden Oktova Program Magister Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Kampus II, Jl. Pramuka 42 Lt.3, Yogyakarta 55161

DOI:

https://doi.org/10.12928/bfi-jifpa.v7i1.1539

Abstract

Telah dilakukan penelitian deskriptif analisis butir soal Ulangan Umum Kenaikan Kelas X mata pelajaran Fisika pada Madrasah Aliyah (MA) se-Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Tahun Pelajaran 2011/2012, dengan populasi penelitian sebanyak 980 siswa. Sebagai sampel penelitian diambil 277 siswa yang terdiri atas 178 siswa MA Negeri dan 99 siswa MA Swasta dengan teknik proportionate stratified random sampling. Butir soal yang dianalisis terdiri atas 35 butir soal pilihan ganda. Analisis dilakukan dengan menggunakan program Anates versi 4.0.2 untuk menentukan reliabilitas, daya pembeda, tingkat kesukaran dan validitas butir soal. Analisis butir soal menghasilkan koefisien reliabilitas tes 0,79, yang berarti soal memenuhi kriteria reliabilitas tinggi. Berdasarkan persentase daya pembeda diketahui sebagian besar butir soal memiliki daya pembeda sedang. Hasil perhitungan tingkat kesukaran soal menunjukkan bahwa lebih dari 50 % butir soal memiliki tingkat kesukaran sedang. Hasil perhitungan validitas butir soal menunjukkan 28,57% butir soal tidak valid, 28,57% valid dan 42,86% butir soal sangat valid.


Kata kunci: validitas, daya pembeda, reliabilitas, tingkat kesukaran, Ulangan Umum Kenaikan Kelas

Author Biographies

Lili Maenani, MA Negeri 2 Banjarnegara, Jl. Letjend. Suprapto No. 95 A Kab. Banjarnegara

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Kampus III, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Janturan, Yogyakarta 5516

Raden Oktova, Program Magister Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta Kampus II, Jl. Pramuka 42 Lt.3, Yogyakarta 55161

Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
Kampus III, Jl. Prof. Dr. Soepomo, Janturan, Yogyakarta 55166

References

Sumiati dan Asra, 2008, “Metode Pembelajaranâ€, Bandung: Wacana Prima.

Rasyid, H., dan Mansur, 2008, “Penilaian Hasil Belajarâ€, Bandung: Wacana Prima.

Arikunto, S., 2009, â€Dasar-dasar Evaluasi Pendidikanâ€, Jakarta: Bumi Aksara.

Cronbach, L., 2000, “Course Improvement through Evaluationâ€, dalam D. I. Stufflebeam, G. F. Madoux, and T. Kellaghan (Eds.), Evaluation Models (pp. 16–32). Boston, MA: Kluwer Academic Publishers.

Stufflebeam, D.L., 2001, “Evaluation Models,†New Directions for Evaluation, 89, 7–98.

Tola, B., dan Fahmi, 2003, â€Standar Penilaian di Kelasâ€, Jakarta: Depag RI.

Sugiyono, 2010, “Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&Dâ€, Bandung:Alfabeta.

Rodgers, J. L., and Nicewander, W. A., 1988, “ Thirteen Ways to Look at the Correlation Coefficient,“ The American Statistician, 42(1), 59–66.

Stigler, S.M. , 1989, "Francis Galton's Account of the Invention of Correlation," Statistical Science, 4(2), 73–79.

Kuder, G.F., and Richardson, M.W., 1937, “The Theory of the Estimation of Test Reliability“. Psychometrika, 2(3), 151 –160.

Cortina, J. M., 1993, †What is Coefficient Alpha? An Examination of Theory and Applications“. Journal of Applied Psychology, 78(1), 98–104.

Sudijono, A., 2009, “Pengantar Statistika Pendidikanâ€, Jakarta: Rajawali Press.

Anonim, 2010, “Manfaat ANATES 4: Analisis Tes Pilihan Gandaâ€, http://mydiaryzone.blogspot. com/2010/12/manfaat-anates-4-analisis-tes-pilihan.html, 2010, diakses 14 September 2012.

Downloads

Published

2015-01-01

Issue

Section

Articles