HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA, KEDISIPLINAN BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 05 KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Didik Tri Kodiyono Universitas Ahmad Dahlan
  • Sumargiyani Sumargiyani

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v3i1.5954

Abstract

Banyak faktor yang berhubungan dengan hasil belajar matematika siswa. Kemampuan penalaran matematika, kedisiplinan belajar, dan perhatian orang tua merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan  untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan penalaran matematika, kedisiplinan belajar, dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 05 Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 05 Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas, yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, dan VIID dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 83 siswa. Terpilih sebagai kelas sempelnya kelas VIIA dan VIID yang terdiri dari 42 siswa, dengan menggunakan teknik (random sampling). Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode tes untuk mengetahui kemampuan penalaran matematika dan hasil belajar matematika siswa, metode angket untuk memperoleh kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua. Untuk uji instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan daya beda. Setelah data terkumpul, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji independensi dan uji linieritas. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan penalaran matematika, kedisiplinan belajar, dan perhatian orang tua dengan hasil belajar dengan . Koefisien korelasi ganda  sebesar 0,436 dan persamaan regresi   besar sumbangan relatif  variabel X  sebesar 45,6939551%, sumbangan relatif (SR) variabel X2 sebesar 38,14042013% dan sumbangan relatif  variabel X3 sebesar  16,16562477% dengan koefisien determinasi gandanya 0,190 serta sumbangan efektif  variabel X  sebesar 8,715087304%, sumbangan efektif (SE) variabel X2 7,274421542% dan sumbangan efektif  variabel X3 sebesar 3,083226894%.

 

Kata Kunci     : kemampuan penalaran matematika, kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua.

Published

2016-03-10

Issue

Section

Articles