HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA, KEDISIPLINAN BELAJAR, DAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SEMESTER GENAP SMP NEGERI 05 KEPIL KABUPATEN WONOSOBO TAHUN AJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v3i1.5954Abstract
Banyak faktor yang berhubungan dengan hasil belajar matematika siswa. Kemampuan penalaran matematika, kedisiplinan belajar, dan perhatian orang tua merupakan beberapa faktor yang diduga berhubungan dengan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kemampuan penalaran matematika, kedisiplinan belajar, dan perhatian orang tua dengan hasil belajar matematika siswa kelas VII Semester Genap SMP Negeri 05 Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 05 Kepil Kabupaten Wonosobo Tahun Ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 4 kelas, yaitu kelas VIIA, VIIB, VIIC, dan VIID dengan jumlah seluruh siswa sebanyak 83 siswa. Terpilih sebagai kelas sempelnya kelas VIIA dan VIID yang terdiri dari 42 siswa, dengan menggunakan teknik (random sampling). Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode tes untuk mengetahui kemampuan penalaran matematika dan hasil belajar matematika siswa, metode angket untuk memperoleh kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua. Untuk uji instrument menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan daya beda. Setelah data terkumpul, dilakukan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji independensi dan uji linieritas. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment dan analisis regresi linier ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemampuan penalaran matematika, kedisiplinan belajar, dan perhatian orang tua dengan hasil belajar dengan . Koefisien korelasi ganda  sebesar 0,436 dan persamaan regresi  besar sumbangan relatif  variabel X  sebesar 45,6939551%, sumbangan relatif (SR) variabel X2 sebesar 38,14042013% dan sumbangan relatif  variabel X3 sebesar 16,16562477% dengan koefisien determinasi gandanya 0,190 serta sumbangan efektif  variabel X  sebesar 8,715087304%, sumbangan efektif (SE) variabel X2 7,274421542% dan sumbangan efektif  variabel X3 sebesar 3,083226894%.
Â
Kata Kunci    : kemampuan penalaran matematika, kedisiplinan belajar dan perhatian orang tua.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License