EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARANLEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWAKELASVIIISMPMUHAMMADIYAH 9 YOGYAKARTA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v3i1.5953Abstract
Pembelajaran di SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta masih berpusat pada guru sehingga partisipasi dan keaktifan siswa dalam mengikuti proses belajar belum optimal. Siswa cenderung pasif, mendengarkan, menyimak dan mencatat penjelasan yang diberikan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model Learning Cycle serta mengetahui keefektivan model pembelajaran Learning Cycle terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta dengan jumlah siswa 174. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling terhadap kelas, yaitu pengambilan kelas sampel yang dilakukan dengan cara undian kelas. Setelah dilakukan pengambilan dengan cara undian kelas, ternyata yang terambil kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes. Instrumen pengumpulan data berupa tes , yaitu pre-test dan post-test. Uji instrumen pengumpulan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dan uji daya beda. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dengan rumus Chi-Kuadrat, uji homogenitas dengen uji Bartlett, dan uji hipotesis dengan uji-t.
Berdasarkan hasil penelitian kelas eksperimen menunjukkan bahwa : (1) hasil uji-t dua pihak diperoleh  dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 67 yang berarti  ditolak. Hal ini berarti ada perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran langsung. (2) uji-t satu pihak diperoleh  dengan taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 67 yang berarti  ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Learning Cycle lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 9 Yogyakarta Semester Genap Tahun Ajaran 2014/2015.
Kata kunci : efektivitas, Learning Cycle, kemampuan berpikir kreatif
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License