EFEKTIVITAS MODEL ELICITING ACTIVITIES DAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKASISWA KELAS XI IPA SEMESTER GANJIL MAN SABDODADI BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v3i1.5952Abstract
Pembelajaran yang monoton membuat siswa menjadi jenuh. Selain itu, pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam proses belajar mengajar, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa yaitu model eliciting activities dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model eliciting activities dan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA semester ganjil MAN Sabdodadi tahun ajaran 2015/2016.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester ganjilMAN Sabdodadi Bantul tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas. pengambilan sampel dengan teknik Random Sampling terhadap kelas. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 3. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan adalah soal tes hasil belajar matematika. Analisis data untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t.
Hasil penelitian pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan = 47 menunjukkan: (1) Ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model eliciting activities dengan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas XI IPA semester ganjil MAN Sabdodadi Bantul tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukan dengan uji hipotesis dua pihak dengan uji-t diperoleh  = 2,062 dan  = 2,014. (2) Pembelajaran menggunakan model eliciting activities lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA semester ganjil MAN Sabdodadi tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukan dengan uji hipotesis satu pihak dengan uji-t diperoleh  = 2,062 dan  =1,67945. Hal ini ditunjukan dengan uji-t satu pihak dengan  = 2,062 dan  = 1,67945. (3) Tidak ada perbedaan antara nilai kemampuan awal dengan nilai hasil belajar matematika siswa yang pembelajarannya menggunakan model eliciting activities dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas XI IPA semester ganjil MAN Sabdodadi Bantul tahun ajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukan dengan uji hipotesis dua pihak dengan uji-t diperoleh  = 1,500 dan  = 2,014.
Â
Kata kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar Matematika.
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License