EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP N 3 KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2015

Authors

  • Arum Permatasari Universitas Ahmad Dahlan
  • Uswatun Khasanah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v3i1.5951

Abstract

Kemampuan siswa dalam pembelajaran yang hanya mengahafal konsep dan kurang mampu menggunakan konsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan nyata dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif tipe problem based instruction dan siswa yang mendapat pengajaran dengan model pembelajaran langsung siswa kelas VIII semester ganjil SMP N 3 Kasihan tahun ajaran 2015/2016, (2) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe problem based instruction dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII semester ganjil SMP N 3 Kasihan tahun ajaran 2015/2016.

Jenis penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester Ganjil SMP N 3 Kasihan tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling terhadap kelas, terambil kelas VIII D sebagai kelas Eksperimen dan VIII B sebagai kelas Kontrol. Teknik Pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas soal dengan rumus korelasi product moment, reliabilitas menggunakan rumus Alpha, dan daya beda menggunakan rumus daya beda soal uraian. Analisis data menggunakan uji-t, uji normalitas menggunakan rumus Chi-Kuadrat, dan uji homogenitas menggunakan  uji Barlett.

Berdasarkan hasil penelitian ini pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 48, maka diperoleh : (1) dan  sehingga  maka ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mendapatkan pengajaran model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan siswa yang menggunakan model pengajaran langsung (2) dan  sehingga  maka model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Instruction (PBI) lebih efektif dibandingkan dengan model pengajaran langsung terhadap hasil belajar matematika

 

Kata kunci : efektivitas, Problem Based Instruction, hasil belajar

Published

2016-03-10

Issue

Section

Articles