EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SEMESTER GANJIL SMP N 3 KASIHAN KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2015
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v3i1.5951Abstract
Kemampuan siswa dalam pembelajaran yang hanya mengahafal konsep dan kurang mampu menggunakan konsep tersebut jika menemui masalah dalam kehidupan nyata dapat mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mendapat model pembelajaran kooperatif tipe problem based instruction dan siswa yang mendapat pengajaran dengan model pembelajaran langsung siswa kelas VIII semester ganjil SMP N 3 Kasihan tahun ajaran 2015/2016, (2) efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe problem based instruction dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VIII semester ganjil SMP N 3 Kasihan tahun ajaran 2015/2016.
Jenis penelitian dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester Ganjil SMP N 3 Kasihan tahun ajaran 2015/2016. Pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling terhadap kelas, terambil kelas VIII D sebagai kelas Eksperimen dan VIII B sebagai kelas Kontrol. Teknik Pengumpulan data dengan metode dokumentasi dan tes. Uji instrumen menggunakan uji validitas soal dengan rumus korelasi product moment, reliabilitas menggunakan rumus Alpha, dan daya beda menggunakan rumus daya beda soal uraian. Analisis data menggunakan uji-t, uji normalitas menggunakan rumus Chi-Kuadrat, dan uji homogenitas menggunakan uji Barlett.
Berdasarkan hasil penelitian ini pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan 48, maka diperoleh : (1) dan  sehingga  maka ada perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mendapatkan pengajaran model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) dan siswa yang menggunakan model pengajaran langsung (2) dan  sehingga  maka model pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Instruction (PBI) lebih efektif dibandingkan dengan model pengajaran langsung terhadap hasil belajar matematika
Â
Kata kunci : efektivitas, Problem Based Instruction, hasil belajar
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License