UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARANQUANTUM LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015
DOI:
https://doi.org/10.12928/admathedust.v3i1.5950Abstract
Pembelajaran yang berpusat pada guru mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika. Penggunaan model pembelajaran Quantum Learning diharapkan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Bantul Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 dengan menggunakan model pembelajaran Quantum
Learning.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Bantul Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 31 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, catatan lapangan dan triangulasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Bantul Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari hasil analisis lembar observasi keaktifan siswa pada setiap siklus yang mengalami peningkatan dan tanggapan positif terhadap hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi pada Siklus I persentase keaktifan belajar siswa 55,88% dengan kriteria cukup, pada Siklus II persentase keaktifan belajar siswa 69,64% dengan kriteria kuat dan pada Siklus III persentase keaktifan belajar siswa 80,13% dengan kriteria kuat.
Kata kunci: Quantum Learning , Keaktifan Belajar, Matematika.
Issue
Section
License
Authors who publish with AdMathEduSt: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License