UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARANQUANTUM LEARNING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2014/2015

Authors

  • Aris Wiratmoko Universitas Ahmad Dahlan
  • Abdul Taram Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.12928/admathedust.v3i1.5950

Abstract

Pembelajaran yang berpusat pada guru mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika. Penggunaan model pembelajaran Quantum Learning diharapkan dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran matematika siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Bantul Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 dengan menggunakan model pembelajaran Quantum
Learning.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Bantul Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016 dengan jumlah siswa 31 yang terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 21 siswa perempuan. Teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, catatan lapangan dan triangulasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 3 Bantul Semester Ganjil Tahun Ajaran 2015/2016. Hal ini terbukti dari hasil analisis lembar observasi keaktifan siswa pada setiap siklus yang mengalami peningkatan dan tanggapan positif terhadap hasil wawancara. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi pada Siklus I persentase keaktifan belajar siswa 55,88% dengan kriteria cukup, pada Siklus II persentase keaktifan belajar siswa 69,64% dengan kriteria kuat dan pada Siklus III persentase keaktifan belajar siswa 80,13% dengan kriteria kuat.


Kata kunci: Quantum Learning , Keaktifan Belajar, Matematika.

Issue

Section

Articles